Home » Blog » Beli yang Mana, ya? Wajan Keramik VS Marble? Ini 6 Perbedaannya

Beli yang Mana, ya? Wajan Keramik VS Marble? Ini 6 Perbedaannya

wajan keramik vs marble

Memilih wajan yang aman dan tepat memang perlu usaha dan waktu untuk mendapatkan informasi dan spesifikasi secara detail. Tujuannya tak lain adalah mendapatkan wajan anti lengket tanpa kandungan zat kimia yang membahayakan tubuh.

Wajan keramik dan marble akhir-akhir ini banyak dijadikan wishlist oleh para ibu muda, alasannya karena tidak mudah tergores, anti lengket dan tidak mudah terkelupas saat proses memasak. Namun, pemahaman akan dua jenis wajan anti lengket ini sangat terbatas, sebab keduanya memiliki spesifikasi yang cukup mirip dan kadang membingungkan.

Bagi Sahabat sehat yang sedang menimbang-nimbang informasi wajan keramik vs marble untuk dibeli salah satunya, simak penjelasan terlengkapnya di bawah ini.

6 Fakta Wajan Keramik VS Marble

Fakta-fakta berikut bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam memutuskan pilihan pada wajan keramik atau marble sesuai kebutuhan dan budget.

1. Material Bahan

Berdasarkan material atau bahan dasar, baik wajan keramik dan wajan marble sedikit berbeda. Wajan keramik berbahan dasar tanah liat yang melalui tahap pembakaran sebanyak dua kali, tujuannya agar tingkat kekerasan lebih tinggi dan kuat. Setelah dibakar, dapat dilanjutkan tahap pelapisan bahan glaze.

Wajan marble umumnya berbahan dasar marmer atau berbahan dasar tanah liat yang dilapisi marmer. Batu marmer dipilih menjadi pelapis alat dapur karena daya hantar yang baik, anti-gores, anti lengket dan terkesan lebih mewah.

2. Tampilan

Secara tampilan atau visualisasi, kedua wajan ini hampir mirip, yakni material kokoh, padat, sedikit berat, permukaan mengkilap dan hadir dalam beraneka ragam warna. Perbedaanya hanya pada pelapis permukaan wajan marble memiliki bintik-bintik putih, sedangkan wajan keramik polos.

3. Daya Hantar Panas Baik

Baik wajan marble maupun wajan keramik sama-sama memiliki daya hantar panas yang baik, material keramik dan marmer mampu menghantarkan panas secara merata, sehingga masakan lebih cepat matang pada semua sisi wajan. Hal tersebut menjadi keunggulan utama yang tidak dapat disandingkan.

4. Tidak Mudah Mengelupas

Material yang kokoh, menjadikan kedua wajan ini tidak mudah mengelupas, kalaupun mengelupas karena tergores sodet, maka tidak ada zat kimia yang terurai bersama makanan. Jadi, lebih aman dibandingkan pelapis wajan dengan zat kimia PTFE (politetrafluoroetilena) dan PFOA (Asam perfulorooktanoat).

5. Anti Lengket

Tentu hal ini menjadi daya tarik utama pembeli, material marmer dan keramik tidak akan membuat masakan lengket pada wajan bila menggunakan sedikit minyak atau air saat memasak. Anda bisa lebih hemat penggunaan minyak, pasti lebih sehat!

6. Mudah Dibersihkan

Permukaan wajan yang mengkilap dan licin membuat wajan keramik dan marble lebih mudah dibersihkan. Cukup gunakan spons lembut atau kain lap dengan air hangat dan sedikit sabun cuci hingga bersih. Bila noda cukup membandel, rendam wajan dalam air panas selama 30 menit, lalu cuci seperti biasa.

Itulah 6 fakta menarik dibalik wajan keramik vs marble yang perlu Sahabat sehat ketahui. Sekarang, tentu Anda lebih paham dan bijak memilih jenis wajan mana yang sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya, kedua wajan anti lengket ini memiliki banyak kesamaan dengan sedikit perbedaan yang tidak terlalu berarti. Kesamaan kelebihannya bisa dipertimbangkan untuk jadi pilihan tepat menggantikan wajan anti lengket yang masih dilapisi zat kimia berbahaya bagi tubuh.

Karena kesehatan keluarga berasal dari asupan makanan, teknik memasak sangat patut diperhatikan dan dijaga kualitasnya.

Beralihlah menggunakan wajan anti lengket yang aman dan nyaman ketika digunakan, sehat bagi keluarga dan hemat bagi kantong. Hanya satu klik untuk dapatkan wajan anti lengket terbaik dengan harga terjangkau!

 

Referensi : Nibble.id

Gambar dari Greenpan.id