fbpx
Skip to content
Home » Blog » Berikut Ciri Ciri Kekurangan Vitamin D

Berikut Ciri Ciri Kekurangan Vitamin D

Sahabat Sehat tahu tidak, apa saja Ciri ciri kekurangan vitamin D yang dialami di tubuh manusia? Pada dasarnya kekurangan vitamin D terjadi ketika tubuh mendapat beberapa tekanan. Baik itu dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup hingga masalah mental, semua bisa jadi penyebab.

Beberapa orang menganggap vitamin D, yaitu vitamin dari sinar matahari. Alasannya karena sinar matahari dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Jika Sahabat Sehat jarang mendapat sinar matahari, maka tubuh bisa merasakan gejala kekurangan vitamin D.

Vitamin D juga dapat mempengaruhi sistem imun dan metabolisme dalam tubuh. Salah satu Ciri ciri kekurangan vitamin D adalah mudah terserang penyakit. Sahabat Sehat yang sering sakit, pasti metabolisme tubuhnya rendah sehingga virus mudah menyerang tubuh.

Oleh karena itu, sahabat harus tahu apa saja Ciri ciri tubuh yang kekurangan vitamin D. Dengan mengantisipasinya, Sahabat Sehat bisa mengonsumsi lebih banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Baik itu dari buah-buahan, sayur-sayuran atau daging, semua bisa jadi sumber vitamin D.

DAPATKAN SUPLEMEN KESEHATAN VITAMIN D DI SESA.ID

Penyebab Terjadinya Kekurangan Vitamin D

Sebelum memahami Ciri cirinya, Sahabat Sehat harus tahu terlebih dulu apa penyebab tubuh bisa mengalami kekurangan vitamin D. Informasi ini penting untuk mengantisipasi kesalahan aktivitas di kehidupan sehari-hari. Berikut penyebab kekurangan vitamin D untuk Sahabat Sehat.

  1. Menjadi lebih tua
  2. Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas
  3. Kurang memahami Ciri ciri kekurangan vitamin D
  4. Bekerja di shift atau jam malam
  5. Selalu begadang dan pola tidur tidak benar
  6. Kurang konsumsi buah, sayur dan makanan bervitamin D
  7. Tinggal di tempat minim sinar matahari
  8. Menggunakan obat yang mempengaruhi metabolisme
  9. Menderita penyakit Crohn atau Celiac
  10. Memiliki penyakit ginjal atau penyakit hati
 

NOW vitamin D3 2000iu

NOW vitamin D3 2000iu

Semua itu bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin D sehingga Sahabat Sehat harus berhati hati. Kebiasaan buruk seperti begadang harus dihindari agar bisa menjaga kesehatan tubuh. Bagi orang tua, vitamin D sangat diperlukan karena mempengaruhi kondisi tulang dan gigi.

BACA JUGA: 

DHA adalah Zat Gizi Penting untuk Otak Anak serta 12 Manfaat Lainnya

20 Buah Mengandung Vitamin D

Inilah Manfaat Vitamin D3 dan K2 Terhadap Kesehatan Tubuh

Ciri Ciri Kekurangan Vitamin D untuk Sahabat Sehat

Setelah mengetahui penyebabnya, Sahabat Sehat bisa memahami langsung Ciri ciri tubuh ketika kurang konsumsi vitamin D. Disarankan untuk segera memperbanyak vitamin D jika gejala berikut ini sahabat rasakan. Untuk lebih jelasnya, berikut Ciri ciri tubuh yang kurang vitamin D.

  1. Penyembuhan Luka Terganggu

Ketika kekurangan kadar vitamin D, penyembuhan luka di tubuh menjadi lebih lambat. Hal ini bisa dibuktikan dengan jumlah inflamasi yang kecil sehingga cedera lambat disembuhkan. Jika sahabat mengalaminya, disarankan untuk segera perbanyak konsumsi suplemen vitamin D.

Tidak hanya cedera saja, pendarahan dan rasa sakit juga sulit sembuhnya ketika tubuh kurang vitamin D. Ciri ciri kekurangan vitamin D terlihat signifikan dan bisa dibuktikan dengan jelas, khususnya bagi orang-orang yang pola hidupnya seperti di atas.

  1. Mudah Depresi

Kekurangan Vitamin D sering dikaitkan dengan rasa depresi, khususnya untuk orang tua. Jika Sahabat Sehat depresi karena permasalahan kecil, kemungkinan kondisi mood sedang tidak baik. Untuk mengatasinya, sahabat bisa konsumsi makanan manis atau sumber vitamin D.

  1. Tulang dan Punggung Mudah Sakit

Saat tulang mudah nyeri, kemungkinan kadar vitamin D dalam tubuh sahabat sangat rendah. Tentu saja, vitamin D berkhasiat untuk memperkuat tulang agar bisa tetap sehat. Jika Ciri ciri kekurangan vitamin D ini dirasakan oleh Sahabat Sehat, maka kondisi tulang sedang tidak baik.

Segera konsumsi banyak sumber vitamin D agar tubuh Sahabat Sehat bisa bergerak tanpa rasa nyeri berlebih. Berjemur di bawah terik matahari juga dapat membantu sahabat untuk terus memperkuat kondisi tulang karena tubuh memproduksi vitamin D secara alami.

NOW Vitamin D3 400 IU

NOW Vitamin D3 400 IU

  1. Mudah Kelelahan

Rasa lelah bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Contohnya seperti terlalu mudah stres, depresi, kekurangan cairan, kurang olah raga dan kurang tidur. Namun, Sahabat Sehat juga perlu tahu bahwa vitamin D bisa jadi salah satu penyebab tubuh mudah lelah.

Alasannya karena vitamin D mendorong sistem imun tubuh untuk menahan penyakit. Ketika imun rendah, Sahabat Sehat akan merasakan gejala penyakit khususnya mudah lelah. Oleh sebab itu, perbanyak nutrisi Sahabat Sehat agar Ciri ciri kekurangan vitamin D bisa dihindari.

  1. Rambut Mudah Rontok

Dalam suatu penelitian, kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan penyakit bernama aloepecia areata. Penyakit berkaitan dengan imun tubuh yang terganggu akibat kekurangan kadar vitamin D. Gejala penyakitnya adalah rambut rontok dan kerusakan rambut parah.

Jika Sahabat Sehat mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Rambut yang rontok secara tidak teratur bisa jadi penanda penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, antisipasi sejak dini perlu dilakukan dengan terus memperbanyak konsumsi vitamin D.

  1. Pengeroposan Tulang

Ciri ciri terakhir yang bisa sahabat rasakan adalah terjadinya pengeroposan tulang. Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri berlebih, sakit saat bergerak dan mudah terjangkit penyakit. Hal ini tentu saja sudah jadi rahasia umum jika vitamin D berfungsi untuk memperkuat tulang.

Karena tidak memiliki suplemen yang cukup, tulang mengalami penurunan kualitas. Mulai dari sekarang, Sahabat Sehat harus selalu mengonsumsi vitamin D. Pada dasarnya Ciri ciri kekurangan vitamin D sangat berbahaya jika terus dibiarkan begitu saja.

https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-deficiency-symptoms#symptoms

 Gambar: 

pexels.com

sesa.id