Home » Blog » Mengetahui Aturan Minum Air Putih Berapa Liter Sehari? Simak Informasinya

Mengetahui Aturan Minum Air Putih Berapa Liter Sehari? Simak Informasinya

aturan minum air putih berapa liter sehari

Sebagai asupan yang memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air putih harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Namun, apakah ada aturan minum air putih berapa liter sehari?

Secara umum, Sahabat Sehat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 3-4 Liter sehari. Namun, dalam kondisi kesehatan tertentu, atau faktor lainnya seperti usia, aturan minum air mungkin akan berbeda menyesuaikan dengan keadaan kesehatan tubuh.

Bagaimana Aturan dalam Memenuhi Asupan Air Putih?

Seperti yang telah disebutkan di atas, 3 Liter atau sekitar 8 gelas cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh manusia per hari nya. Lalu, apa yang menyebabkan perbedaan kebutuhan asupan air putih?

Kebutuhan asupan air putih setiap orang berbeda satu sama lain. Perbedaan ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca, usia, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya. Sehingga penting bagi Sahabat Sehat untuk memahami kebutuhan asupan cairan tubuh.

Faktor yang Mempengaruhi Asupan Air per Orang

Berikut kami sajikan informasi aturan minum air putih berapa liter sehari berdasarkan kebutuhan Sahabat Sehat yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Kesehatan Fisik

Informasi pertama adalah aturan minum air putih berdasarkan kondisi fisik Sahabat Sehat. Semakin bertambahnya usia, Sahabat Sehat mungkin merasakan kondisi fisik/kesehatan yang menurun pula.

Jika kondisi fisik Sahabat Sehat mulai rentan terkena penyakit, maka Sahabat Sehat harus membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih 4 liter sehari karena tubuh yang kurang fit cenderung membutuhkan cairan yang lebih besar.

Aktivitas Fisik

Faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi kebutuhan air putih yang harus Sahabat Sehat konsumsi adalah aktivitas fisik. Jika Sahabat Sehat sedang berolahraga atau sedang melakukan kegiatan fisik yang ekstra, maka Sahabat Sehat akan membutuhkan asupan air lebih banyak.

Gaya Hidup

Gaya hidup Sahabat Sehat juga mempengaruhi jumlah asupan air putih yang dibutuhkan tubuh. Contoh gaya hidup disini dapat diartikan sebagai lingkungan bergaul Sahabat Sehat.

Jika Sahabat Sehat lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan yang tidak banyak mengeluarkan tenaga, maka Sahabat Sehat tidak perlu mengonsumsi air dalam jumlah 4 Liter. Konsumsi air putih yang berlebihan pada kondisi ini akan menyebabkan cairan terkumpul dalam ginjal.

Sebaliknya, jika Sahabat Sehat banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau banyak menggunakan tenaga fisik, maka tubuh akan membutuhkan asupan air putih yang lebih banyak.

Apakah Asupan Air Putih Sudah Cukup Atau Belum?

Setelah mengikuti aturan minum air putih berapa liter sehari berdasarkan faktor-faktor yang telah disebutkan, maka Sahabat Sehat sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Indikator Asupan Air Putih Sudah Cukup atau Belum

Jika Sahabat Sehat ingin mengetahui lebih lanjut apakah asupan air putih sudah cukup atau belum, Sahabat Sehat dapat mengikuti cara-cara di bawah ini.

Warna Urin

Cara pertama untuk mengetahui apakah asupan air putih sudah cukup atau belum adalah melalui warna urin. Tubuh yang menerima asupan cairan yang cukup akan menghasilkan urin yang berwarna bening atau kuning pucat.

Bagaimana jika urin yang dihasilkan berwarna kuning gelap? Hal tersebut menandakan bahwa asupan air putih Sahabat Sehat belum cukup.

Sistem Pencernaan

Asupan air putih yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan. Jika Sahabat Sehat telah memenuhi asupan air putih yang cukup, Sahabat Sehat akan jarang mengalami kendala Buang Air Besar (BAB), atau bahkan diare.

Namun, jika akhir-akhir ini Sahabat Sehat sering mengalami sembelit, ada baiknya Sahabat Sehat mengatur ulang pola asupan air putih untuk memenuhi asupan cairan tubuh.

Itulah beberapa aturan minum air putih berapa liter sehari yang dapat ditentukan berdasarkan faktor-faktor yang telah dibahas.

Agar asupan air putih terjaga, ada baiknya untuk membawa air minum ketika hendak bepergian. Drinking Water Hydra Thera cocok untuk dibawa bepergian untuk memenuhi asupan air putih Sahabat Sehat.

Referensi: Kompas