Home » Blog » Selamatkan Bumi, Berikut 4 Fakta Dibalik Apa Itu Vegan Beauty!

Selamatkan Bumi, Berikut 4 Fakta Dibalik Apa Itu Vegan Beauty!

apa itu vegan beauty

Sahabat sehat, kemunculan produk kecantikan sangat membantu seseorang untuk menunjang penampilan agar semakin menarik dan menawan. Kebanyakan kaum hawa rela menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mendapatkan “kecantikan”. Tak jarang, hal tersebut membuat seseorang gelap mata tanpa mempertimbangkan pengaruh bagi diri sendiri bahkan lingkungan.

Vegan beauty menjadi konsep kecantikan terkini untuk mengatasi permasalahan tersebut. Manfaatnya, selain kulit cantik secara alami, juga tak menimbulkan dampak buruk serius bagi lingkungan. Oleh sebab itu, penting mengetahui apa itu vegan beauty.

Mengenal Apa Itu Vegan Beauty

Trend vegan semakin digemari masyarakat yang mulai peduli kesehatan dalam segala aspek kehidupan, salah satunya menjaga kesehatan kulit tubuh sekaligus menjaga lingkungan. Sadarkah Anda bila umumnya produk kecantikan memiliki kandungan berasal dari hewani? seperti sarang lebah, kolagen babi, minyak kuda, lendir siput dan lain sebagainya. Rupanya hal tersebut dianggap mengancam kehidupan hewan, ditambah lagi dengan proses ekstraksi yang dirasa tak lazim dilakukan.

4 Fakta Dibalik Trend Vegan Beauty

Mari, lebih jauh memahami fakta dibalik trend produk kecantikan yang sedang jadi topik hangat di kalangan wanita.

Cocok Untuk Kulit Sensitif

Seseorang dengan kulit sensitif tentu sangat sulit menemukan produk perawatan kulit yang cocok, sebab kulit mudah iritasi bila salah memilah komposisi pada label produk. Tapi tidak bagi vegan beauty skincare, pasalnya produk satu ini menggunakan komposisi yang sangat aman, seperti minyak atau ekstrak tumbuhan.

Ekstraksi tumbuhan yang dilakukan tergolong sangat aman tanpa bahan tambahan khusus yang mengiritasi kulit. Jenis tumbuhan yang dipilih juga tak asal, pastinya telah melewati berbagai uji klinis sebagai pembukti bahwa tumbuhan tersebut aman dan memiliki aktivitas perawatan kulit manusia.

Hindarkan dari Paparan Bahan Kimia

Menggunakan seratus persen bahan alam tumbuhan, tentu vegan beauty bebas zat kimia seperti methyl paraben, phthalates, hydroquinone dan parfum sintetik. Bahan-bahan kimia tersebut telah diteliti memiliki efek samping mengiritasi kulit bilang digunakan terus-menerus, terlebih pada jenis kulit sensitif akan semakin parah.

Sahabat sehat tak perlu lagi khawatir akan besar kecilnya efek samping produk perawatan kulit, dijamin aman, deh!

Healthy Skin

Formulasi yang mengandalkan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan utama alami dan aman membuat kulit semakin sehat karena ternutrisi dengan baik. Kebaikan ekstrak tumbuhan memiliki kandungan seperti vitamin dan mineral yang diperlukan kulit untuk regenerasi sel baru hingga mempertahankan kolagen agar kulit selalu tampak kenyal dan berseri.

Jaga Bumi

Selain faktor pengurangan produk berasal dari hewan, vegan beauty mengusung konsep yang mengedepankan 3R (reduce, reuse, recycle), sehingga beberapa produk lebih ramah lingkungan, sebab menggunakan proses ekstraksi tumbuhan dengan mempertimbangkan efek pencemaran lingkungan. Melakukan reboisasi atau budidaya kultur pada beberapa tanaman yang digunakan sebagai bahan baku utama.

Di tengah kejadian pemanasan global yang terjadi beberapa dekade terakhir, membuat kita wajib berlomba-lomba mengurangi penyebabnya, salah satunya penggunaan zat kimia pada beberapa produk kecantikan dan pembersih. Jaga bumi dengan menggunakan produk berbasis non-iritatsi dan non-toksik sehingga pencemaran lingkungan dapat semakin ditekan.

Sahabat sehatku tentu sekarang memahami fakta dibalik apa itu vegan beauty yang ternyata berperan besar bagi diri sendiri dan orang lain. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, ambil langkah kecil untuk dampak besar di sini!

 

Referensi: Bisnis.com

Gambar oleh Monfocus dari Pixabay