Home » Blog » Keunggulan dan 3 Tips Memilih Alat Pengupas Kentang

Keunggulan dan 3 Tips Memilih Alat Pengupas Kentang

alat pengupas kentang

alat pengupas kentang – Ketika hendak mengolah kentang, apakah Anda tim mengupas kulit dengan alat pengupas kentang atau tim mengolah kentang tanpa mengupas kulit? Keduanya pasti memiliki alasan dan preferensi masing-masing sesuai dengan selera maupun kebutuhan mereka.

Kelebihan Memakai  Alat Pengupas Kentang

Alat kupas kentang biasa dipakai untuk mengupas kentang dan jenis buah kupas lainnya dengan cara yang lebih praktis dibandingkan dengan hasil kupas pisau dapur. Untuk skala produksi, pemilik usaha makanan olahan kentang lebih memilih pengupas kentang berbentuk mesin dengan kapasitas besar.

Selain dikenal mampu mengupas kentang dalam jumlah banyak, sistem kerjanya juga telah diatur secara otomatis agar dapat mengupas sejumlah banyak kentang dalam waktu yang singkat. Penggunaan mesin pengupas kentang ini tentu saja sangat membantu efisiensi produksi.

Tak hanya digunakan oleh pelaku usaha makanan berbahan kentang, alat pengupas kentang berupa mesin peeler ini juga biasa ditemukan dalam usaha catering , restoran, hingga dapur hotel.

Selain karena alasan kebutuhan kentang kupas yang melimpah di waktu yang cepat, mengupas kentang dengan bantuan alat dapat menghasilkan kupasan yang seragam, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, serta hasil kupas yang lebih bersih.

Tips Memilih Alat Pengupas Kentang yang Baik

Banyak produk pisau kupas kentang atau buah yang beredar pasti membuat Sahabat Sehat bingung dengan alat mana yang paling pas dengan kebutuhan di dapur rumah. Tak perlu khawatir karena disini akan ada beberapa tips yang dapat membantu memilih pisau kupas untuk buah dan kentang.

Pilih Sesuai Mata Bilahnya

Ada dua jenis mata pisau dalam alat peeler, yakni stainless steel dan keramik. Mata pisau stainless steel memiliki ketajaman yang lebih baik sementara yang berbahan keramik dikenal lebih tahan lama dan anti karat.

Pilih Tipe T

Pisau kupas tipe T lebih ideal untuk mengupas buah maupun sayur dengan bentuk lonjong seperti kentang. Pisau kupas tipe T juga didukung dengan gagang yang lebar jadi lebih mudah untuk digenggam.

Pilih Alat Kupas yang Mudah Dibersihkan

Sebelum membeli, cek terlebih dahulu apakah alat pengupas kentang atau buah yang Sahabat Sehat pilih memiliki desain dan bentuk yang mudah dicuci. Karena kebersihan adalah hal yang penting dalam makanan, pilihlah produk yang mudah dicuci sehingga tidak merepotkanmu kedepan.

Mengupas Kulit Kentang

Mengupas kentang dengan cara manual tak jarang memerlukan waktu penyelesaian yang lama dan hasil kupas yang berbeda-beda. Bahkan tak jarang kulit kentang yang terkelupas terlalu tebal sehingga jumlah daging kentang jadi lebih banyak yang terbuang sia-sia.

Kesampingkan dulu daging kentang yang ikut terkelupas, kulit kentangnya saja sudah sayang jika dibuang begitu saja. Hal ini karena kulit kentang dikenal sebagai sumber serat yang bagus untuk tubuh terutama sistem pencernaan manusia, terlebih untuk kentang organik.

 

Sahabat Sehat sedang butuh kentang organik bersertifikasi? Beli saja di Kentang Organik Sesa dengan dua pilihan variasi yakni 500 gram dan 1 kilogram.

Produk kentang organik Sesa dipelihara dengan sistem pertanian organik melalui bibit berkualitas non gmo (genetic modified organism), serta mengandung lebih banyak mineral dan enzim yang baik untuk metabolisme tubuh Sahabat Sehat.

Ketika hendak mengolah kentang organik dari Sesa, alangkah baiknya untuk tidak mengupas kulit kentang karena kandungan serat di dalamnya sangat tinggi dan sayang jika disia-siakan. Untuk informasi produk selengkapnya, cek situs kami di sesa.id ya Sahabat Sehat.

Referensi : My-best.id, Astromesin
Photo by Polina Tankilevitch from Pexels