Home » Blog » 6 Rahasia Cara Masak Bayam yang Enak dan Sehat 

6 Rahasia Cara Masak Bayam yang Enak dan Sehat

cara masak bayam yang enak

Banyak resep mengolah bayam tersebar di Internet. Sayangnya, nutrisi pada bayam mudah hilang jika cara memasaknya tidak tepat. Jangan sampai ketika kita mengonumsi bayam malah tidak bisa mendapatkan nutrisinya. Sahabat sehat, tidak semua orang tahu rahasia cara masak bayam yang enak dan tetap terjaga nutrisinya. 

Apa saja rahasia cara masak bayam yang enak dan sehat? Yuk, simak di bawah ini!

1. Memasak Bayam Tidak Boleh Lebih dari 2 Menit

Masalah yang sering dialami ketika memasak bayam adalah berubahnya warna bayam. Warna bayam berubah menjadi kecokelatan bahkan menjadi hitam tentu tidak baik. Bayam yang rusak saat dimasak membuat tampilan hasil makanan jadi kurang cantik dan cita rasanya kurang nikmat. 

Waktu yang tepat dalam memasak bayam tidak lebih dari 2 menit. Masukkan bayam di urutan terakhir agar tidak terlalu lama direbus atau ditumis. Pilih bayam yang masih segar agar warnanya tidak berubah saat dimasak. 

2. Supaya Nutrisi Bayam Tidak Hilang Setelah Dimasak

Bayam kaya akan kandungan asam folat, zat besi, serat, vitamin A, B, C dan K. Kesemua nutrisi tersebut akan lebih baik jika tetap terjaga setelah bayam dimasak. Cara menjaga kandungan nutrisi bayam tergantung dari cara memasaknya 

Cara terbaik dalam mengolah bayam untuk menjaga kandungan nutrisinya adalah merebus, mengukus atau menumis. Bayam yang akan diolah, wajib dibersihkan terlebih dahulu untuk mencegah adanya bakteri atau kotoran yang ikut termasak. Bakteri atau kotoran bisa merusak nutrisi bayam.

3. Sayur Bayam Sebaiknya Tidak Dipanaskan Berulang Kali

Olahan bayam tidak bisa bertahan terlalu lama. Sebaiknya, membuat porsi sayur bayam tidak berlebihan agarlangsung habis dalam sekali makan. Sahabat sehat, tidak dianjurkan untuk memanaskan bayam berkali-kali. Hal tersebut menyebabkan tekstur, rasa dan nutrisi bayam rusak. 

Memanaskan sayur bayam dapat menyebabkan kandungan zat besi teroksidasi dan berubah menjadi racun. Selain itu, olahan bayam juga tidak dianjurkan disimpan terlalu lama. Oalahan bayam yang disimpan di lemari es bisa menyebabkan kandungan nitrit pada bayam meningkat. 

4. Menambahkan Sedikit Garam Saat Memasak Bayam

Manfaat garam dapur dalam mengolah bayam tidak hanya sebagai penyedap rasa. Menambahkan garam berfungsi untuk menjaga warna dan rasa bayam. Taburkan sedikit garam ketika merebus atau menumis bayam, maka bayam jadi lebih cepat matang tanpa perlu terlalu lama dipanaskan.  

5. Menambahkan Sedikit Minyak Sayur Saat Memasak Bayam

Selain garam, Sahabat sehat bisa menggunakan minyak sayur untuk menjaga tekstur dan warna bayam saat dimasak. Caranya mudah, tambahkan sekitar 1 sendok makan minyak sayur ke dalam 1 liter air yang digunakan untuk merebus bayam. 

6. Rendam Bayam dalam Air Es Sebelum Dimasak

Cara lain supaya bayam tidak berubah warna ketika dimasak yaitu menggunakan air es. Rendam bayam dalam air berisi batu es kira-kira 10-15 menit.  Setelah direndam, tiriskan bayam. Bayam bisa diolah dengan cara direbus, ditumis atau dikukus. Air es akan mengunci tekstur, warna dan rasa bayam, sehingga tidak mudah rusak saat dimasak. 

Sahabat sehat, semoga 6 cara masak bayam yang enak ini bisa berguna. Sehingga, Sahabat sehat dapat menyantap olahan bayam yang enak dan nutrisinya tetap terjaga. Yuk, kreasikan cara masak bayam yang enak dengan resep favorit keluarga! Jangan lupa, pilih bayam organik yang segar untuk cita rasa masakan terbaik.

Referensi: Idntimes

Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay