Home » Blog » Berikut Ini 6 Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik, Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Berikut Ini 6 Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik, Sesuaikan dengan Jenis Kulit

sabun mandi terbaik

Sabun mandi menjadi salah satu kebutuhan dasar yang cukup penting bagi manusia. Memilih sabun mandi terbaik pun harus dilakukan seksama. Alih-alih mendapat keuntungan, sabun mandi yang tak sesuai malah bisa merugikan.

Ada sejumlah tips yang sayang dilewatkan untuk Sahabat Sehat yang sedang memilih sabun mandi. Berikut 6 tips memilih sabun mandi terbaik yang kami rangkum.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Hal utama yang harus diperhatikan ketika memilih sabun mandi terbaik adalah menyesuaiakan dengan jenis kulit. Beragam macam sabun mandi yang beredar di pasaran memiliki tekstur dan juga kegunaan yang diperuntukkan untuk beragam jenis kulit.

Untuk itu, penting untuk mengenali jenis kulit Sahabat Sehat dahulu. Untuk kulit kering, ada baiknya memilih sabun mandi yang memiliki kandungan pelembab dan sedikit deterjen. Sedangkan untuk kulit berminyak, lebih baik memilih sabun dengan kandungan salicylic acid dan oil-free.

Sementara itu, untuk jenis kulit normal, bisa memilih sabun mandi dalam bentuk apa saja. Namun, ada lebih baiknya untuk memilih sabun dengan pH seimbang dan yang tidak mengikis minyak atau kelembaban alami kulit

Kandungan Anti-Bakteri

Kandungan anti-bakteri sangat penting dalam sabun mandi. Karena fungsi utama dari penggunaan sabun adalah membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel di tubuh. 

Bakteri yang menempel di tubuh juga bisa menjadi sumber bau tidak sedap. Maka, sabun mandi terbaik adalah sabun dengan kandungan anti-bakteri. 

Selain bau tidak sedap, bakteri juga bisa menimbulkan masalah kulit lain. Contohnya iritasi, ruam, hingga jerawat di badan.

Sesuaikan dengan Aktivitas

Memilih sabun mandi terbaik juga harus disesuaikan dengan aktivitas. Maksudnya, ada sejumlah sabun dengan fungsi dan kandungan tertentu yang ditujukan untuk aktivitas tertantu.

Sebagai contoh, jika Sahabat Sehat aktif di luar ruangan dan memiliki keringat berlebih, maka dianjurkan memilih sabun khusus untuk membersihkan bakteri secara efektif. Sebab, jika salah memilih, kotoran dan bakteri di tubuh akan terus hinggap dan bisa membawa dampak Kesehatan yang tentunya harus dihindari.

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih sabun mandi terbaik. Jika Sahabat Sehat menggunakan sabun mandi yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa, iritasi dan masalah kulitnya bisa muncul, loh.

Maka, jangan lupa untuk mengecek expired date ya. Terutama Ketika ada diskon gede-gedean dari suatu produk sabun mandi. 

Berkonsultasi dengan Ahli Kulit

Jika Sahabat Sehat memiliki kulit yang sangat sensitif, ada baiknya berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu. Ini penting dilakukan, supaya sabun mandi yang dipilih tidak malah membawa dampak buruk bagi kulit serta kesehatan.

Selain itu, untuk Sahabat Sehat yang masih bingung dengan jenis kulit sendiri, ahli dermatologi juga bisa membantu dalam hal ini. 

Jangan Gonta-Ganti Sabun

Sabun mandi terbaik adalah sabun mandi yang konsisten. Ya, ini artinya Sahabat Sehat tidak direkomendasikan untuk gonta-ganti sabun mandi. Selain bisa menyebabkan iritasi, fungsi yang didapat juga bisa jadi tidak maksimal.

Maka hindari kebiasaan gonta-ganti sabun mandi. Jika sudah mengetahui jenis kulit dan menemukan sabun mandi yang cocok maka jangan berpindah ke lain sabun.

 

Itu dia beberapa tips memilih sabun mandi terbaik. Sabun mandi tentunya memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh. Semakin baik sabun mandi yang dipilih, semakin baik juga kualitas tubuh dan kulit Sahabat Sehat.

Untuk Sahabat Sehat yang masih bingung memilih sabun mandi terbaik. Dr. Bronner’s bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan bermacam varian, Sahabat Sehat bisa memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan tubuh. Selain itu, Dr. Bronner’s menggunakan bahan premium sehingga kualitasnya terjamin. 

 

Referensi: Liputan6

Photo by Greta Hoffman from Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published.