Home » Blog » Arti Istilah Sertifikasi pada Kemasan Produk SESA

Arti Istilah Sertifikasi pada Kemasan Produk SESA

Arti Product Certification pada Produk SESA

Istilah Sertifikasi Produk – Membaca label pada kemasan makanan dan minuman serta produk kecantikan maupun kesehatan tengah digaungkan kembali oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal ini dimaksudkan agar Sahabat Sehat sebagai konsumen menjadi lebih peka terhadap kandungan gizi dan zat alergen di setiap minuman atau makanan kemasan yang hendak dibeli di pasar atau swalayan.

Digunakan sebagai sarana komunikasi antara produsen dengan konsumen, label ini menjadi penentu keputusan “membeli” bagi konsumen. Selain itu, label yang ada juga bertujuan untuk menciptakan perdagangan yang adil, jujur, dan bertanggung jawab serta untuk melindungi konsumen.

Produk-produk yang dijual di SESA adalah produk yang telah terbukti aman digunakan karena telah tersertifikasi organik. Bahan-bahan yang digunakan pun telah teruji klinis untuk mengubah gaya hidup kamu menjadi gaya hidup aktif dan sehat.

Selain itu, produk-produk yang dijual mengutamakan #SehatKomplit untuk mendukung #SehatSekarang -mu. Yuk, ketahui arti label-label pada kemasan produk yang dijual di SESA!

USDA Organic

USDA Organic merupakan label khusus makanan organik serta telah disertifikasi dan memenuhi acuan standar organik oleh USDA (United States Department of Agriculture).

Vegan Certified by Vegan.org

Bukti resmi bahwa merk yang bersangkutan tidak menggunakan hewan, baik dari segi bahan baku hingga pengujian produknya. Umumnya produk kosmetik berbahan vegan hanya mengandalkan ekstrak tumbuhan dan bahan baku kimia sebagai pengganti unsur hewani.

Non-GMO Project Verified by Non-GMOProject.org

Produk non-GMO adalah produk yang pembudidayaannya alami tanpa rekayasa genetika. Produk yang berlabel Non-GMO tentunya lebih sehat disbanding GMO.

Organik Indonesia

Produk-produk yang dijual diakui menggunakan bahan-bahan organik yang diakui di Indonesia dan disertifikasi oleh ICERT.

Japan Organic

Produk-produk yang dijual diakui menggunakan bahan-bahan organik yang telah disertifikasi  dan memenuhi acuan standar organik oleh Japanese Agricultural Standards (JAS).

Europe Organic

Produk-produk yang dijual diakui menggunakan bahan-bahan organik yang telah disertifikasi  dan memenuhi acuan standar organik oleh European Union (EU).

Fair For Life

Produk-produk yang digunakan telah memenuhi standar social and life fair trade baik bahan-bahan, kemasan, maupun buruh yang bekerja. Produk ini di bawah pengawasan Control IMO dari Swiss.

Istilah di Produk Impor

Selain itu, jika produk yang hendak Sahabat Sehat beli adalah produk impor, makin banyak pula istilah yang kurang kamu pahami. Supaya Sahabat Sehat tidak terkecoh dan tak asal beli, berikut ini akan dijelaskan masing-masing istilah yang dimaksud:

Light.

Produk ini memiliki kalori dan lemak yang sedikit. Namun, perhatikan juga label di belakang kemasan. Jika banyak kandungan gula, berarti produsen berusaha mengelabui Anda.

Multigrain.

Kedengarannya sehat, ya? Namun, pada dasarnya ini berarti ada lebih dari satu jenis biji-bijian dalam produk. Kemungkinan produsen juga menyertakan bijian-bijian olahan, kecuali jika produk tersebut ditandai sebagai gandum utuh.

Natural atau alami.

Mengandung campuran bahan alami.

Organik.

Saat ditanam atau diternak, produk tidak terpapar bahan kimia atau hormon. Namun hati-hati, hanya produk organik bersertifikatlah yang dijamin organik.

No added sugar.

Tidak ada tambahan gula. Namun, kalau rasanya tetap manis, berarti mereka menggantinya dengan sesuatu yang mungkin sama tak sehatnya dengan gula.

Low-calorie (rendah kalori).

Produk ini mengandung ⅓ lebih sedikit kalori daripada produk asli merek yang sama.

Low-fat (rendah lemak).

Produk ini memiliki lemak yang lebih sedikit, tetapi biasanya mengandung lebih banyak gula.

Made with whole grain (dibuat dengan gandum utuh).

Mungkin ada sedikit gandum utuh dalam produk. Periksa komposisinya dan lihat di mana gandum utuh ditempatkan. Jika tidak dalam tiga bahan pertama, sebaiknya tak usah dibeli.

Fortified atau enriched (diperkaya).

Beberapa nutrisi telah ditambahkan ke produk. Sebagai contoh, vitamin D sering ditambahkan ke produk susu.

Gluten-free (bebas gluten).

Bebas gluten tidak sama dengan sehat. Produk ini tidak mengandung gandum. Sayangnya, banyak makanan bebas gluten, tetapi melalui pemrosesan yang rumit dan sarat lemak dan gula yang tidak sehat.

Perasa buah.

Tidak menggunakan buah asli, melainkan zat kimia untuk memberikan rasa.

Zero trans fat.

Produk ini mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans per sajian, bukannya tak ada sama sekali.

Kesimpulan

Pentingnya membaca label pada produk yang Sahabat Sehat beli bukan untuk melarang ataupun menakut-nakuti, namun lebih pada supaya kamu tidak tertipu oleh klaim produk—apalagi jika Anda memang benar-benar membutuhkannya.

Eits, Sahabat Sehat tak perlu khawatir karena produk-produk #SehatKomplit yang dijual di SESA adalah produk-produk organik yang telah teruji dan diakui oleh berbagai lembaga organik di berbagai negara. Jadi jangan takut untuk #SehatSekarang dengan berbelanja kebutuhan produk organik di sesa.id!