Home » Blog » 8 Manfaat Terapi Minum Air Hangat Saat Pagi Hari, Bagus untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Terapi Minum Air Hangat Saat Pagi Hari, Bagus untuk Kesehatan Tubuh

terapi minum air hangat

terapi minum air hangat – Air hangat mampu menghidrasi hingga menghilangkan racun dalam tubuh. Beberapa pengobatan kuno bahkan percaya bahwa memulai hari dengan minum air hangat dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Tak heran, para ahli menyarankan untuk menerapkan terapi minum air hangat setiap pagi. Sahabat Sehat juga bisa menambahkan irisan lemon agar rasanya lebih segar. Berikut manfaat terapi air hangat saat pagi hari yang bisa Sahabat Sehat dapatkan.

Melancarkan Pencernaan

Minum air hangat di pagi hari ketika perut kosong diyakini mampu membantu proses pencernaan. Air hangat memiliki efek vasodilator, yakni dapat melebarkan pembuluh darah dan merangsang aliran darah agar bergegas menuju usus.

Selain itu, membiasakan terapi minum air hangat setiap pagi membuat tubuh menjadi lebih optimal dalam menyerap nutrisi penting dari makanan.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Sebagian orang merasa terganggu saat mengalami hidung pilek di pagi hari. Solusinya, Anda dapat minum air hangat.

Uap hangat yang timbul dari air panas mampu melegakan sakit kepala karena hidung tersumbat. Anda dapat menggunakan uap tersebut untuk melegakan hidung tersumbat. Pasalnya, suhu yang lebih tinggi dapat melancarkan laju perjalanan lendir.

Anda juga dapat minum air hangat ketika mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir di kerongkongan.

Menurunkan Berat Badan

Terapi minum air hangat dipercaya bisa melunturkan cadangan lemak dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan. Saat minum air hangat, tubuh dapat menurunkan suhu internalnya dan meningkatkan metabolisme.

Anda juga bisa mencampurkan lemon atau madu ke dalam air hangat. Pasalnya, lemon mengandung serat pektin yang dapat mengontrol rasa lapar.

Mengatasi Sembelit

Permasalahan perut yang banyak dialami akibat kurang air adalah konstipasi. Konstipasi terjadi karena adanya penumpukan kotoran pada usus sehingga mengurangi kerja saluran usus besar.

Konstipasi ini membuat seseorang sulit buang air besar bahkan terasa menyakitkan bagi sebagian orang.

Untuk mengatasinya, Sahabat Sehat dapat mencoba terapi minum air hangat setiap pagi untuk mengobati konstipasi dan meningkatkan kinerja usus besar. Minum air hangat dapat membantu usus berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Air hangat berperan penting untuk meredakan rasa sakit dan nyeri saat haid. Minum air hangat saat menstruasi akan membantu menenangkan dan melegakan otot perut sehingga mengurangi kram.

Mengurangi Stres

Mengonsumsi air hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat. Hal ini membuat otak menjadi lebih rileks dan bisa mengontrol rasa panik sepanjang hari.

Lakukanlah terapi minum air hangat setiap pagi untuk meredakan stres dan cemas yang berlebihan.

Mengurangi Gejala Gangguan Pernapasan

Alergi mudah kambuh saat pagi hari karena faktor suhu udara. Mulai dari pilek hingga bersin-bersin. Untuk mengurangi hal tersebut, Sahabat Sehat bisa minum air hangat setiap pagi.

Pasalnya, air hangat mampu membuat pernapasan lebih “lega” dan membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan.

Mencegah Penuaan Dini

Racun yang ada dalam tubuh dapat membuat penuaan menjadi lebih cepat. Selain itu, tumpukan berbagai jenis racun yang ada di tubuh seseorang juga bisa meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit berbahaya.

Untuk itu, Sahabat Sehat dapat minum air hangat setiap pagi agar racun bisa larut dan dibuang secara alami oleh tubuh. Dengan terapi minum air hangat, sel-sel kulit akan diperbaiki sehingga elastisitasnya terjaga.

Manfaat minum air hangat sangatlah beragam. Karena itu, jangan ragu untuk rutin minum air hangat setiap hari, khususnya saat bangun tidur.

Sahabat Sehat bisa pilih Hydra Thera Drinking Water untuk memenuhi cairan tubuh setiap hari. Dengan begitu, Sahabat Sehat dapat merasakan tubuh menjadi lebih fit, fresh dan bugar.

Referensi: Kompas