Home » Blog » Menjadi Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi, Apa 5 Manfaat Kentang Lainnya?

Menjadi Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi, Apa 5 Manfaat Kentang Lainnya?

apa manfaat kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sering disantap sebagai pengganti nasi. Bahan pakan yang satu ini digemari lantaran mudah diolah menjadi berbagai menu, baik itu pembuka, penutup, maupun sampingan saja. Jika Sahabat Sehat bertanya-tanya, apa manfaat kentang bagi tubuh, artikel ini akan memberikan jawabannya.

Kandungan Gizi Kentang

Selain lezat, kentang juga mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi. Menurut laporan dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gr kentang, terkandung nutrisi sebagai berikut:

Air : 83,4 gr
Protein : 2,1 gr
Karbohidrat : 13,5 gr
Kalsium : 63 mg
Zat Besi : 0,7 mg
Kalori : 62 kcal
Lemak : 0,2 gr
Serat : 0,5 gr
Fosfor : 58 mg
Natrium : 7,0 mg
Tembaga : 0,4 mikrogram
Vitamin B1 : 0,09 mg
Vitamin B2 : 0,10 mg
Vitamin B3 : 1,0 mg
Kalium : 396 mg
Seng : 0,3 mikrogram
Vitamin C : 21 mg

Manfaat Kentang

Pembahasan mengenai apa manfaat kentang memang tidak dapat terlepas dari kandungan nutrisi yang menyehatkan. Setelah mengetahui kandungannya, mari simak daftar manfaat kentang bagi tubuh dibawah ini:

Mengontrol Gula Darah

Dalam kentang, terkandung sejenis pati khusus bernama pati resisten. Sebagai informasi, pati ini tidak dapat pecah atau diserap seutuhnya oleh tubuh manusia.

Sudah banyak penelitian yang mengaitkan kandungan ini dengan manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi resistensi insulin. Jika resistensi insulin rendah, maka kadar gula darah akan lebih seimbang.

Meminimalisir Resiko Penyakit Kronis

Makanan pengganti nasi ini memang sangat kaya akan asam fenolik, karotenoid, dan senyawa flavonoid. Ketiga senyawa ini mengambil peran sebagai antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas di dalam tubuh. Keberadaan radikal bebas dapat merusak sel tubuh Sahabat Sehat, loh.

Bahkan, radikal bebas dapat menimbulkan penyakit kronis bila terus dibiarkan menumpuk. Beberapa penyakit yang bisa terjadi adalah diabetes, kanker, hingga jantung.

Pada tahun 2011 lalu, penelitian dari Nutrition and Cancer mengemukakan bahwa antioksidan dan kentang mampu menekan pertumbuhan sel kanker usus besar dan hati. Untuk meminimalisir resiko penyakit kronis, sebaiknya konsumsi kentang secara rutin dengan cara pengolahan yang sehat.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain mengontrol kadar gula darah, kandungan pati resisten pada kentang juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Saat masuk ke usus manusia, pati resisten akan disantap oleh bakteri baik.

Nantinya, bakteri tersebut akan mengubah pati menjadi suatu asam lemak dengan rantai pendek. Sementara itu, asam lemak inilah yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Beberapa diantaranya adalah meminimalisir resiko peradangan usus besar, memperkuat usus, dan mencegah kanker kolorektal. Tidak hanya itu, asam lemak rantai pendek juga mampu mempercepat pemulihan pasien infeksi usus.

Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi memang banyak diderita masyarakat Indonesia. Dengan mengonsumsi kentang secara rutin, Sahabat Sehat dapat mencegah sekaligus mengatasi darah tinggi. Pasalnya, kentang mengandung banyak kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Kehadiran mineral ini akan merangsang pembuluh darah agar ukurannya melebar. Selain itu, terdapat pula kalsium dan magnesium dalam kentang yang mengambil peran vital dalam mengontrol tekanan darah.

Meningkatkan Fungsi Otak

Keberadaan vitamin B6 pada kentang sangat penting dalam menjaga kesehatan saraf atau neuron. Berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center, vitamin B6 mampu menciptakan bahan kimia untuk otak, seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin.

Dengan demikian, konsumsi kentang secara rutin dapat meminimalisir tingkat stres, depresi, hingga mengatasi gangguan kecemasan. Tidak hanya itu, kentang juga mengandung kalium yang membantu memastikan otak mendapat darah yang cukup.

Nah, sekarang Sahabat Sehat sudah tahu apa manfaat kentang, kan? Meskipun hadir dengan segudang manfaat, Sahabat Sehat tetap tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Apalagi, jika Sahabat Sehat memiliki alergi atau gangguan kesehatan.

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mendapatkan manfaat kentang secara optimal, Sahabat Sehat bisa menggunakan Sesa Kentang Organik.

Referensi: Hellosehat

Gambar oleh congerdesign dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.