Home » Blog » Masak Tanpa Khawatir, 4 Material Ini Jadi Rekomendasi Alat Masak Yang Aman dan Sehat 

Masak Tanpa Khawatir, 4 Material Ini Jadi Rekomendasi Alat Masak Yang Aman dan Sehat 

rekomendasi alat masak yang aman dan sehat

Desas-desus bahaya peralatan memasak membuat sebagian orang perlu waspada dalam memilih. Rekomendasi alat masak yang aman dan sehat jadi senjata ampuh menemukan peralatan masak tanpa bahan kimia pemicu gangguan kesehatan.

Oleh karena kesehatan menjadi hal utama yang harus dijaga, Sahabat sehat pun demikian mengusahakan segala cara untuk menghindari pemicunya. Bahan kimia seperti PFOA dan PTFE telah sekian lama dikenal tersemat dalam lapisan teflon, penggunaanya menyebabkan gangguan kesehatan kronis seperti berkembangnya sel abnormal pemicu kanker.

Berbicara soal makanan, sangat erat kaitannya dengan bahan makanan, proses masak hingga alat yang digunakan. Tiga faktor tersebut jadi penentu kualitas dan nutrisi dalam suatu hidangan. Bila salah satunya berdampak buruk, maka nutrisi tak akan terserap baik oleh tubuh.

Lantas bagaimana cara aman menghasilkan masakan sehat dan aman? Alat masak seperti apa yang dapat menghindari resiko masalah kesehatan? Temukan jawabannya berikut ini!

4 Material Rekomendasi Alat Masak Yang Aman dan Sehat

Sebelum membahas material bahan alat masak, pahami terlebih dahulu fungsi label food grade yang umumnya tersemat pada spesifikasi alat masak. Food grade merupakan penanda bahwa peralatan tersebut bermaterial aman dan tak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Label food grade telah diatur batasannya lewat standar FDA (Food and Drug Administration) Amerika dan dijalankan oleh BPOM untuk pengawasan mutu pangan di Indonesia. Berikut beberapa material yang diklaim sesuai food grade:

Stainless steel

Baja nirkarat atau stainless steel telah sejak lama digunakan sebagai material peralatan medis karena dinilai tak mudah terkontaminasi, tidak menghantarkan senyawa kimia, konduktivitas panas baik dan mudah disterilisasi.

Itulah menjadi alasan material stainless steel cocok digunakan sebagai pelapis alat masak, walaupun demikian kandungan nikel dan logam masih punya kemungkinan bercampur pada masakan akibat goresan keras. Namun, hal tersebut tak sampai menimbulkan karsinogen. Bagi anda alergi nikel mungkin dapat dipertimbangkan pemakaiannya.

Kaca

Peralatan masak berbahan kaca terlihat cantik karena transparasi warna yang dihasilkan, sehingga memudahkan anda untuk memantai kondisi masakan tanpa harus membuka penutup. Bahan kaca umumnya tak meninggalkan residu berarti bila tergores, bahkan makanan bersifat asam seperti saus tomat tidak membuat partikel kaca terkelupas.

Dapat disimpulkan kaca jadi penghantar masakan terbaik, meskipun begitu masih terdapat kekurangan yakni material rawan retak dan makanan mudah lengket.

Granit

Granit merupakan material dengan daya hantar panas baik dan merata, jenis batuan satu ini sebagian besar memiliki tekstur keras, kuat dan tahan lama. Itulah mengapa granit kini menjadi pelapis peralatan masak untuk menghindari pemakaian zat kimia berbahaya. Harga peralatan dapur bermaterial granit masih cukup tinggi di pasaran.

Cast Iron

Berasal dari besi panas yang dituang ke dalam cetakan, menghadirkan inovasi panci sehat tanpa menimbulkan efek samping kesehatan. Hasil masakan pun dapat matang sempurna karena sifat besi sebagai penghantar panas terbaik.

Ceramic

Selain memberikan keamanan dalam proses memasak, panci bermaterial ceramic memiliki desain cantik nan elegan untuk mempercantik dapur anda. Ceramic pada peralatan dapur menggunakan tanah liat yang dibakar, sehingga lebih kokoh dan menghasilkan tampilan mengkilap.

Desain cantik, bebas bahan kimia dan anti lengket bisa Sahabat sehat dapatkan lewat panci Greenpan. Mengapa? material premium ceramic thermolon merupakan pilihan tepat sebagai rekomendasi alat masak yang aman dan sehat. Yuk! Kita mulai investasi kesehatan bersama Greenpan di Sesa.id!

 

Gambar dari Greenpan.id