Home » Blog » Simak 4 Nama Penyakit Akibat Kurang Minum Air Putih

Simak 4 Nama Penyakit Akibat Kurang Minum Air Putih

akibat kurang minum air putih

Minum air putih dengan jumlah yang cukup merupakan hal yang wajib Sahabat Sehat lakukan untuk membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Namun, apa jadinya jika Sahabat Sehat kurang minum air putih? Nama penyakit akibat kurang minum air putih di bawah ini perlu diwaspadai. 

Dehidrasi merupakan cikal bakal munculnya suatu penyakit akibat kurang minum air putih. Jika tubuh Sahabat Sehat kekurangan cairan, maka akan menyebabkan dehidrasi yakni keadaan dimana tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak dari yang masuk. Berikut informasi lengkap yang wajib diketahui.

Fungsi Air Putih Bagi Tubuh

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penyakit yang dapat dipicu karena kurang minum air putih, ada baiknya Sahabat Sehat memahami fungsi air putih bagi tubuh terlebih dahulu. Dengan begitu, Sahabat Sehat akan mendapatkan gambaran pentingnya untuk meminum air putih yang cukup. 

Fungsi air putih bagi tubuh yakni:

  1. Melepas dahaga
  2. Terhindar dari masalah sistem pencernaan
  3. Zat yang mengatur suhu tubuh
  4. Zat katalisator
  5. Zat pelarut dalam tubuh
  6. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Dengan mengetahui fungsi-fungsi air putih bagi tubuh diatas, mungkin Sahabat Sehat sudah mengerti mengapa air putih sangat penting untuk kesehatan. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan fungsi-fungsi penting ini, kemudian mengalami berbagai masalah kesehatan. 

Nama Penyakit Akibat Kurang Minum Air Putih

Orang yang kekurangan cairan dalam tubuhnya akan mengalami dehidrasi dan memicu permasalahan-permasalahan kesehatan lainnya. Mulai dari masalah kesehatan ringan seperti susah BAB hingga yang berat. 

Jika masalah penting ini masih diabaikan, maka waspadai masalah kesehatan serius yang dapat mengintai. Berikut nama penyakit akibat kurang minum air putih yang kami rangkum untuk Sahabat Sehat. 

Sembelit

Jumlah air putih yang Sahabat Sehat minum sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ pencernaan. Jika Sahabat Sehat kurang minum air putih, permasalahan sembelit atau susah Buang Air Besar siap mengintai. 

Pada dasarnya, sembelit merupakan gangguan susah BAB yang disebabkan oleh feses yang mengeras sehingga sulit dikeluarkan. Akar dari penyebab feses yang susah dikeluarkan tersebut adalah kurangnya cairan dalam tubuh sehingga berpengaruh terhadap proses pembuangan feses.

Agar Sahabat Sehat terhindar dari sembelit, Sahabat Sehat harus mulai meminum air putih dengan jumlah yang cukup sesuai yang disarankan oleh pakar kesehatan. 

Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan gangguan kesehatan pada ginjal yakni terjadi pembentukan urin menjadi padat berbentuk Kristal. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya cairan sehingga menyebabkan tertimbunnya kalsium pada jaringan ginjal.

Jika kebiasaan minum air putih yang kurang terus berlanjut, maka timbunan-timbunan kalsium tersebut akan terus bertambah dan membentuk Kristal dan akhirnya menyebabkan terjadi penyumbatan. Lalu terjadilah pembentukan batu pada kantung kemih yang telah terinfeksi.

Diabetes

Seseorang yang kurang minum air putih akan merasakan gejala dehidrasi sehingga membuat penderitanya cenderung ingin meminum minuman yang mengandung gula yang tinggi. Mengapa demikian?

Tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah glikogen menjadi glukosa, sehingga berdampak pada kecenderungan ingin meminum minuman manis yang lama kelamaan akan memicu penyakit diabetes. 

Nyeri Sendi

Apakah Sahabat Sehat tahu bahwa sendi, terutama tulang rawan dan tulang cakram belakang membutuhkan asupan cairan yang banyak? Fakta ini menunjukkan bahwa meminum air yang cukup akan mencegah terjadi gejala pada sendi.

Dengan minum air putih yang cukup, Sahabat Sehat telah mencoba memenuhi kebutuhan sendi-sendi, sehingga tidak terjadi pergesekan antar tulang-tulang. Dengan sendi yang sehat, Sahabat Sehat dapat beraktivitas dengan bebas tanpa gangguan nyeri sendi yang mengganggu. 

Setelah memahami pentingnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kini Sahabat Sehat harus bisa mulai mengatur asupan air putih yang cukup agar tidak dehidrasi dan memicu penyakit serius. 

Agar kebutuhan cairan Sahabat Sehat selalu terjaga, Sahabat Sehat dapat memilih Hydra Thera Drinking Water 2 L (sesa.id) yang dapat membantu mencukupi kebutuhan tersebut. 

Referensi: Masandy, Jeda

Gambar oleh Pixabay dari Pexel