fbpx
Skip to content
Home » Blog » 15 Ide Olahan Udang untuk Anak yang Mudah, Lezat dan Bergizi Yuk Coba

15 Ide Olahan Udang untuk Anak yang Mudah, Lezat dan Bergizi Yuk Coba

Ide Olahan Udang

Membuat olahan udang untuk anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan olahan masakan udang pada umumnya. Hanya saja Sahabat Sehat perlu membuatnya jauh lebih menarik agar anak – anak lahap saat memakannya.

Salah satu makanan laut sehat juga bergizi ini sebenarnya banyak digemari oleh anak – anak. Tekstur dagingnya yang lembut dan tebal dengan cita rasa gurih membuat semua orang tidak bosan ketika menyantapnya.

Udang cocok dijadikan sebagai lauk karena kandungan mineral, protein, dan vitamin yang membantu tumbuh kembang anak. Agar tidak bosan dimasak itu – itu saja, Sahabat Sehat bisa mengolah udang menjadi berbagai kreasi.

BELANJA UDANG SEGAR DAN PRODUK SEAFOOD FRESH LAINNYA DI SESA.ID

15 Ide Olahan Udang untuk Anak

Ada berbagai ide kreasi masakan udang sehat, lezat, bergizi yang bisa Sahabat Sehat lakukan di rumah. Berikut 15 ide olahan udang untuk anak disertai bahan – bahan dan cara pengolahannya.

  1. Tempura Udang

Menu tempura udang sama seperti membuat udang goreng biasa, hanya saja adonan tepung basahnya dicampur dengan susu full cream UHT. Tujuannya supaya udang jadi terasa lebih lembut, kreasikan menjadi bento rumahan.

Udang Jerbung

Udang Jerbung

  1. Sate Udang Teriyaki

Pembuatan olahan udang untuk anak harus dimarinasi dahulu. Tusuk setiap udang menggunakan tusuk sate lalu olesi dengan kecap manis, mentega, serta sisa bumbu marinasi. Bakar atau panggang menggunakan teflon hingga matang.

BACA JUGA: Jenis Jenis Udang yang Populer dan Banyak Dijual

  1. Misoa Udang Jamur

Cara membuat misoa udang jamur adalah mendidihkan air, masukkan irisan bawang putih, jahe, garam, gula, lada, penyedap rasa. Tambahkan kembang tahu, jamur kuping, misoa. Sajikan ke dalam mangkuk, taburi daun bawang.

  1. Dimsum Udang

Olahan udang untuk anak yang mudah dibuat adalah dijadikan dimsum. Olahan sederhana ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau sekadar camilan sehat untuk si kecil dengan menambahan sayuran di dalamnya.

Udang Tiger Frozen

Udang Tiger Frozen

  1. Lumpia Udang

Proses pembuatannya sama seperti olahan dimsum udang, hanya saja untuk kulitnya menggunakan kembang tahu yang diikat menggunakan daun kucai. Jika dimsum dikukus, maka olahan udang untuk anak satu ini digoreng.

  1. Sup Udang Tahu

Salah satu menu udang sehat lainnya adalah sup udang tahu. Menu sederhana ini hanya membutuhkan bawang putih, bawang merah, serai, jahe, dan bombay yang ditumis sampai harum.

Kemudian masukkan tahu serta udang kipas, tambahkan garam, gula, lada, penyedap rasa secukupnya. Sajikan sup udang tahu ke dalam mangkuk agar bisa disantap.

BACA JUGA: Berikut Jenis Udang Laut Sehat dan yang Aman Dikonsumsi

  1. Bola – Bola Udang

Tekstur bola udang yang lembut serta mudah dikunyah dijamin membuat si kecil lahap makan. Sahabat Sehat bisa mengolahnya dengan cara digoreng, dikukus, atau direbus. Pastikan menambahkan potongan sayur agar lebih bergizi.

  1. Garlic Butter Shrimp

Olahan udang untuk anak berikutnya adalah garlic butter shrimp. Caranya cukup memasak udang menggunakan mentega. Tumis bawang putih, bombay, garam, lada, penyedap rasa dengan mentega.

Masukkan kembali udang yang sudah ditiriskan lalu diaduk sampai bumbunya merata. Tambahkan daun parsley kering sesuai selera lalu aduk kembali sampai matang. Menu sederhana ini siap disantap menggunakan nasi hangat.

Udang Vaname Fresh

Udang Vaname Fresh

  1. Pasta Udang Aglio e Olio

Pembuatan menu ini sama seperti ketika memasak pasta agliio e olio pada umumnya. Sahabat Sehat hanya perlu menambahkan udang supaya rasanya lebih nikmat. Sajikan di piring lalu taburi daun basil.

  1. Spaghetti Udang Fettucine Carbonara

Tentu Sahabat Sehat sudah tidak asing dengan menu spaghetti fettucine carbonara. Saus creamynya terbuat dari campuran telur, keju, dan krim. Cukup menambahkan udang di atasnya supaya anak – anak semakin suka.

  1. Capcay Udang

Pilihan selanjutnya yaitu capcay. Sahabat Sehat bisa mengolahnya menjadi capcay goreng maupun capcay kuah. Keduanya sama – sama menjadi menu rekomendasi untuk menambah selera makan si kecil.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Scallop? Atau Kerang Simping

  1. Udang Telur Asin

Olahan berikutnya ini disajikan menggunakan saus telur asin dengan cita rasa gurih juga creamy. Taburi daun kari agar aromanya semakin sedap sekaligus mengimbangki rasa pekat dari telur asin.

  1. Bubur Udang

Menu bubur udang bisa dijadikan solusi saat anak bosan dengan tekstur makanan yang keras. Cara membuatnya sama seperti bubur pada umumnya. Pastikan untuk menambahkan tumisan udang di atasnya agar terasa gurih.

  1. Udang Bakar Madu

Olahan udang untuk anak kali ini hampir mirip dengan sate udang teriyaki. Bedanya adalah menggunakan saus madu dalam racikan bumbu bakarnya supaya menghasilkan rasa gurih, khas, juga manis.

  1. Popcorn Crispy Prawn

Cara membuat udang popcorn crispy adalah membaluri udang dengan adonan tepung basah dan kering. Goreng menggunakan minyak panas hingga warnanya kecokelatan dan menu ini siap disantap sebagai camilan maupun lauk.

Udang terbukti dapat diolah menjadi berbagai macam menu hidangan lezat. Ketika si kecil mulai bosan dengan makanannya, Sahabat Sehat bisa memutar otak dengan membuat olahan udang untuk anak di atas.

https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/olahan-udang-untuk-anak

https://www.orami.co.id/magazine/olahan-udang-untuk-anak

 

Gambar: 

pexels.com

sesa.id