Home » Blog » Ketahui 5 Perbedaan Wajan Keramik vs Teflon, Mana yang Lebih Bagus?

Ketahui 5 Perbedaan Wajan Keramik vs Teflon, Mana yang Lebih Bagus?

wajan keramik vs teflon

Wajan untuk memasak memang banyak jenisnya ya, Sahabat sehat. Setiap jenis wajan tentu punya fungsi, keunggulan dan kekurangannya. Ada jenis wajan yang khusus untuk menggoreng, menumis, memanggang dan lain-lain. Keramik dan teflon termasuk jenis wajan yang populer dan serba guna. Kali ini kita akan membahas perbedaan wajan keramik vs teflon. Mana ya yang lebih bagus? Yuk, simak!

Harga Wajan Keramik vs Teflon

Sahabat sehat, jika melihat dari segi harga antara wajan keramik vs teflon, wajan teflon harganya lebih ekonomis. Orang-orang banyak yang memilih wajah teflon karena serba guna dan harganya tidak terlalu mahal. Sedangkan, wajan keramik harganya lebih mahal dibanding telfon, tapi dari segi kualitas wajan keramik lebih unggul. 

Fungsi Wajan Keramik vs Teflon

Jika melihat dari segi fungsi wajan keramik vs teflon, mana yang paling multifungsi? Wajan teflon adalah wajan serba guna favorit para ibu rumah tangga di dapur. Wajan teflon umumnya sudah dilengkapi anti lengket sehingga aman digunakan untuk memasak aneka bahan makanan. Teflon bisa digunakan untuk memanggang, menggoreng, menumis hingga merebus. 

Wajan keramik pun termasuk jenis wajan anti lengket dan lebih mudah dibersihkan dari wajan teflon. Wajan keramik bisa digunakan untuk memasak aneka masakan tapi cukup berat. Wajan keramik banyak digunakan chef karena bisa mematangkan bahan makanan lebih sempurna dari wajan teflon. 

Mana yang Paling Tahan Panas?

Wajan keramik vs teflon mana yang lebih tahan panas? Jawabannya adalah wajan keramik. Wajan teflon jika menggunakan api besar berisiko lapisan anti lengketnya terkelupas dan bisa mengeluarkan asap atau uap. Wajan keramik lebih aman untuk memasak dalam suhu tinggi tanpa khawatir merusak tekstur dan rasa bahan makanan. 

Mampu Menghemat Minyak

Kedua jenis wajan ini sama-sama dapat menghemat minyak ketika memasak karena sudah dilengkapi lapisan anti lengket. Namun, wajan keramik mampu menghantarkan panas lebih baik dan rata sehingga masakan lebih cepat matang hingga lapisan dalam. Sedangkan, wajan teflon perlu waktu sedikit lebih lama untuk mematangkan bahan makanan berukuran besar. 

Bagaimana Perawatannya? 

Selanjutnya, mari bahas perbedaan dari segi perawatan wajan keramik vs teflon. Wajan keramik lebih mudah ketika dibersihkan, lebih tahan gores,  dan kokoh dibanding wajan teflon. Lapisan anti lengket wajan keramik menyatu sehingga tidak ada risiko rusak atau terkelupas ketika dibersihkan. 

Sedangkan wajan teflon cara pembersihannya perlu lebih hati-hati. Ada lapisan anti lengket yang mudah tergores atau rusak jika terkena suhu terlalu tinggi. Jika lapisan tersebut rusak kemungkinan bisa mempengaruhi kualitas masakan. Wajan teflon sebaiknya dibersihkan dalam keadaan dingin agar lebih awet. 

Sahabat sehat, itulah perbedaan wajan keramik vs teflon. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, ya. Untuk pemula sebaiknya coba menggunakan wajan teflon yang lebih ekonomis dan serba guna. Tapi, perlu berhati-hati dalam penggunaannya agar lapisan anti lengket tidak terkelupas. Jika Sahabat sehat sangat suka memasak wajan keramik lebih unggul dari segi kualitas namun lebih mahal dan berat. 

 

Sahabat sehat bisa menemukan pilihan wajan terbaik dan berkualitas di SESA.ID. Wajan Greenpan adalah pilihan wajan yang tidak hanya membuat masakan matang sempurna tapi juga menjaga cita rasa dan nutrisi makanan. Wajan Greenpan dibuat dari material pasir alami dan aman digunakan dalam suhu tinggi tidak menghasilkan zat beracun.  

 

Referensi: Dekoruma

Gambar dari Greenpan.id