Home » Blog » 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi

4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi

tips produk perawatan bayi

Kulit bayi tentu berbeda dengan kulit orang dewasa. Namun, bukan berarti kulit bayi tidak memerlukan perawatan. Hal ini menyebabkan kulit bayi lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan iritasi terhadap zat tertentu. Kondisi ini akan meningkatkan risiko iritasi, kulit kering, kemerahan, dan alergi. Oleh sebab itu, Sahabat Sehat harus lebih cermat dalam memilih produk-produk pembersih kulit bayi.

Tips Memilih Produk Perawatan Bayi

Ada sejumlah faktor penting yang harus diperhatikan untuk memastikan agar produk yang Sahabat Sehat beli aman bagi Si Kecil. Untuk mengetahui produk perawatan kulit yang aman dan memberikan manfaat optimal bagi bayi, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Gunakan yang Mengandung pH 5,5

Normalnya, kulit bayi memiliki pH yang rendah sekitar 5,5. pH rendah ini memiliki peran dalam proses pembentukan lapisan lemak pada pelindung kulit bayi. Pelindung ini bertugas mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat iritas atau paparan zat asing, terutama yang terkandung pada sabun mandi. Tak lupa, pilih produk perawatan bayi yang bebas dari alkali dan soda.

Perhatikan Kondisi Kemasan

Setiap Sahabat Sehat ingin membeli produk perawatan tubuh untuk si Kecil, perhatikan kondisi kemasan produk tersebut. Apakah segelnya masih utuh, penyok pada bagian tube atau badan produk, dan produk masih terlihat baik. Jangan lupa mengecek tanggal kedaluwarsa produk dan berapa lama produk dapat bertahan setelah kemasan dibuka.

Baca Aturan Pakai

Penting bagi Sahabat Sehat untuk cermat dalam membaca aturan pakai pada produk perawatan kulit si Kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan yang salah dan berlebihan. Tak lupa membaca kandungan yang berpotensi menyebabkan alergi, takaran tiap penggunaan, dan mematuhi aturan pemakaian serta peringatan yang terdapat pada kemasan produk.

Bila ragu apakah ada bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi, Sahabat Sehat dapat  mengoleskan produk baru pada kulit si Kecil. Oleskan sedikit produk pada kakinya dan tunggu hingga sehari untuk melihat apakah produk tersebut menimbulkan ruam.

Cek Kandungan pada Label

Sebelum membelinya, pastikan Sahabat Sehat membaca label yang tertera pada kemasan. Produk perawatan tubuh bayi sebaiknya:

  • Bebas Pewangi dan Pewarna

Zat pewangi dan pewarna sangat berpotensi mengiritasi kulit bayi dan mengganggu sistem pernapasannya.

  • Tidak Mengandung Antibakteri atau Antimikroba

Walau kandungan ini dinilai baik di mata Sahabat Sehat, namun ternyata antibakteri dan antimikroba tidak baik bagi kesehatan kulit bayi karena dapat menyebabkan iritasi. Sahabat Sehat cukup membersihkan kulit si Kecil dengan sabun khusus bayi ataupun tisu basan berbahan lembut non-alkohol.

  • Phtalate dan Paraben -Free

Paraben biasanya dipakai sebagai zat pengawet, sementara phthalate biasanya digunakan sebagai pelembut pada produk perawatan kulit. Namun, ternyata bayi yang sering terpapar kedua zat ini lebih berisiko mengalami alergi dan gangguan tumbuh kembang.

  • Berlabel Hypoallergenic

Banyak yang mengira tulisan “hypoallergenic” pada produk perawatan bayi menandakan bahwa produk tersebut memiliki risiko lebih rendah untuk menyebabkan bayi mengalami reaksi alergi, padahal tidak. Kulit si Kecil tetap berisiko terkena alergi bila ada kandungan yang menyebabkan alergi.

  • Bebas Alkohol

Adanya kandungan alkohol dalam produk perawatan kulit bayi malah membuat kulitnya semakin kering dan rentan iritasi serta alergi. Sebaiknya cari yang bebas alkohol.

  • Berbahan Dasar Alami

Umumnya, produk-produk perawatan tubuh berbahan dasar alami aman untuk digunakan pada bayi. Namun beberapa bahan alami tetap berisiko menyebabkan iritasi dan alergi, terutama jika Si Kecil memiliki riwayat alergi, atau bila ada riwayat alergi dalam keluarga.

Pilih Produk yang Aman Bagi Kulit si Kecil

Nah, setelah mengetahui tips memilih produk perawatan kulit, SESA mau merekomendasikan beberapa produk perawatan bayi yang aman nih untuk si Kecil. Ada produk dari Dr. Bronner’s dan Little Twig yang siap menjadi teman perawatan kulit si Kecil. Keduanya merupakan produk yang khusus diformulasikan untuk kulit bayi.

Dr. Bronner’s memiliki keunggulan terbuat dari 90 persen bahan organik dan 70 persen bahan-bahannya adalah certified fair trade: Organic Coconut Oil, Organic Jojoba Oil, Organic Olive Oil, Organic Palm Kernel Oil dan Organic Essential Oils, itdak ada bahan pengawet sintetis, pengental, atau busa buatan — baik untuk lingkungan dan sehat untuk kulit. Tak hanya itu, kemasan botol Dr. Bronner’s berasal dari olahan dar ulang plastik Untuk membantu mengurangi limbah dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Little Twig juga memiliki keunggulan yaitu tidak mengandung Sulfates/ SLS or Dyes, Phthalate & Paraben Free, tidak ada tambahan Artificial Fragrance, dan bebas gluten sehingga aman untuk kulit bayi.

Gimana? Sahabat Sehat tertarik untuk menyebarkan semangat #SehatSekarang untuk si Kecil sejak dini? Yuk dapatkan segera produk-produk perawatan bayi berkualitas hanya di sesa.id!