Home » Blog » 6 Tips Detox Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

6 Tips Detox Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

detox air putih

Detox air putih- Minum air putih menjadi salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dehidrasi serta kelelahan. Jika Sahabat Sehat merasakan lesu dan kehabisan energi, bisa jadi hal itu karena adanya “penumpukan racun” di dalam tubuh. Maka inilah saatnya untuk melakukan detox air minum.

Biasanya, racun yang menumpuk dalam tubuh dibuang oleh organ pencernaan dan organ lain, seperti hati dan ginjal. Namun, dengan pola makan yang tidak tepat dan gaya hidup yang berantakan, tubuh bisa gagal mengeluarkan racun sepenuhnya dari dalam tubuh.

Peran Air untuk Detox

Minum air adalah cara terbaik dan paling sederhana untuk mendetoksifikasi tubuh. Dengan hidrasi yang tepat, Sahabat Sehat tak hanya meningkatkan pencernaan, tetapi juga memastikan semua racun dalam tubuh dikeluarkan.

Mengapa Air Putih Mampu Detox Tubuh?

Air adalah pelumas alami dan mampu membersihkan usus dengan melunakkan kotoran. Ketika tubuh Sahabat Sehat mengalami dehidrasi, usus besar menjadi kering sehingga menyebabkan sembelit.

Selain itu, fungsi ginjal bergantung pada asupan air yang Sahabat Sehat minum. Ginjal menyaring darah dan mengirimkan cairan limbah ke kandung kemih. Maka dari itu, Sahabat Sehat perlu menjaga kesehatan ginjal dengan mengkonsumsi air putih secara rutin.

Tips Detox Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Berikut sederet tips detox dengan minum air putih:

1. Minum Air Hangat Saat Bangun Tidur

Cara menjaga kesehatan tubuh dengan detox air putih yang pertama adalah minum segelas besar air hangat. Hal ini berfungsi memulai pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Sahabat Sehat juga bisa menambahkan perasan lemon atau menambahkan satu sendok makan madu ke dalam air untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

2. Minum Setidaknya 8 Gelas Air Sehari

Selama menjalani program detox air putih, minumlah delapan gelas air putih dalam sehari. Jangan meneguk air sekaligus, cobalah untuk meminumnya sepanjang hari. Namun perlu diingat, bahwa porsi air putih setiap orang tentu berbeda-beda, bisa kurang atau bahkan lebih dari 8 gelas.

3. Minum Air Hangat

Biasakan minum air hangat daripada dingin. Pasalnya, air hangat meningkatkan sirkulasi sedangkan air dingin memperlambat fungsi berbagai organ. Hal ini karena air yang dingin secara tidak langsung dapat “membekukan” sementara fungsi organ dalam tubuh.

4. Hindari Penggunaan Botol Plastik

Apakah Sahabat Sehat sering menggunakan botol plastik? Sebaiknya, hindari penggunaan botol plastik karena mengandung bahan kimia karsinogenik. Sebagai gantinya, gunakan gelas untuk detox air putih.

5. Hindari Minum Selama Makan

Minum air putih ketika sedang makan akan menghambat sekresi cairan pencernaan. Pastikan untuk minum air sekitar 20 menit sebelum makan. Atau bisa juga beberapa menit setelah makan.

6. Hindari Minum Alkohol

Hindari minum alkohol ketika Sahabat Sehat ingin melakukan detox air putih. Minum alkohol berlebihan dapat mengikis fungsi organ hati. Diantaranya terjadi penumpukan lemak, peradangan di sekitar hati, serta beberapa jaringan sekitar parut.

Ketika hal tersebut terjadi, hati tak dapat berfungsi secara optimal dan melakukan perannya, termasuk dalam hal ini menyaring racun-racun tubuh.

Karena itu, salah satu cara terbaik untuk menjaga detoksifikasi tubuh tetap kuat adalah dengan tidak mengkonsumsi alkohol.

Itulah beberapa tips detox air putih yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Agar proses detox air putih terjaga dan berjalan lancar, ada baiknya untuk selalu sedia air minum dimanapun dan kapanpun. Drinking Water Hydra Thera cocok digunakan untuk memenuhi asupan air putih Sahabat Sehat.

Referensi: Tehelka, Healthline
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.