Home » Blog » 5 Alasan Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Lebih Baik dan Lebih Sehat

5 Alasan Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Lebih Baik dan Lebih Sehat

minyak zaitun extra virgin olive oil

Minyak zaitun punya beberapa jenis berdasarkan bagaimana proses pembuatannya. Pure olive oil, pomace, light olive oil, extra light olive oil, virgin olive oil dan extra virgin olive oil adalah jenis-jenis minyak zaitun. Dari jenis-jenis minyak zaitun tersebut yang terbaik adalah minyak zaitun extra virgin olive oil (EVOO). 

Mengapa extra virgin olive oil dianggap sebagai jenis minyak zaitun terbaik? Ini dia 5 alasannya

1.  Diambil dari Perasan Pertama

EVOO memiliki kualitas minyak zaitun terbaik karena diproses secara alami dengan teknik cold press. Extra virgin olive oil tidak mengalami proses pemanasan.

Proses pembuatan EVOO  secara alami dengan menekan dan memeras minyak alami dari biji zaitun pilihan. Tidak heran jika harga extra virgin olive oil cenderung lebih mahal dari jenis minyak zaitun lain, karena proses pembuatannya diproses semurni mungkin.

2. Bebas Zat Kimia dan Pengawet

Tidak ada bahan kimia tambahan dan pengawet yang digunakan selama proses pembuatanEVOO. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitasnya tetap murni dan alami.

Warna extra virgin olive oil lebih kehijauan dan jernih, sedangkan minyak zaitun jenis lain berwarna kuning jenih hingga kuning keemasan.

3. Rasanya Alami

Dari segi cita rasa EVOO pun lebih terjaga. Aroma dan cita rasa buah zaitun asli terjaga dalam tiap tetes minyak. EVOO sangat cocok digunakan langsung untuk pelangkap makanan karena cita rasanya yang baik.

EVOO biasa digunakan untuk dressing salad, campuran jus, campuran sup, bisa juga diminum langsung. Sayangnya, EVOOmemiliki titik didih rendah kurang cocok dijadikan minyak untuk menggoreng. 

4. Warna Lebih Jernih

Extra virgin olive oil diambil dari perasan pertama buah zaitun pilihan. Tak heran, jika warna EVOO lebih jernih dan kehijauan alami.

Warnanya yang jernih membuat EVOO menjadi pilihan banyak banyak orang untuk dressing salad dan paduan makanan lain. Hasil makanan yang dipadukan EVOO tak hanya lezat tapi juga tampilannya cantik dan segar. 

5. Nutrisi dan Vitamin Utuh

EVOO diproses dengan teknik terbaik dan sangat dijaga keutuhan nutrisinya. Vitamin, mineral, fenol, antioksidan, dan asam oleat pada virgin olive oil lebih terjaga, karena diolah tanpa proses pemanasan.

Selain sering digunakan dalam makanan, EVOO juga sangat aman dan bermanfaat untuk digunakan pada tubuh. Minyak zaitun extra virgin olive oil bermanfaat menjaga kesehatan organ dalam tubuh, juga menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sayangnya, kini banyak produsen nakal yang menjual EVOO oplosan. Extra virgin olive oil oplosan diproses dengan pemanasan dan tambahan zat kimia. Proses yang tidak sesuai standar extra virgin olive oil membuat kandungan nutrisinya tidak lagi utuh. 

Pastikan Sahabat sehat mendapatkan extra virgin olive oil asli dengan kualitas yang baik agar tidak kehilangan segudang manfaat baiknya. Temukan extra virgin olive oil dengan kualitas baik di SESA.ID.

Referensi: Liputan6, Sehatq 

Gambar oleh Pexels dari Pixabay