Home » Blog » 3 Cara Memilih dan Menggunakan Slicer Kentang dan Bahan Lainnya

3 Cara Memilih dan Menggunakan Slicer Kentang dan Bahan Lainnya

slicer kentang

slicer kentang – Sahabat Sehat sedang ingin makan keripik kentang? Daripada mahal-mahal beli di luar, isinya sedikit dan belum tentu menyehatkan lebih baik buat sendiri di rumah sesuai jumlah dan rasa yang Sahabat Sehat suka. Jika sulit mengiris kentang dengan tipis, gunakan slicer kentang agar lebih praktis.

Apa Itu Slicer Kentang?

Slicer kentang adalah alat untuk memotong kentang secara tipis dengan cepat. Sebenarnya fungsi slicer tidak hanya berlaku untuk kentang saja, tetapi juga dapat diaplikasikan pada berbagai macam bahan makanan yang akan di-slice atau diiris tipis. Contohnya bawang-bawangan, lobak, mentimun, dan jenis bahan makanan lain yang bisa diiris.

Hasil potongan dari slicer umumnya sangat rapi, tipis, dan presisi dibandingkan dengan hasil potongan manual dengan pisau dapur biasa. Memotong bahan makanan dengan slicer dapat dikerjakan dalam waktu yang sangat cepat sehingga sangat cocok untuk orang yang sibuk.

Cara memilih slicer kentang dan untuk jenis bahan makanan lainnya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Tentukan dulu yang cocok dengan gaya memasak Sahabat Sehat dan cari yang sesuai dengan kebutuhan dapur di rumah.

Beberapa poin-poin dibawah ini adalah hal yang perlu Sahabat Sehat perhatikan dalam memilih produk slicer:

  • Memilih pisau slicer dengan lebar sekitar 8 centimeter atau lebih
  • Memilih slicer sesuai dengan fungsionalitasnya
  • Memilih slicer yang dilengkapi dengan pegangan pengaman

Cara Menggunakan Slicer dengan Baik

Penggunaan slicer kentang atau jenis bahan makanan lainnya perlu memperhatikan beberapa langkah agar hasilnya irisannya lebih memuaskan serta tidak menimbulkan suatu petaka. Maka dari itu perhatikan uraian tentang cara memakai slicer yang benar dibawah ini.

Potong Makanan Seukuran Lebar Slicer

Hal pertama ialah, memotong bahan makanan sesuai dengan lebar slicer yang digunakan. Jika lebar bahan makanan melebihi lebar slicer maka akan mempengaruhi hasil akhir irisan yang tak sesuai dengan harapan.

Memotong bahan makanan agar sama lebarnya dengan slicer akan memudahkan Sahabat Sehat dalam mengiris makanan dengan lancar.

Hentikan Proses Slicing Jika Bahan Sudah Mengecil

Hal kedua, hindari melanjutkan proses slicing jika bahan yang telah diiris sudah mulai menipis atau mengecil karena dikhawatirkan akan melukai jari Sahabat Sehat.

Jika ingin tetap lanjut mengiris, sebaiknya gunakan alat pengaman agar tangan Sahabat Sehat lebih aman. Meski demikian, cara ini sebenarnya juga tidak disarankan. Hentikan proses slicing jika bahan sudah tidak memungkinkan lagi untuk diiris, demi keamanan diri sendiri.

Potong Bahan Makanan berdasarkan Arah Seratnya

Hal yang ketiga, iris bahan makanan dengan petunjuk arah seratnya. Slicing dapat dilakukan dengan cara searah maupun berlawanan dengan arah serat. Cara ini berlaku untuk bahan makanan dengan alur serat yang jelas seperti bawang bombay, kubis, mentimun, dan lain-lain.

Sebagai slicer kentang, pemotongannya dapat dilakukan dengan bebas karena struktur dagingnya halus dan tanpa alur serat. Irislah kentang dengan tekanan yang pas, tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu ditekan agar ketebalan hasil irisannya seragam.

 

Sahabat Sehat sedang butuh kentang organik tersertifikasi? Beli saja di Kentang Organik Sesa. Ada dua pilihan variasi yakni 500 gram dan 1 kilogram.

Produk kentang organik Sesa dipelihara dengan sistem pertanian organik melalui bibit berkualitas non GMO (genetic modified organism), serta mengandung lebih banyak mineral dan enzim yang baik untuk metabolisme tubuh Sahabat Sehat.

Untuk informasi produk selengkapnya, cek situs kami di sesa.id. Dapatkan harga terbaik untuk kualitas produk yang bermutu tinggi.

Referensi : My-best.id