Home » Blog » 4 Panduan Minum Air Putih Untuk Diet

4 Panduan Minum Air Putih Untuk Diet

minum air putih untuk diet

Sahabat Sehat pasti sudah mengetahui bahwa air putih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah Sahabat Sehat tahu bahwa air putih juga mampu menurunkan berat badan? Dengan mengikuti panduan aturan minum air putih untuk diet, Sahabat Sehat akan mendapatkan berat badan yang ideal.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan bantuan air putih, Sahabat Sehat tidak dapat melakukannya sembarangan. Ada beberapa aturan atau panduan yang dapat Sahabat Sehat ikuti. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Sahabat Sehat.

Panduan Minum Air Putih Untuk Diet

Meskipun air putih dikenal sebagai minuman paling sehat yang dibutuhkan oleh tubuh, bukan berarti Sahabat Sehat boleh meminumnya kapan saja secara berlebihan. Minum air putih secara berlebihan akan menyebabkan overhidrasi sehingga tidak baik bagi kesehatan, apalagi di saat diet.

Lalu, bagaimana aturan minum air putih yang baik? Tentu dengan meminumnya dalam jumlah yang cukup. Tidak berlebih dan tidak kurang. Selain itu, terdapat beberapa hal penting lainnya yang perlu Sahabat Sehat perhatikan agar diet yang sedang dilakukan sukses.

2 Gelas Air Putih Ketika Bangun Tidur di Pagi Hari

Ketika bangun tidur di pagi hari, perut kekurangan cairan. Selain itu, perut sedang dalam keadaan kosong karena makanan semalam yang telah dicerna. Dalam keadaan seperti ini, Sahabat Sehat perlu minum air putih untuk menambah cairan dan mendapatkan rasa kenyang.

Dengan demikian, Sahabat Sehat tidak akan memilih sarapan sembarangan dalam jumlah yang banyak, karena Sahabat Sehat telah merasa cukup kenyang dengan air putih.

Selain efek rasa kenyang yang akan mengontrol makanan, minum air putih ketika bangun tidur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit, dapat membersihkan ginjal dan usus, serta melancarkan sistem pencernaan.

3 – 4 Liter Air Putih dalam Sehari

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa air putih yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Jika mengonsumsi air putih secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan, begitupun jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu sedikit.

Maka dari itu, ahli kesehatan menyarankan setiap orang untuk meminum air putih kira-kira 4 liter dalam sehari. Terutama jika Sahabat Sehat sedang diet, minumlah air putih kurang lebih 4 liter dalam sehari.

Minum 4 liter air putih dalam sehari akan membantu melarutkan racun dan lemak yang akan dikeluarkan melalui air seni.

Untuk memastikan bahwa Sahabat Sehat meminum air yang cukup, usahakan membuat takaran dengan menggunakan gelas atau Sahabat Sehat dapat meminum air mineral yang telah memiliki takaran yang jelas, salah satunya adalah Drinking Water Hydra Thera 2 L.

Detoks Air Putih

Beberapa tahun belakangan, mungkin Sahabat Sehat sering mendengar istilah detox dengan air putih. Sebenarnya, apa itu detox dengan air putih dan apa manfaatnya?

Seperti namanya, melakukan detoks dengan air putih akan mendetoksifikasi atau membuang racun-racun di dalam tubuh. Dengan melakukan metode ini, Sahabat Sehat dapat merasakan badan yang terasa lebih segar dan sehat.

Detoks air putih dapat dilakukan dengan menambahkan berbagai buah yang telah dipotong-potong ke dalam air putih. Sahabat Sehat dapat menambahkan buah lemon, jeruk, timun, dan buah lainnya.

Air Putih Sebelum Makan

Salah satu aturan ampuh minum air untuk diet adalah dengan selalu sedia air putih sebelum makan. Dengan meminumnya sebelum makan siang atau malam, cara ini akan membantu Sahabat Sehat dalam mengendalikan nafsu makan.

Disebutkan bahwa jika Sahabat Sehat rutin melakukan cara ini setiap harinya, Sahabat Sehat dapat mengurangi konsumsi kalori sekitar 27.000.

Itulah beberapa aturan yang dapat Sahabat Sehat ikuti jika ingin merasakan manfaat air putih untuk mengurangi berat badan. Perlu diingat bahwa minum air putih untuk diet memang sangat membantu, namun Sahabat Sehat harus tetap berolahraga dan menjaga asupan pola makan.

Referensi: Dietsehat, IDNTimes

Gambar oleh Vidmir Raic dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.