Home » Blog » Bolehkah Ibu Hamil Makan Daun Singkong? No Hoax 5 Sayur Ini Bagus Untuk Bumil 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daun Singkong? No Hoax 5 Sayur Ini Bagus Untuk Bumil 

bolehkah ibu hamil makan daun singkong

Sahabat sehat mungkin banyak mendengar mitos-mitos mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil atau pertanyaan seperti bolehkah ibu hamil makan daun singkong? Atau bolehkah ibu hamil makan durian?

Banyaknya mitos ini kadang membuat sahabat sehat kebingungan, sayuran apa sih yang benar-benar baik untuk ibu hamil? Nah, sahabat sehat tidak perlu mengira-ngira lagi karena di bawah ini adalah 7 sayur yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

DAPATKAN SAYUR SEGAR UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil 

Sebelum tahu sayuran apa saja yang bagus untuk ibu hamil, sahabat sehat harus tahu dulu nutrisi apa saja sih yang harus dipenuhi saat hamil agar ibu dan bayi selalu sehat.

  • Asam Folat 

Salah satu substansi yang sangat esensial untuk ibu hamil ialah asam folat. Asam folat sangat bagus dalam membentuk pertumbuhan sel placenta, selain itu asam folat juga mengurangi beberapa resiko penyakit dan cacat tabung saraf pada janin.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

  • Yodium 

Berikutnya adalah yodium. Sahabat sehat bisa mendapatkan asupan yodium dari garam yang biasa digunakan untuk bumbu pada makanan. Ternyata kekurangan yodium saat hamil dapat meningkatkan resiko gangguan mental dan kretinisme pada bayi.

  • Zat Besi 

Zat besi juga ternyata sangat penting lho sahabat sehat untuk ibu hamil. Dalam beberapa kasus, wanita yang sedang hamil biasanya kekurangan zat besi, sehingga butuh asupan lebih dengan mengkonsumsi obat penambah darah, tapi tentu saja harus dikonsultasikan dengan dokter dulu.

Kekurangan zat besi saat hamil dapat mengakibatkan asupan makanan pada janin jadi tidak lancar dan membuat janin kekurangan gizi tambahan karena aliran darah yang tidak baik.

Lalu Bolehkah Ibu Hamil Makan Daun Singkong? 

Sahabat sehat sudah tahu mengenai nutrisi apa saja yang penting ibu hamil. Sekarang sahabat sehat sudah bisa mengira-ngirakan? Sayur apa saja yang baik untuk ibu hamil.

  1. Daun Singkong 

Pertanyaan bolehkan ibu hamil makan daun singkong pun terjawab. Ya, ibu hamil sangat boleh untuk makan daun singkong. Bahkan daun singkong mengandung zat besi yang tinggi. Seperti yang sahabat sehat ketahui, zat besi sangat baik untuk ibu hamil.

Selain itu, daun singkong memiliki kandungan fosfor, vitamin A, vitamin C dan kalsium yang baik untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

  1. Bayam

Sayuran hijau ini juga sangat baik untuk ibu hamil. Bayam mengandung tinggi asam folat, mengkonsumsi bayam dengan porsi yang benar dapat menghindari bayi lahir cacat tabung saraf otak. Selain asam folat, bayam juga mengandung zat besi dan kalsium.

Sahabat sehat juga bisa membuat banyak hidangan sehat dan bernutrisi dengan bayam, dimasak sop sayur, tumis atau yang lainnya.

Bayam Hijau Organik

Bayam Hijau Organik

BACA JUGA: Berikut Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

  1. Brokoli 

Masih dengan sayuran hijau, Brokoli jadi sayuran lain yang sangat bagus dikonsumsi saat hamil. Brokoli memiliki vitamin A, vitamin K, dan vitamin C serta serat yang tinggi. Tidak lupa juga zat besi serta folat yang jadi nutrisi wajib di setiap makanan ibu hamil agar janin tetap sehat.

Brokoli Organik

Brokoli Organik

  1. Wortel 

Jika tadi didominasi sayuran hijau, wortel ternyata masuk daftar sayur sehat untuk ibu hamil lho, sahabat sehat. Wortel mengandung beta karoten yang tinggi yang baik untuk perkembangan saraf pada janin.

Wortel juga memiliki antioksidan dan kalsium yang tinggi. Bukan Cuma itu, sahabat sehat yang sedang dalam program ASI juga dianjurkan mengkonsumsi wortel karena dapat meningkatkan kualitas ASI.

Wortel Organik

Wortel Organik

  1. Daun Katuk 

Daun katuk mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil, seperti magnesium, zat besi, fosfor, kalsium serta vitamin B, vitamin K dan lainnya. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap ini rasanya tidak mungkin meninggalkan daun katuk sebagai sayur yang dikonsumsi untuk ibu hamil.

Sahabat sehat, 5 sayuran tadi bisa lho didapat dengan membelinya melalui Sesa.id yang merupakan supermarket sehat online yang dapat memenuhi kebutuhan sayuran segar serta sayuran organik yang sangat baik untuk ibu hamil.

Bukan cuma itu, sahabat sehat jug tidak perlu repot membuka website sesa.id dengan laptop atau komputer, kini sesa.id punya aplikasi di smartphone. Sahabat sehat tinggal download aplikasi sesa.id di Apps di Play Store dan App Store. Yuk, mulai hidup sehat dan konsumsi sayur segar dengan sesa.id

banner makanan sehat dan bergizi

  1. https://www.prenagen.com/id/inilah-6-sayuran-yang-baik-bagi-ibu-hamil#:~:text=Daun%20singkong%20mengandung%20fosfor%2C%20vitamin,pertumbuhan%20gigi%20dan%20tulang%20bayi.
  2. https://jovee.id/diet-sehat-dan-tinggi-nutrisi-untuk-ibu-hamil/
  3. https://www.alodokter.com/bunda-ini-daftar-sayur-dan-buah-yang-disarankan-saat-hamil
  4. https://www.orami.co.id/magazine/sayuran-untuk-ibu-hamil