fbpx
Skip to content
Home » Blog » Karakter Bagian Daging Sapi yang Empuk Ternyata Begini

Karakter Bagian Daging Sapi yang Empuk Ternyata Begini

Apakah Sahabat Sehat sedang mencari tahu bagian daging sapi yang empuk di bagian mana? Jika jawabannya adalah mungkin, maka Sahabat Sehat sedang mengunjungi ke pembahasan yang tepat karena artikel ini akan merangkumnya.

Di Indonesia, masakan dengan menggunakan daging tersebut memang sering dijumpai. Tidak mengherankan jika ada banyak orang Indonesia ingin mencoba untuk memasaknya sendiri.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar daging sapi. Dimulai dari apa manfaatnya, kemudian bagian mana yang enak untuk dimakan, serta masakan olahannya.

DAPATKAN DAGING SAPI GRASS FED DI SESA.ID

Manfaat dan Khasiat Bagian Daging Sapi yang Empuk

Sebelum kita terjun ke pembahasan di bagian utama, kita akan membas mengenai manfaatnya terlebih dulu. Selain rasanya enak, daging sapi mempunyai segudang khasiat untuk tubuh. Mari kita simak apa saja khasiatnya di bawah ini.

1. Bagian Daging Sapi yang Empuk Bisa Menguatkan Tulang dan Gigi

Daging sapi atau biasa dikenal juga dengan beef mempunyai kandungan fosfor. Kandungan tersebut dapat menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, daging ini bisa diolah menjadi banyak masakan.

Bukan hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa juga membutuhkan kandungan fosfor agar tulangnya kuat dan tidak mudah rapuh. Dengan begitu, olahan daging sapi bisa menjadi salah satu pilihan makanan Sahabat Sehat.

Australia Wagyu Teriyaki Beku

Australia Wagyu Teriyaki Beku

2. Menyehatkan Kulit, Rambut, serta Kuku

Selain enak untuk disantap juga ternyata bisa menyehatkan kulit, rambut, serta kuku. Itu disebabkan karena kandungan asam amino di dalamnya mampu membuat ketiga hal tersebut menjadi kuat.

Jadi jika mempunyai masalah seperti rambut rontok, mungkin Sahabat Sehat ingin mencoba olahan ini. Ini juga berlaku bagi Sahabat Sehat yang punya masalah dengan kulit dan kuku.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat selanjutnya adalah mampu membantu dalam pengurangan risiko diabetes. Asam linolenat terkonjugasi beserta L-carnitine ini yang berperan dalam manfaat tersebut.

Tidak sampai situ, kandungan asam tersebut juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin. L-carnitine juga bisa memperbaiki kadar glukosa dalam darah, sehingga dapat bermanfaat untuk pasien diabetes.

4. Memiliki Vitamin

Bukan rahasia lagi jika daging ini mempunyai segudang vitamin serta mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun apa sajakah kandungan dalam daging tersebut?

Selain fosfor, beef mempunyai vitamin lainnya seperti B3, B6, B12, zinc, zat besi, selenium, niasin, taurin, kolesterol, glutathione, serta kreatin. Melihat hal ini, sekarang Sahabat Sehat tahu kalau daging ini benar-benar kaya akan nutrisi.

Black Angus Beef Ribeye Beku

Black Angus Beef Ribeye Beku

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Beef mempunyai kandungan zinc yang mempunyai manfaat memperbaiki jaringan sel rusak dalam tubuh. Dengan begitu, luka pada tubuh Sahabat Sehat bisa pulih lagi dengan cepat. Maka dari itu, mengonsumsi daging sapi dianjurkan bagi manusia.

BACA JUGA: Manfaat Ayam Kampung untuk Tubuh Nutrisi Lebih Tinggi

Inilah Bagian Daging Sapi yang Empuk

Selain kaya akan khasiat, daging ini disukai oleh banyak orang karena tekstur dan tentu rasanya. Setelah membaca apa saja manfaat dari beef, sekarang kita akan membahas tentang beberapa bagiannya.

1. Tenderloin (Has Dalam)

Bagian daging sapi yang empuk pertama adalah has dalam atau biasa disebut juga dengan tenderloin. Mungkin Sahabat Sehat sering mendengar juga istilah sirloin. Dibandingkan sirloin, tenderloin ini lebih lunak.

Bagian ini merupakan bagian punggung dari sapi. Selain empuk, tenderloin juga tidak memiliki lemak. Jadi ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Sahabat Sehat yang sedang ingin makan beef.

Grass Fed Daging Sapi Tenderloin Karakter Bagian Daging Sapi yang Empuk

Grass Fed Daging Sapi Tenderloin

2. Rib (Iga)

Bagian daging sapi yang empuk selanjutnya adalah iga atau rib. Lemak dalam bagian ini memang menempel dengan cukup banyak. Hal tersebut membuat iga atau rib mempunyai rasa yang lebih gurih dan tekstur empuk.

3. Topside (Gandik)

Topside adalah bagian terluar dari paha belakang sapi. Jika Sahabat Sehat ingin mendapatkan bagian padat dengan sedikit lemak, topside, atau gandik ini mungkin bisa jadi pilihan tepat.

4. Oxtail (Buntut)

Oxtail atau buntut adalah bagian daging sapi yang empuk selanjutnya. Oxtail mempunyai tekstur kenyal serta lembut jika diolah dengan benar. Semakin dimasak dengan baik, maka masakannya akan terasa lebih gurih.

5. Brisket (Sandung Lamur)

Terakhir adalah brisket atau bisa disebut juga dengan sandung lamur. Sahabat Sehat mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan yang lain, yaitu tetelan. Brisket merupakan bagian punggung sapi.

BACA JUGA: Bagian Daging Sapi untuk Grill

Masakan yang Biasanya Menggunakan Daging Sapi

Bagi para Sahabat Sehat yang gemar memasak mungkin sudah mengetahui apa saja olahan masakannya. Biasanya beef dapat diolah menjadi masakan seperti rendang, empal, atau dendeng. Untuk ini disarankan untuk menggunakan topside.

Sahabat Sehat juga bisa mengolah bagian daging sapi yang empuk menjadi sup buntut dengan menggunakan oxtail. Sedangkan untuk iga bisa diolah menjadi BBQ, semur, atau soto.

Ada juga brisket, bagian untuk olahan seperti sosis, kornet, serta bakso. Jika ingin membuat olahan masakan lainnya, Sahabat Sehat juga bisa mencari tahu resepnya terlebih dahulu agar lebih pasti dan tepat.

Beef memang mempunyai manfaat serta khasiat yang banyak jika dikonsumsi. Selain itu jika memilih bagian daging sapi yang empuk serta dimasak dengan tepat, tentunya rasanya juga akan nikmat untuk disantap.

https://www.holycowsteak.com/blogs/story/manfaat-makan-daging-sapi

https://www.momsmoney.id/news/lima-bagian-daging-sapi-yang-paling-enak-untuk-disantap