fbpx
Skip to content
Home » Blog » 4 Jenis Sayuran yang Mengandung Vitamin B

4 Jenis Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Sebenarnya ada banyak sekali sayuran yang mengandung vitamin B. Jadi Sahabat Sehat sepertinya tidak akan kesulitan untuk menemukan sayuran yang kaya akan vitamin B. Vitamin B adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tentu akan sangat baik ketika Sahabat Sehat menikmati sayuran yang kaya akan vitamin B setiap hari. Untuk bisa mendapatkan sayuran yang memiliki kandungan vitamin B tidak akan terlalu sulit. Selain mudah didapatkan, harga sayuran juga relatif terjangkau untuk semua kalangan.

Salah satu hal yang wajib diperhatikan dengan baik oleh Sahabat Sehat yaitu harus memilih sayuran yang masih fresh. Ini sangat penting supaya nantinya nutrisi yang ada pada sayuran tersebut bisa diserap tubuh secara maksimal.

DAPATKAN SAYURAN SEGAR MENGANDUNG VITAMIN B DI SESA.ID

Manfaat Mengonsumsi Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh Sahabat Sehat ketika rutin mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak vitamin B. Vitamin B dipercaya memiliki kandungan yang mampu menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Karena ketika tubuh kekurangan vitamin B ini Rentan terserang beberapa penyakit. Contohnya saja yaitu gigi berlubang, iritasi, gangguan pada sistem saraf, radang lidah, dan beberapa penyakit lainnya.

Oleh karena itu, Sahabat Sehat sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin B secara rutin untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

Sayur menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan untuk membuat badan lebih sehat. Dengan begitu, nantinya Sahabat Sehat bisa memiliki tubuh yang kuat dan terhindar dari beberapa penyakit akibat kekurangan vitamin B.

Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Sahabat Sehat sepertinya tidak akan menemui kesulitan untuk membeli sayuran sayuran yang banyak mengandung vitamin B. Berikut beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Sahabat Sehat.

  1. Bayam

Mungkin saja sebagian besar dari Sahabat Sehat sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang terkenal dengan rasanya yang sangat nikmat yaitu bayam. Bahaya menjadi primadona banyak orang karena harganya murah tetapi memiliki nutrisi yang sangat banyak.

BACA JUGA: 20 Manfaat Sayur Bayam untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Banyak menjadi salah satu sayuran yang memiliki vitamin B dan bisa dikonsumsi dengan sangat mudah. Sayur bayam ini juga dipercaya mampu membantu mengatasi sembelit dan mencegah penumpukan racun pada usus besar.

Oleh karena itu, sepertinya Sahabat Sehat tidak perlu ragu lagi ketika ingin mengonsumsi bayam. Selain rasanya yang sangat nikmat, bayam bisa didapatkan dengan sangat mudah pada warung-warung kecil atau pasar.

Bayam Hijau Organik

Bayam Hijau Organik

  1. Kembang kol

Sayuran yang mengandung vitamin B selanjutnya yaitu kembang kol. Bentuknya yang seperti bunga membuatnya terlihat seperti brokoli. Kembang kol ini memiliki kandungan vitamin B yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan vitamin B di dalam tubuh Sahabat Sehat.

BACA JUGA: Sayuran yang Mengandung Vitamin D

Kandungan yang terdapat pada kembang kol ini bisa membantu menjaga kesehatan dan juga mencegah beberapa penyakit timbul. Selain kandungan vitamin B, kembang kol juga kaya akan omega-3, fosfor, dan kalium.

Kemudian, kembang kol juga memiliki kandungan karotenoid. Kandungan karotenoid ini berfungsi untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit serius, seperti misalnya penyakit jantung dan kanker.

  1. Lobak

Mungkin saja sebagian dari Sahabat Sehat masih cukup asing dengan sayuran yang bernama lobak. Ini merupakan sayuran yang memiliki rasa sangat lezat dan juga bisa didapatkan dengan sangat mudah.

Kandungan yang terdapat dalam novel ini bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit. Dari beberapa sumber juga menyebutkan jika lobak ini yang dikonsumsi dalam keadaan mentah bisa membantu proses pencernaan.

Dengan manfaat yang begitu banyak sepertinya Sahabat Sehat tidak akan menyesal mengonsumsi lobak secara rutin. Tentu saja dengan porsi yang sesuai, karena jika terlalu berlebihan juga tidak akan baik untuk tubuh.

  1. Brokoli

Sayuran yang mengandung vitamin B terakhir yaitu brokoli. Mungkin Sahabat Sehat sudah mengetahui jika brokoli merupakan sayuran yang sangat kaya akan berbagai macam nutrisi di dalamnya.

Selain vitamin B, brokoli juga memiliki berbagai macam kandungan vitamin lain, seperti misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan beberapa lagi lainnya. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan makan sayuran.

Brokoli Organik

Brokoli Organik

Mengonsumsi sayur-sayuran memang sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Apalagi sayuran yang mengandung vitamin B di atas sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan mencegah beberapa penyakit.

 

Referensi:

https://pyfahealth.com/blog/6-sayur-yang-mengandung-vitamin-b/