Home » Blog » Cara Mudah Membuat Bakso Ikan Tenggiri dan Kuahnya

Cara Mudah Membuat Bakso Ikan Tenggiri dan Kuahnya

ikan tenggiri kuah

Ikan Tenggiri Kuah – Bakso ikan menjadi olahan dari ikan yang sangat lazim ditemukan. Sekarang, bakso tak hanya terbuat dari daging sapi atau ayam saja, tetapi bisa diolah dari daging ikan.

Memang baunya agak amis sedikit karena terbuat dari ikan. Tetapi, rasanya jauh lebih gurih dan lezat. Tak heran bakso ikan ini disukai oleh banyak orang. Sahabat sehat bisa membuat bakso ikan tenggiri kuah yang disajikan saat musim penghujan. Pastinya akan terasa segar dan nikmat. 

Bakso Ikan Tenggiri Yang Lezat dan Sehat 

Hidangan bakso ikan tenggiri ini bisa disajikan sebagai alternatif bagi sahabat sehat yang sudah bosan dengan olahan bakso daging sapi atau ayam. Bakso ikan tenggiri ini sangat cocok untuk segala acara. Sahabat sehat bisa menyajikannya di acara arisan, pesta, ataupun rapat. Bakso ikan tenggiri ini sama lezatnya dengan bakso daging sapi.

Bakso ikan tenggiri ini juga disajikan dalam bentuk hidangan berkuah dan dicampur dengan bahan-bahan lain layaknya bakso kuah. 

Cara pembuatan bakso ikan tenggiri kuah juga sama mudahnya dengan bakso daging sapi. Sahabat sehat cukup mengganti daging sapi dengan ikan tenggiri. Ikan tenggiri ini ternyata memiliki beberapa manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Kandungan vitamin B12 dan omega 3 di dalam ikan tenggiri jauh lebih banyak dibandingkan dengan beberapa jenis ikan lainnya. Selain enak, pastinya olahan bakso ikan tenggiri ini juga jauh lebih sehat. Ikan tenggiri juga termasuk jenis ikan yang kaya dengan lemak sehat. Maka, tak ada salahnya membuat bakso ikan tenggiri kuah ini. 

Bahan-Bahan Bakso Ikan Tenggiri 

Untuk membuat olahan bakso ikan tenggiri ini, pastikan bahwa Sahabat Sehat sudah menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan dibawah ini. 

  • 250 gram ikan tenggiri, ambil dagingnya dan pisahkan kulitnya 
  • 400 gram tepung kanji
  • 3 siung bawang putih 
  • lada bubuk, penyedap rasa dan garam secukupnya 
  • Air secukupnya 

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri 

Setelah Sahabat sehat menyiapkan beberapa bahan diatas, saatnya memasak bakso ikan tenggiri kuah ini. 

  1. Pertama-tama, cucilah ikan tenggiri sampai bersih. Pisahkan kulit, duri, dan daging ikan tenggiri. Haluskan daging ikan tenggiri dengan memakai food processor atau bisa digiling di tempat penggilingan daging. Sahabat sehat juga bisa memakai blender kecil. 
  2. Kemudian, haluskan bawang putih dan garam dengan diulek. Setelah sudah halus, maka campurkan bawang putih halus dengan ikan tenggiri yang sudah halus di dalam wadah. 
  3. Lalu, tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit di dalam wadah dan uleni sampai tercampur rata. Pastikan komposisi kanji dan daging sudah pas sehingga tak terlalu lengket ataupun lembek. 
  4. Lalu, masukkan penyedap rasa, air, dan lada bubuk. Uleni lagi adonan bakso ikan tenggiri ini sampai memiliki konsistensi yang pas
  5. Kemudian, siapkan satu panci berisi air dan didihkan. Campurkan air di dalam panci dengan minyak goreng agar tidak lengket. 
  6. Bentuk adonan bakso ikan dengan bulatan-bulatan kecil. Sahabat sehat bisa memakai sendok atau tangan saat membentuk adonan bakso
  7. Masaklah bakso ikan tersebut sampai mengapung. Angkat dan tiriskan bakso ikan tenggiri tersebut. 
  8. Kemudian, sahabat sehat bisa menyiapkan kuah bakso ikan tenggiri dengan mencampurkan lada bubuk, bawang halus, gula, dan garam. Sahabat sehat juga bisa menambahkan daun bawang dan bawang goreng diatas kuah bakso agar lebih segar dan sedap. 

Itulah tadi beberapa langkah membuat bakso ikan tenggiri kuah yang enak dan lezat. 

Referensi : Merdeka

Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.