Home » Blog » 4 Lemak Baik Untuk Cadangan Energi Saat Puasa

4 Lemak Baik Untuk Cadangan Energi Saat Puasa

4 Lemak Baik Untuk Cadangan Energi Saat Puasa
Photo by Dana Tentis from Pexels

 

Lemak Baik untuk Cadangan Energi – Sangat penting memilih jenis asupan pada sahur dan buka puasa benar-benar dapat menjadi waktu pengisian ‘bahan bakar’ agar Sahabat Sehat tetap optimal beraktivitas seharian.

Selama sahur, kamu harus memperhatikan betul asupan nutrisi dalam tubuh agar tetap sehat dan bugar. Jika tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin tubuh akan terasa lemas dan lesu saat puasa. Akibatnya, berbagai penyakit rentan terjadi.

Nah, supaya kamu terhindar dari serangan penyakit dan tetap lancar saat berpuasa, pastikan kamu memenuhi asupan ini selama berpuasa.

Asupan lemak baik penting untuk menjaga fungsi tubuh bekerja secara optimal. Namun, Sahabat Sehat harus tetap awas. Sebab lemak yang terlampau banyak dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari kolesterol, obesitas, hingga penyakit jantung.

Untungnya, ada beberapa makanan yang mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Penasaran? Yuk, simak pembahasan makanan sahur kaya akan lemak baik untuk cadangan energi saat puasa.

Alpukat

Alpukat merupakan makanan kaya akan lemak baik yang perlu kamu tambahkan saat sahur. Alpukat sumber vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat. Dalam 100 gram alpukat, atau sekitar setengah alpukat mengandung sekitar 160 kalori.

Alpukat juga mengandung Vitamin K, Folat, Vitamin C, Kalium, dan Vitamin E. Selain itu, alpukat juga mengandung niacin, riboflavin, tembaga, magnesium, mangan, dan antioksidan dalam jumlah yang cukup. 

Alpukat kebanyakan mengandung lemak tak jenuh tunggal, ditambah sedikit lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh ganda.

Alpukat dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Alpukat merupakan makanan yang tinggi lemak atau serat dapat membantu kamu merasa lebih kenyang dan puas setelah makan.

Ini karena lemak dan serat memperlambat pelepasan makanan dari perut. Selain itu, dengan mengonsumsi alpukat juga berpotensi makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. 

Telur Organik

Telur organik merupakan salah satu makanan kaya akan lemak baik yang berasal dari unggas yang diberi makan pakan bebas peptisida, herbisida, dan pupuk komersial.

Telur organik dipercaya mengandung lemak baik untuk tubuh. Dengan kandungan asamm amino yang lengkap, tinggi vitamin A,D,E dan omega-3 yang dapat membantu meningkatkan produksi energi tubuh dan otak.

Menu sahur yang disarankan adalah menu lengkap gizi dengan protein dan serat yang cukup,mengandung lemak baik, seperti telur organik.

Cukup menggorengnya dengan extra virgin olive oil atau direbus, menjadikan telur organik teman makanan sahur yang baik untuk mempersiapkan diri beraktivitas selama puasa.

Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan 2 sumber makanan penuh lemak baik yang dapat dengan mudah dijumpai oleh Sahabat Sehat. Duo makanan ini memiliki segudang manfaat lemak baik untuk tubuh lho!

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung makanan tinggi serat, sumber vitamin, mineral, serta omega-3 yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengontrol regulasi hormon.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki kadar protein yang tinggi yang mampu memberikan cukup energi untuk Anda beraktivitas dan membantu dalam pembentukan otot.

Tak hanya itu, sifat alami kacang-kacangan dan biji-bijian yang bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh menjadikan kedua jenis makanan ini ramah terhadap kesehatan jantungmu. Jadi, jangan lupa selipkan kacang-kacangan dan biji-bijian dalam menu makanan sahur-mu yaa, Sahabat Sehat!

 

Healthy Oil

Ada beberapa pilihan minyak yang mengandung lemak baik untuk tubuh dan bisa Sahabat Sehat gunakan saat memasak makanan sahur. Virgin coconut oil dan minyak zaitun merupakan pilihan minyak sehat yang dapat digunakan lho!

Virgin coconut oil mengandung hampir 100 persen lemak. Meskipun begitu, lemak pada VCO memiliki struktur berbeda dengan lemak minyak kelapa kebanyakan. VCO dinilai mampu mencegah rasa lapar. 

Mengapa? Padahal VCO-kan lemak. Hal ini tentu berkaitan dengan peningkatan konsentrasi keton yang memberikan efek samping penurunan nafsu makan secara signifikan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung lemak baik yang dapat meningkatkan kandungan nutrisi makanan kamu. Sehingga makanan yang kamu konsumsi akan jauh lebih bernutrisi dan membantu tubuh mendapatkan lemak baik untuk menjalankan aktivitas saat berpuasa.

Nah, itulah asupan lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh agar Sahabat Sehat dapat tetap beraktivitas saat puasa. Jangan lupa penuhi kebutuhan #SehatSekarang -mu hanya dengan berbelanja di sesa.id!