Home » Blog » Bukan Cuma Salmon, Ini 6 Bahan Makanan Sumber Omega-3

Bukan Cuma Salmon, Ini 6 Bahan Makanan Sumber Omega-3

bahan makanan sumber omega 3

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh manusia adalah omega-3. Nutrisi ini merupakan lemak tak jenuh yang dapat berfungsi menjaga Kesehatan jantung, otak dan membantu metabolisme. Omega-3 juga termasuk ke dalam asam amino essential yang tak dapat diproduksi langsung oleh tubuh, sehingga hanya bisa didapatkan dari asupan makanan.

Sebagian besar sudah tahu, bahwa salmon menjadi salah satu bahan makanan sumber omega-3. Memang betul, ikan jenis super ini mengandung 2.200 mg dalam 100 gram porsinya. Namun, tak hanya salmon yang mengandung banyak omega-3. Faktanya banyak ikan lain yang juga kaya akan lemak tak jenuh ini. 

Berikut 6 bahan makanan sumber omega-3 selain salmon yang wajib Sahabat Sehat ketahui

Ikan Kembung

Bahan makanan sumber omega-3 yang pertama adalah ikan kembung. Ikan yang cukup mudah didapat ini ternyata memiliki kandungan omega-3 lebih banyak dibanding salmon, lho! Dalam 100 gram ikan kembung, terdapat sekitar 2.500-2.600 mg omega-3. Ini berarti, dengan mengkonsumsi ikan kembung dengan porsi tersebut, sudah bisa memenuhi kebutuhan akan omega-3 setiap harinya.

Perlu diketahui bahwa manusia dewasa memerlukan sekitar 1.100-1.600 mg omega-3 per harinya. Sedangkan bayi atau anak-anak membutuhkan sekitar 500-900 mg omega-3. Selain gampang dicari, ikan kembung juga gampang diolah menjadi hidangan lezat.

Ikan Teri

Ikan lainnya yang ternyata mengandung omega-3 dalam jumlah banyak adalah ikan teri. Ikan berukuran kecil ini ternyata mengandung sekitar 2.100 mg omega-3 dalam setiap 100 gram porsinya. Tidak jauh berbeda dibanding salmon, bukan?

Selain kaya akan omega-3, ikan teri juga mengandung banyak nutrisi lain seperti kalsium, niasin dan selenium. Dengan kandungan nutrisi tersebut, ikan teri terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan tekanan darah.

Tiram

Tiram juga tergolong bahan makanan sumber omega-3 yang cukup banyak. Dalam 100 gram makanan laut ini, terdapat sekitar 600 mg asam omega-3. Jumlah ini tentunya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian akan omega-3 terutama untuk anak-anak.

Tiram pun kaya akan kandungan nutrisi lain. Salah satunya zinc yang dapat memperkuat sistem imun, serta vitamin B12 yang dapat membantu produksi sel darah merah.

Chia Seed

Tak hanya didapat dari ikan dan makanan hasil tangkapan laut saja, omega-3 juga ternyata bisa diperoleh dari biji-bijian. Chia seed menjadi salah satu bahan makanan sumber omega-3. Dalam satu sendok biji chia, terdapat sekitar 5.060 mg omega-3.

Biji chia juga mengandung banyak nutrisi lain seperti magnesium, serat serta selenium. Selain mengandung banyak nutrisi, biji chia juga sering diolah menjadi banyak desserts lezat, atau pun menjadi pelengkap smoothies yang sehat.

Kedelai

Jika chia seed cukup susah dicari, Sahabat Sehat tak perlu khawatir, karena ada biji-bijian lain yang juga mengandung omega-3 cukup banyak. Adalah kacang kedelai yang memiliki sekitar 1.500 mg dalam 100 gram porsinya.

Kedelai juga diperkaya oleh vitamin K, vitamin B dan asam folat yang dapat menyehatkan tubuh. Selain dokunsumsi secara langsung, Sahabat Sehat juga bisa menikmati kedelai dalam bentuk produk olahannya, seperti tempe, tahu hingga susu kedelai.

Kenari

Bahan makanan sumber omega-3 yang terakhir adalah kacang kenari. Kacang ini diketahui memiliki jumlah omega-3 terbanyak dibanding bahan makanan lainnya. Dalam 100 gram kenari, terdapat sekitar 8.000 mg omega-3.

Selain itu, kenari juga kaya akan vitamin E yang bagus untuk kulit, antioksidan yang juga bagus untuk mencegah penuaan dini, serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Kenari dapat dikonsumsi secara langsung sebagai camilan, ataupun ditambahkan dalam olahan manis, seperti yogurt atau kue bolu.

 

Tidak sulit bukan, menemukan bahan makanan sumber omega-3 yang ternyata bisa didapatkan dari protein yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Dengan memenuhi kebutuhan akan omega-3, dipastikan kerja otak, jantungs erta tubuh secara keseluruhan akan makin maksimal.

Sahabat Sehat juga tak perlu bingung jika ingin mencari bahan makanan sumber omega-3, terutama ikan dan makanan laut lainnya. Karena Sahabat Sehat bisa mendapatkannya di SESA.ID. Kualitas yang terjamin akan membuat olahan makanan yang dibuat semakin lezat dan kaya akan nutrisi.

 

Photo by Julia Volk from Pexels