Home » Blog » Cek 6 Manfaat Kentang Rebus untuk Maag

Cek 6 Manfaat Kentang Rebus untuk Maag

manfaat kentang rebus untuk maag

Banyak orang yang tidak tahu bahwa kentang rebus ternyata jauh lebih sehat dibanding kentang goreng. Kentang rebus bahkan bisa menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya maag. Manfaat kentang rebus untuk maag akan dijelaskan lebih rinci pada artikel berikut.

Mungkin sebagian dari Sahabat Sehat bingung dan bertanya-tanya, “kok bisa kentang rebus bisa menyembuhkan maag?” Hal ini karena kentang memiliki tekstur yang padat namun tetap lembut.

Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai camilan atau makanan pokok yang sehat. Terutama untuk organ pencernaan, seperti lambung dan usus.

Manfaat Kentang Rebus untuk Maag

Jika Sahabat Sehat adalah penderita maag, maka wajib membaca manfaat kentang rebus untuk maag berikut ini:

Menetralisir Asam Lambung

Ternyata, kentang memiliki kandungan zat alkaloid di dalamnya. Zat ini sangat ampuh untuk bisa menurunkan kadar asam dalam lambung yang berlebihan. Asam lambung berlebih merupakan penyebab penyakit maag.

Bahkan untuk mencegah maag, Sahabat Sehat dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang rebus sekitar 30 menit sebelum tidur dan sebelum sarapan. Tentu saja juga disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi tubuh Sahabat Sehat.

Kaya Akan Vitamin C

Kentang merupakan makanan yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit dari peradangan internal dan eksternal. Kentang rebus memiliki tekstur yang begitu lembut, tinggi vitamin C dan tentu saja mudah dicerna oleh lambung dan usus.

Maka dari itu, kentang rebus dapat memperbaiki jaringan yang sudah rusak dalam organ pencernaan. Kerusakan jaringan inilah yang notabene dapat mengakibatkan penyakit maag sering kambuh.

Memiliki Kandungan Anti Bakteri

Kentang yang tinggi vitamin C dan B serta kalium dipercaya mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada lambung dan sistem pencernaan.

Hal ini karena kentang memiliki molekul anti basil yang mampu mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya maag. Zat ini juga mampu menekan pertumbuhan bakteri buruk yang dapat memperparah gejala maag.

Meredakan Nyeri Ulu Hati

Dengan mengkonsumsi kentang rebus secara teratur, maka rasa sakit yang dari gejala maag seperti perih dan panas akan semakin ringan seiring berjalannya waktu. Salah satu yang dapat meredakannya adalah kandungan vitamin C di dalamnya.

Meredakan Mual dan Muntah

Saat maag kambuh seringkali terjadi merasa mual dan ingin muntah. Oleh karena itu, mengonsumsi kentang rebus sangat dianjurkan. Tingginya kandungan vitamin C dalam kentang merupakan antioksidan penting untuk meredakan mual dan muntah.

Merangsang Gerakan Peristaltik

Kentang mempunyai kandungan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga baik untuk organ pencernaan. Tidak hanya untuk orang dewasa, kentang rebus bahkan baik pula dikonsumsi untuk bayi.

Secara ilmiah, kentang mampu meningkatkan sekresi asam lambung sekaligus merangsang gerakan peristaltik. Hal ini tentu sangat baik karena dapat mencerna makanan yang masuk ke lambung secara sempurna.

Aturan Makan Kentang Rebus

Kentang memiliki karbohidrat cukup tinggi, sehingga Sahabat Sehat perlu mengatur porsinya agar tidak berlebihan saat dikonsumsi. Pasalnya, kelebihan karbohidrat justru dapat menyebabkan obesitas.

Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi kentang rebus sebagai menu harian Sahabat Sehat. Jika Sahabat Sehat ingin menambahkan topping pada kentang rebus, taburkan sedikit garam atau parutan keju mozarella di atasnya agar semakin nikmat.

 

Itulah beberapa manfaat kentang rebus untuk maag. Faktanya, kentang rebus memang ampuh untuk mengatasi masalah maag secara alami dan sehat tanpa efek samping.

Dapatkan kentang organik yang jauh lebih sehat hanya di sesa.id dan dapatkan manfaat kesehatan lainnya secara maksimal dengan harga terjangkau.

Referensi: Manfaat, Kumparan 
Gambar oleh Taken dari Pixabay