fbpx
Skip to content
Home » Blog » Berikut Jenis Udang Laut Sehat dan yang Aman Dikonsumsi

Berikut Jenis Udang Laut Sehat dan yang Aman Dikonsumsi

jenis udang laut

Ada berbagai jenis udang laut yang sehat, aman dikonsumsi, serta menjadi santapan favorit pecinta seafood. Hewan laut ini dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan lezat dengan cara ditumis, digoreng, atau dibakar.

Dalam satu ekor udang mengandung kalsium, protein, lemak omega. Meskipun aman dikonsumsi, bagi beberapa orang yang memiliki masalah kolesterol sebaiknya tidak banyak mengonsumsinya. Sebab kandungan kolesterol dalam udang juga cukup tinggi.

Perlu diketahui bahwa tidak semua udang aman diolah untuk kemudian dikonsumsi. Jadi Sahabat Sehat harus memilah dahulu mana udang yang baik untuk dihidangkan sebagai makanan sehat bagi keluarga.

BELANJA UDANG SEGAR DAN SEAFOOD LAINNYA DI SESA.ID

Kandungan dalam Udang yang Baik Bagi Tubuh

Udang merupakan makanan laut yang mengandung protein tetapi rendah lemak. Lemak dalam jenis udang laut umumnya adalah lemak tidak jenuh sehingga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik pada darah.

Jika mengonsumsi udang dalam porsi yang seimbang, maka seafood ini mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan mineral dalam daging udang terdiri dari kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, dan vitamin E.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Scallop? Atau Kerang Simping yang Banyak Diminati Orang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa udang mengandung asam lemak omega-3. Kandungan ini secara alami mampu meminimalisir peradangan maupun risiko penyakit jantung. Sebaiknya mengonsumsi sekitar 8 ons udang dalam seminggu.

Bahkan kandungan yodium yang tinggi dalam jenis udang laut akan berinteraksi dengan kelenjar tiroid agar mempercepat aktivitasnya. Sehingga yodium tersebut bisa meminimalisir risiko terkena penyakit gondok ataupun gangguan autoimun.

Udang Vaname

Udang Vaname Sisa Ekor

Jenis Udang Laut Sehat dan Aman Dikonsumsi

Setelah memahami kandungan dalam berbagai kandungan dalam udang, tentunya Sahabat Sehat semakin yakin untuk membuat olahan udang sehat di rumah. Berikut ini adalah jenis – jenis udang sehat serta aman untuk dikonsumsi.

  1. Rebon/Ebi

Udang rebon memiliki ukuran paling kecil daripada jenis udang laut lainnya, yaitu sekitar 2 – 3 cm. Warnanya bening, sering diolah untuk bahan terasi, abon, kerupuk, botok, rempeyek, hingga sambal udang.

BACA JUGA: Ciri Ciri Daging Ayam Segar dan yang Aman Dikonsumsi

  1. Udang Putih/Jerbung

Ciri – ciri udang jerbung adalah kulitnya tipis, licin, berwarna putih agak kekuning – kuningan, teksturnya cenderung padat. Panjang udang putih ini mencapai 20,32 cm. Dapat diolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, digoreng.

Jenis udang laut ini banyak dijadikan sebagai hidangan bergizi di rumah makan seafood. Dikenal karena rasanya manis, klasik, padat, serta prosesnya mudah dibersihkan. Udang Jerbung ini mudah ditemui di pasaran.

Udang Jerbung

Udang Jerbung

  1. Udang Peci

Varian lain dari udang jerbung adalah udang peci yang berwarna putih gelap dan ada bintik hitamnya. Ukurannya kecil, sering dijadikan bahan pelengkap pada olahan bakwan, rempeyek, atau digoreng biasa menggunakan tepung.

Selain sebagai bahan pelengkap, udang peci juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari udang peci goreng atau ditumis asam manis.

BACA JUGA: Inilah 9 Makanan Antioksidan Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Pencet/Windu/Tiger Shrimp

Udang pencet atau tiger shrimp memiliki ciri kulit tebal, keras, berwarna hijau atau merah, ada garis melintang berwarna gelap. Jenis udang laut ini ukurannya besar sehingga cocok diolah menjadi tempura udang.

Selain itu, tiger shrimp banyak dijadikan sebagai menu masakan udang bakar madu, kari udang, hingga sate udang. Tidak kalah lezat, olahan terkenal tiger shrimp lainnya adalah saus mentega serta asam manis.

  1. Udang Kipas/Sikat

Jenis udang selanjutnya yang aman dikonsumsi adalah udang kipas. Bentuknya sekilas mirip seperti lobster, tapi ukurannya lebih kecil, kulitnya lunak tapi agak kasar. Banyak diolah menjadi bumbu balado atau saus padang.

  1. Vaname/Whiteleg

Vename atau whiteleg dipatok dengan harga lebih mahal daripada jenis udang laut sebelumnya. Walaupun harganya relatif tinggi, faktanya selalu laris di pasaran. Cirinya adalah berwarna putih, ada corak kebiru – biruan.

Udang vaname juga akrab disebut sebagai udang raja atau udang outih pasifik. Sahabat Sehat bisa mengolahnya menjadi hidangan udang goreng biasa, dibumbu balado, sup, atau pelengkap menu makanan lainnya.

Udang Vaname Fresh

Udang Vaname Fresh

  1. Udang Flower

Sesuai namanya, udang flower ini memiliki corak kaki layaknya bunga dengan warna merah muda, sementara tubuhnya berwarna kuning kecokelatan. Olahan lezat dan terkenal dari udang flower adalah ditumis bersama jamur.

  1. Dogol/Pink Shrimp

Jenis udang laut berikutnya yaitu dogol atau pink shrimp karena warna kulitnya merah muda agak kekuningan. Disebut udang salad karena ukurannya tidak begitu besar, sehingga bisa dijadikan sebagai pelengkap salad.

  1. Udang Ronggeng

Sekilas, bentuk udang ronggeng mirip seperti lobster, namun keduanya berbeda. Saat mentah, udang ronggeng berwarna hitam atau abu – abu polos. Sedangkan lobster, corak maupun motifnya sangat mencolok saat masih mentah.

Selain itu, bentuk udang ronggeng jauh lebih pipih dan memanjang. Udang ronggeng paling banyak diolah menjadi sambal asam pedas atau digoreng biasa kemudian disantap bersama nasi.

Udang laut sehat harus dibeli dari tempat bersih agar kandungan dalam dagingnya tetap terjaga. Pastikan pengolahannya dilakukan dengan benar, sehingga jenis udang laut di atas bisa menjadi hidangan lezat juga bergizi.

  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-manfaat-makan-udang/
  • https://www.merdeka.com/jabar/7-jenis-udang-laut-yang-bisa-dikonsumsi-enak-dan-bergizi-tinggi-kln.html
  • https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/jenis-udang-laut-yang-bisa-dimakan

 

Sumber gambar:

freepik.com

sesa.id