Home » Blog » Apakah Sudah Tahu, Ternyata Ini 3 Jenis-jenis Buah Naga Paling Populer! 

Apakah Sudah Tahu, Ternyata Ini 3 Jenis-jenis Buah Naga Paling Populer!

jenis-jenis buah naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah unik yang berasal dari Amerika Serikat. Sebenarnya, ada tiga jenis buah naga asli. Tapi, seiring perkembangan zaman, muncul jenis-jenis buah naga lain dari hasil hibrida ketiga jenis tersebut.

Jika Sahabat Sehat melakukan kawin silang terhadap ketiga jenis buah naga tersebut, maka akan dihasilkan jenis lain yang berbeda. Secara umum, buah naga dapat dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan warnanya. Berikut beberapa jenis buah naga asli yang paling populer:

Buah Naga Putih

Dibandingkan jenis-jenis buah naga lainnya, buah naga putih memang yang paling terkenal. Seperti namanya, varietas buah naga ini memiliki daging berwarna putih dengan kulit warna merah muda. Selain dikenal dengan nama buah naga putih, para ilmuwan kerap menyebutnya dengan nama Hylocereus undatus.

Rasa buah naga ini memang jauh lebih hambar daripada varietas lainnya. Perlu diketahui, buah naga putih memiliki banyak hybrid. Sahabat Sehat bisa membelinya dengan nama Cosmic Charlie, Alice, Guyute, David Bowe, Neitzel, Thompson, Jaina Vietnam, dan Seoul Kitchen.

Buah Naga Merah

Selanjutnya, ada jenis buah naga merah. Seperti namanya, buah naga ini memiliki kulit berwarna merah muda atau magenta. Varietas ini tumbuh sebagai tanaman kaktus dengan perawakan yang tipis, panjang, dan merambat.

Maka dari itu, Sahabat Sehat pasti sering melihat tumbuhan buah naga merah menempel di dinding, pagar, atau pohon. Dilihat dari luar, varietas buah naga ini memang hampir identik dengan buah naga putih.

Warna daging buah naga ini cenderung merah pekat atau magenta. Warna ini didapat dari senyawa bernama betacyanin, yakni pigmen yang ada pada buah prickly pear dan buah bit.

Buah naga merah memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Selain itu, ukuran buah naga ini juga cenderung lebih besar. Seperti buah naga putih, varietas ini juga banyak dikawin silangkan.

Beberapa hasil persilangan yang bisa ditemukan di pasaran adalah Voodoo Child, Bloody Mary, Red Jania, dan Zamorano. Berikut beberapa kandungan gizi buah naga merah:

  1. Mengandung vitamin C dan serat yang tinggi
  2. Mampu menjadi sumber kalium, fosfor, vitamin B kompleks, dan mineral yang baik
  3. Kaya akan antioksidan, likopen, protein, dan karoten

Buah Naga Kuning

Dibandingkan jenis-jenis buah naga lainnya, yellow dragon fruit terbilang yang paling unik. Memiliki nama latin Hylocereus megalanthus, varietas ini merupakan buah naga asli Amerika Serikat bagian Utara dan Selatan.

Seperti namanya, buah naga ini memiliki kulit yang berwarna kuning. Keunikan buah naga ini terletak pada kulitnya yang berduri. Namun, Sahabat Sehat dapat membelinya di pasaran setelah duri-durinya dibuang.

Waktu panen buah naga kuning adalah bulan November sampai Februari. Berikut beberapa ciri buah naga kuning:

  1. Kulitnya berwarna kuning cerah
  2. Daging buah berwarna putih, tapi hampir transparan
  3. Ukuran buah naga ini sangat kecil dibandingkan jenis lainnya. Bahkan, ukurannya hanya ½ dari varietas buah naga putih dan merah
  4. Memiliki rasa daging yang manis
  5. Tidak diproduksi secara massal dan belum ada hasil persilangannya

Meskipun sangat unik, tapi buah naga kuning sangat jarang dibudidayakan di Tanah Air. Jika ada pun, harganya akan sangat fantastis. Bila buah naga putih dan merah umumnya dibanderol seharga Rp30.000 per kg, buah naga kuning bisa dijual seharga Rp200.000 per kg.

 

Setelah melihat jenis-jenis buah naga di atas, varietas mana yang membuat Sahabat Sehat tertarik? Bila Sahabat Sehat tengah mencari buah naga merah yang berkualitas tinggi dan bebas bahan kimia, maka Sahabat Sehat dapat mengunjungi situs sesa.id. Hanya bermodalkan smartphone, Sahabat Sehat bisa berbelanja buah naga di SESA.ID.

Photo by Any Lane from Pexels