Home » Blog » Mudah dan Ramah Lingkungan, Intip Cara Membuat Sabun Mandi Organik

Mudah dan Ramah Lingkungan, Intip Cara Membuat Sabun Mandi Organik

cara membuat sabun mandi organik

cara membuat sabun mandi organik – Dewasa ini semakin banyak orang yang sadar dan peduli akan lingkungan. Mulai dari kalangan yang terus menyuarakan go green hingga mereka yang memilih untuk hidup minimalis mulai beralih menggunakan produk-produk berbahan alami atau organik.

Salah satu produk organik yang saat ini mulai banyak digunakan adalah sabun organik. Agar sahabat sehat tidak ketinggalan yuk belajar cara membuat sabun mandi organik

Bahan Membuat Sabun Organik

Untuk membuat sabun organik, sahabat sehat perlu mempersiapkan bahan sabun organik. Namun sebelumnya saya kasih tadi mempersiapkan alat yang akan digunakan yaitu timbangan, masker, 2 buah wadah, hand blender serta sarung tangan.

Selanjutnya persiapkan bahan utama untuk pembuatan sabun sebagai berikut. 

  • Soda api sebanyak 115 gram
  • Air 250 gram
  • Minyak kelapa 240 gram
  • Minyak kelapa sawit 240 gram
  • Minyak zaitun 320 gram
  • Bahan tambahan lainnya untuk aroma secukupnya (bisa bubuk kopi atau bahan alami lainnya sesuai selera sahabat sehat)

Cara Membuat Sabun Organik

Cara membuat sabun mandi organik sendiri cukup mudah. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menggunakan masker dan sarung tangan. Ambil satu wadah lalu masukkan soda api dan air kemudian aduk hingga tercampur rata. Diamkan campuran larutan soda air dan air dalam suhu ruang selama beberapa menit.

Pada wadah yang berbeda campur sisa bahan berupa minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun serta bahan tambahan yang ingin sahabat sehat masukkan dalam sabun mandi. Aduk rata menggunakan hand blender hingga semua bahan tercampur sempurna. 

Kemudian sahabat sehat harus mencampurkan larutan soda api dengan larutan minyak menjadi satu. Aduk kembali hingga rata lalu tuang pada sebuah wadah bisa berbentuk persegi atau cetakan sesuai dengan keinginan sahabat sehat. Diamkan adonan sabun tersebut selama 1 x 24 jam hingga mengeras.

Setelah ditunggu selama 1 hari maka aku adonan sabun akan mengeras pada saat ini sahabat sehat bisa memotong sabun menjadi ukuran atau bentuk sesuai keinginan sahabat sehat. Tapi sahabat saya belum bisa menggunakan sabun organik tersebut.

Setidaknya sahabat saya harus menunggu hingga 3 minggu agar semua bahan meresap sempurna ke dalam sabun. Karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali maka Sabun mandi organik buatan sendiri ini tidak akan mengeluarkan busa layaknya sabun mandi berbahan kimia. Tapi tenang saja karena fungsi dari sabun mandi organic ini tetap sama yaitu untuk membersihkan tubuh. 

Beralih ke Sabun Mandi Organik

Beralih menggunakan sabun mandi organik merupakan pilihan yang tepat bagi sahabat sehat. Menggunakan sabun organik akan membantu lingkungan dari pencemaran akibat bahan kimia. Selain ramah lingkungan Sabun Mandi organik juga memiliki keunggulan yaitu mencegah kulit kering dan penuaan dini.

Penggunaan sabun mandi organik juga mampu mencegah penyakit kulit serta jerawat pada punggung. Bila sahabat sehat kesulitan untuk membuat sabun mandi organik sendiri maka bisa disiasati dengan membeli produk sabun organik yang sudah jadi. 

Meski tergolong mudah namun tidak setiap orang bisa mengikuti cara membuat sabun mandi organik. Tips saat membeli sabun organik adalah perhatikan ingredient yang tertera pada sabun tersebut. Pastikan bahwa sabun organik pilihan sahabat sehat tidak mengandung bahan kimia dan aman bagi lingkungan serta kulit sahabat sehat.

Sabun organik juga biasanya mengandung bahan alami dari tumbuh-tumbuhan yang mungkin tidak cocok untuk kulit sahabat sehat. Sebaiknya pilih sabun organik yang mengandung bahan yang sesuai dengan jenis kulit sahabat sehat. 

Referensi : 99.co

Photo by Monstera from Pexels