fbpx
Skip to content
Home » Blog » Bagian Daging Sapi untuk Grill

Bagian Daging Sapi untuk Grill

bagian daging sapi untuk grill

Sahabat Sehat yang gemar menyantap hidangan dari sapi perlu mengetahui apa saja bagian daging sapi untuk grill. Daging sapi adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi beragam menu.

Mulai dari rendang, rawon, tongseng, dendeng, sate, steak, dan berbagai olahan lainnya. Salah satu menu yang banyak digemari adalah olahan daging sapi dengan cara grill atau dibakar.

Daging bakar mengeluarkan aroma wangi tersendiri serta menciptakan cita rasa kelezatan khas yang berbeda dari cara memasak lainnya. Daging merah ini cocok dijadikan menu utama saat berkumpul ramai-ramai pada pesta barbeque.

DAPATKAN DAGING SAPI GRASS FED FRESH DI SESA.ID

Pilihan Terbaik Bagian Daging Sapi untuk Grill

Daging sapi terdiri dari banyak bagian yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Sehingga, tidak semua bagian cocok dimasak dengan cara grill.

Grill sendiri adalah pemrosesan makanan yang dilakukan dengan pemanggangan menggunakan panas api secara langsung. Adapun potongan daging sapi yang cocok untuk grill antara lain:

  1. Rib Eye

Rib eye adalah salah satu bagian daging sapi untuk grill yang paling difavoritkan untuk barbeque. Bagian ini diambil dari area tulang rusuk sapi. Terkadang potongan rib eye yang digrill juga mengikutsertakan tulang iganya.

Namun pada dasarnya potongan dengan maupun tanpa tulang sama-sama nikmat rasanya. Rib eye adalah pilihan sempurna untuk menemani momen spesial bersama keluarga maupun sahabat.

Dengan proses grill yang tidak memakan waktu lama, Sahabat Sehat bisa mendapatkan sajian enak dan lezat secara praktis. Karakteristik rib eye antara lain teksturnya sangat empuk dengan lemak tinggi.

Saat dipanggang, rib eye menghasilkan aroma sedap luar biasa yang siap memanjakan hidung dan lidah Sahabat Sehat. Tingkat kematangan yang direkomendasikan untuk bagian daging sapi untuk grill ini adalah medium rare.

Potongan rib eye dengan ketebalan 1 inchi memerlukan proses grill sekitar 9-12 menit. Sedangkan untuk ketebalan 1,5 inch bisa digrill selama 12-15 menit.

Grass Fed Daging Sapi Rib Eye Organik

Grass Fed Daging Sapi Rib Eye Organik

  1. Tenderloin

Tenderloin adalah daging yang diambil dari tubuh bagian dalam sapi atau biasa dikenal has dalam. Pada bagian ini, otot sapi sangat jarang bekerja. Sehingga teksturnya adalah yang paling empuk dibanding bagian sapi lainnya.

Potongan bagian daging sapi untuk grill ini biasanya dijual dengan harga lebih tinggi. Ini karena karakteristiknya yang sangat lembut serta kandungan lemaknya tidak terlalu banyak.

Proses grill atau pemanggangan tenderloin secara sempurna memerlukan waktu sekitar 45 sampai 60 menit menyesuaikan ketebalan potongannya. Sahabat Sehat juga bisa menyesuaikan durasi pemanggangan dengan tingkat kematangan sesuai selera.

Tunggu setidaknya sekitar 10 menit terlebih dahulu sebelum menyajikan dan siap disantap dengan berbagai menu pelengkap lainnya.

Grass Fed Daging Sapi Tenderloin

Grass Fed Daging Sapi Tenderloin

BACA JUGA: 

  1. Top Sirloin

Bagian daging sapi untuk grill yang tidak kalah nikmat adalah top sirloin atau sirloin atas. Ini adalah alternatif pilihan daging lezat dengan harga lebih terjangkau dibanding tenderloin atau rib eye.

Top sirloin berasal dari area punggung bawah sampai tulang pinggul sapi. Meski tidak bertulang dan lemaknya sedikit, top sirloin memiliki tekstur lembut serta cukup empuk.

Untuk mendapatkan kenikmatan maksimal, Sahabat Sehat bisa melakukan pemanggangan dengan tingkat kematangan medium rare. Sebaiknya hindari grill top sirloin terlalu matang karena akan membuat teksturnya lebih keras.

Grass Fed Daging Sapi Sirloin Organik

Grass Fed Daging Sapi Sirloin Organik

  1. Brisket

Brisket juga merupakan pilihan bagian daging sapi untuk di grill yang lezat. Brisket diambil dari area dada bawah sampai area ketiak sapi. Brisket banyak digunakan dalam olahan menu Nusantara seperti rawon atau soto.

Pada dasarnya, tekstur brisket agak keras. Namun Sahabat Sehat bisa menyiasatinya dengan cara merendamnya terlebih dahulu di air sekitar 7 jam. Kemudian melakukan marinasi dalam waktu cukup lama.

Brisket memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Tekstur dagingnya yang keras bisa menjadi lembut apabila diolah dengan cara yang benar.

Grass Fed Daging Sapi Brisket

Grass Fed Daging Sapi Brisket

Tips Mengolah Bagian Daging Sapi untuk Grill

Untuk mendapatkan kelezatan sempurna, Sahabat Sehat harus mengetahui bagaimana cara mengolah daging sapi dengan teknik grill yang tepat.

  1. Pilih Daging Berkualitas

Pertama, pastikan Sahabat Sehat memilih daging segar dan berkualitas untuk dipanggang. Ciri-ciri daging segar adalah berwarna cerah, teksturnya kenyal, aroma segar dan tidak menusuk, warna merata tanpa bintik-bintik.

  1. Potong secara Berlawanan Arah

Potongan daging sebaiknya dilakukan berlawanan arah. Tujuannya untuk memperpendek serat agar daging tidak keras setelah digrill dan siap disajikan. Ketebalan potongan juga perlu diperhatikan.

  1. Buat Potongan Dadu

Pesta barbeque akan semakin menarik dengan menu bervariasi. Sahabat Sehat bisa memotong bagian berbentuk dadu. Kemudian ditusuk seperti sate dan bisa ditambah bahan lain seperti paprika dan bawang bombay.

  1. Marinasi Daging

Sebelum dipanggang, jangan lupa memarinasi daging dengan bahan bumbu yang mudah. Seperti saus barbeque, saus tiram, minyak wijen, lada, garam. Bahan tersebut dicampurkan ke wadah lalu digunakan untuk marinasi beberapa saat.

  1. Perhatikan Waktu Pemanggangan

Lamanya pemanggangan juga harus diperhatikan. Sahabat Sehat dapat memanggang sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Saat memanggang, jangan lupa membolak-balik agar matang merata.

Setelah mengetahui apa saja bagian daging sapi untuk grill yang enak, Sahabat Sehat bisa mengadakan pesta barbeque yang meriah bersama keluarga besar.

  • https://www.holycowsteak.com/blogs/story/jenis-daging-untuk-grill
  • https://www.parapuan.co/read/533070287/5-tips-memasak-mudah-daging-sapi-untuk-barbeque-di-malam-tahun-baru?page=all
  • https://jessicabakery.com/resep-marinasi-daging-grill/