Home » Blog » Vitamin C dan Zinc : Ketahui Manfaatnya untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dan Zinc : Ketahui Manfaatnya untuk Daya Tahan Tubuh

vitamin c dan zinc

Tahukah sahabat sehat manfat yang diberikan oleh vitamin C dan zinc untuk daya tahan tubuh? Seperti yang diketahui untuk meningkatkan daya tahan tubuh diperlukan asupan tambahan dari luar. Asupan tersebut baik dengan konsumsi suplemen atau memakan buah.

Salah satu vitamin yang berperan dalam menigkatkan daya tahan tubuh ialah vitamin C dapat diperoleh dari buah atau konsumsi suplemen. Selanjutnya mineral lainnya yang berpengaruh meningkatkan imunitas tubuh ialah zinc. Beriku penjelasan mengenai peranan vitamin c dan zinc terhadap daya tahan tubuh.

DAPATKAN SUMBER VITAMIN C DAN ZINC DI SESA.ID

Fakta Vitamin C

Asam askorbat (vitamin C) memiliki karakter vitamin larut air, yang terbentuk sebagai kristal atau bubuk putih/sedikit kuning dengan sedikit rasa asam. Vitamin ini tidak tahan terhadap panas dan cahaya. Dalam keadaan kering, bersifat cukup stabil di udara.

vitamin-c-1000-complex

NOW Vitamin C 1000 Complex

  • Mudah larut dalam air

Tetapi jika di dalam larutan cepat teroksidasi. Selain mudah larut dalam air, asam askorbat (vitamin c) memiliki karakterisasi sedikit larut dalam alkohol; tidak larut dalam kloroform, dalam eter, dan dalam benzena.

BACA JUGA: Vitamin C 1000 : Kandungan, Dosis, serta Fungsi dan Manfaat bagi Tubuh

  • Angka kecukupan gizi vitamin C

Angka kecukupan vitamin C yang dianjurkan (per orang per hari) di Indonesia adalah 40-90 mg untuk anak; 90 mg untuk laki-laki dewasa; dan 75 mg untuk perempuan dewasa. Sementara itu, untuk ibu hamil dan menyusui perlu mendapatkan tambahan vitamin C sebanyak 10 mg dan 45 mg.

  • Meningkatkan penyerapan zat besi

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme, yaitu jenis zat besi yang ditemukan dalam makanan nabati seperti sayuran berdaun hijau. Jika sahabat sehat mengkonusmsi segelas kecil jus buah 100% atau makanan kaya vitamin C lainnya.

Hal ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Sahabat sehat perlu tau bahwa vitamin C dapat dihancurkan oleh panas dan cahaya. Suhu memasak yang terlalu tinggi atau waktu memasak yang lama dapat memecah vitamin C.

vitamin c 500 complex now 100

NOW Vitamin C 500

Namun karena vitamin ini memiliki sifat larut di dalam air, vitamin tersebut juga dapat meresap ke dalam cairan/kuah masakan dan tidak dapat diserap tubuh jika cairan/kuah tersebut tidak dimakan.

Metode pemanasan cepat atau menggunakan air sesedikit mungkin saat memasak, seperti menggoreng atau merebus, dapat menjaga kandungan vitamin C.

  • Berperan penting terhadap pilek

Tinjauan beberapa penelitian menunjukkan bahwa megadosis (lebih besar dari 500 mg setiap hari) suplemen vitamin C tidak berpengaruh signifikan pada flu, tetapi dapat memberikan manfaat moderat dalam mengurangi durasi dan keparahan pilek pada beberapa kelompok orang.

BACA JUGA: Apakah Kekurangan Vitamin C dapat Mengakibatkan Penyakit Kronis?

Percobaan kecil menunjukkan bahwa jumlah vitamin C dalam multivitamin yang dikonsumsi pada awal pilek dapat meredakan gejala, tetapi untuk rata-rata orang tidak ada bukti bahwa megadosis berpotensi mencegah pilek.

  • Efek modulasi kekebalan tubuh

Vitamin C memiliki sejumlah aktivitas yang dapat berkontribusi pada efek modulasi kekebalan tubuh. Kemungkinan vitamin C untuk mengurangi insiden penyakit yang diakibatkan oleh virus pada orang yang bergizi baik melalui penggunaan suplemen vitamin C masih memerlukan literatur lebih lanjut.

Meskipun demikian, kepercayaan masyarakat bahwa asupan ekstra vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh masih populer. Belum ditemukan hasil penelitian tentang pencegahan COVID-19 dengan suplementasi vitamin C dosis tinggi pada subjek yang sehat.

Namun, ada kemungkinan bahwa pemberian Vitamin C selama 6 minggu melalui suplementasi dapat memiliki efek yang berbeda pada ekspresi gen individu yang terlibat dalam respon imun.

Peranan Vitamin C

Vitamin C berperan dalam mengendalikan infeksi dan penyembuhan luka, serta merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas berbahaya.

Dibutuhkan untuk membuat kolagen, yaitu protein berserat dalam jaringan ikat yang terjalin di berbagai sistem dalam tubuh, yaitu saraf, kekebalan, tulang, tulang rawan, darah, dan lain-lain. Vitamin C juga membantu membuat beberapa hormon dan pembawa pesan kimia yang digunakan di otak dan saraf.

Sumber Vitamin C

Berikut adalah buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber terbaik untuk vitamin C :

  1. Jeruk
  2. Paprika
  3. Strawberry
  4. Tomat
  5. Sayuran cruciferous (brokoli, kubis brussel, kubis, kembang kol)
  6. Jambu biji

DAPATKAN SUMBER VITAMIN C ALAMI DAN ORGANIK DI SESA.ID

Fakta Seputar Mineral Zinc

Zinc/Seng adalah trace mineral, yang berarti tubuh hanya membutuhkan sejumlah kecil, namun diperlukan oleh hampir 100 enzim untuk melakukan reaksi kimia penting. Zinc memainkan peranan penting dalam penciptaan DNA, pertumbuhan sel, membangun protein.

NOW Suplemen Zinc Gluconate

NOW Suplemen Zinc Gluconate

  • Menyembuhkan jaringan rusak

Menyembuhkan jaringan yang rusak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsi zinc dalam membantu sel untuk tumbuh dan berkembang biak membuat mineral ini snagat diperlukan selama masa pertumbuhan yang cepat, seperti pada masa anak-anak, remaja, dan kehamilan.

  • Terlibat dalm indera perasa

Zinc juga terlibat dengan indera perasa dan penciuman. Angka kecukupan zinc yang dianjurkan (per orang per hari) di Indonesia adalah 1,1-11 mg untuk anak; 11 mg untuk laki-laki dewasa; dan 8 mg untuk perempuan dewasa. Sementara itu, untuk ibu hamil dan menyusui perlu mendapatkan tambahan vitamin C sebanyak 2-4 mg dan 5 mg.

  • Melindungi dari virus dan bakteri

Peranan zinc dalam mendukung pertumbuhan dan fungsi normal sel-sel kekebalan membuat kekurangan zinc dalam tingkat ringan atau sedang dapat memperlambat aktivitas limfosit, neutrofil, dan makrofag yang melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

  • Akibat kekurangan Zinc

Defisiensi zinc sering terjadi pada anak-anak dari negara berpenghasilan rendah dan menengah yang berkontribusi terhadap kejadian stunting, diare, pneumonia, dan malaria.

Orang tua juga mungkin memiliki risiko asupan zinc yang rendah karena nafsu makan yang buruk akibat berbagai penyakit dan obat-obatan berisiko terkena infeksi, seperti radang paru-paru dan borok kulit.

  • Zinc diperlukan membuat sel – sel baru

Zinc yang cukup diperlukan untuk membuat sel-sel baru, terutama kolagen dan jaringan seperti serat, yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, zinc juga memiliki manfaat utama dalam mendukung aktivitas sel kekebalan tubuh yang memerangi peradangan dari luka.

Oleh karena itu manfaat terbesar dari zinc terlihat pada orang yang mengalami kekurangan mineral dan memiliki luka parah seperti ulkus dekubitus atau luka bakar yang luas.

Tingginya kebutuhan zinc pada penderita tersebut serta ditambah mungkin memiliki nafsu makan yang buruk, membuat suplemen diperlukan untuk melengkapi pangan bergizi seimbang sehari-hari.

Dalam kasus ini, zinc sering dikombinasikan dengan zat gizi lain seperti protein, vitamin C, dan L-arginin yang juga meningkatkan penyembuhan luka.

Sumber Zinc

Daging, unggas, dan makanan laut memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi. Beberapa pangan protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber zinc yang baik, tetapi juga mengandung fitat yang dapat mengikat mineral sehingga menurunkan penyerapannya.

Berikut ini adalah beberapa pangan sumber zinc :

  1. Kerang dan makanan laut lainnya
  2. Daging sapi
  3. Unggas
  4. Kacang-kacangan
  5. Biji-bijian utuh
  6. Sereal sarapan yang difortifikasi

Daging Sapi Grass Fed sumber zinc

Daging Sapi Grass Fed Sumber Zinc

Suplemen Zinc

Zinc juga tersedia dalam bentuk suplemen sebagai pil dan tablet hisap. Asupan zinc berlebih dapat mengganggu penyerapan zat besi dan tembaga.

Dosis tinggi juga dapat menyebabkan mual dan bahkan muntah. Oleh karena itu penting untuk tidak mengkonsumsi zinc tambahan kecuali memiliki diet yang rendah zinc atau mengalami defisiensi zinc.

Ahli diet dapat membantu sahabat sehat dalam mengevaluasi diet sehari-hari dan menentukan tingkat asupan zinc yang diperoleh.

NOW Suplemen Zinc Picolinate

NOW Suplemen Zinc Picolinate

Pada 1990-an, obat baru yang diusulkan untuk flu dalam bentuk tablet hisap berisi zinc menjadi populer. Bentuk permen diberikan karena zinc perlu larut perlahan untuk melapisi mulut dan tenggorokan, tempat virus flu berkembang biak.

Bentuk lain seperti semprotan hidung dan tenggorokan tidak disukai karena menyebabkan hilangnya penciuman pada beberapa orang. Zinc dipercaya dapat mencegah penyebaran virus flu dan mengurangi peradangan yang dapat mempersingkat durasi pilek.

Beberapa penelitian terhadap uji klinis menemukan bahwa tablet hisap seng tidak mencegah pilek, tetapi jika diminum dalam waktu satu hari setelah timbulnya gejala pilek, tablet hisap dapat meringankan tingkat keparahannya.

Permen pelega tenggorokan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan seperti memiliki rasa logam dan menyebabkan mual.

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-c/

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2019 TENTANG ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA

Sumber Gambar :

https://sesa.id/

pexels.com