fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Amis dengan Suhu Tinggi

Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Amis dengan Suhu Tinggi

cara memasak ikan salmon agar tidak amis

Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Amis Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara memasak ikan salmon agar tidak amis menggunakan berbagai metode. Karena cukup banyak orang yang salah memasaknya sehingga hasilnya kurang optimal.

Memang daging salmon kurang cocok untuk beberapa varian kuliner dalam negeri. Sehingga perlu ada pendekatan lain agar nantinya ikan tidak berbau amis dan membuat selera makan menurun.

Kami menggunakan dua pendekatan paling mudah untuk menghilangkan masalah aroma tersebut. Suhu tinggi dan rempah menjadi dua solusi paling mudah yang dapat Sahabat Sehat jadikan sebagai opsi.

Sehingga Sahabat Sehat dapat menjadikannya sebagai referensi agar hasil masakan menjadi lebih nikmat. Tidak terlalu sulit sebenarnya menerapkan metode seperti ini untuk melakukan pengolahan.

BELANJA IKAN SALMON DAN SEAFOOD SEGAR LAINNYA DI SESA.ID

Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Amis dengan Suhu Tinggi

Suhu tinggi menjadi pendekatan pertama kita untuk mengatasi masalah kuliner ini. Ketika menggunakan suhu tinggi artinya kadar air dan lemak dalam ikan akan lebih cepat teroksidasi.

Ketika oksidasi pada tubuh ikan tersebut sudah terjadi secara otomatis aroma kurang sedap juga hilang. Digantikan dengan aroma sedap dari ikan yang akan muncul ketika kita gunakan suhu tinggi seperti berikut ini.

  • Oven

Cara memasak ikan salmon agar tidak amis yang paling mudah tentu menggunakan oven. Peralatan masak ini tentu sudah banyak dimiliki sehingga penerapannya menjadi mudah.

Sahabat Sehat bisa membungkus daging salmon tersebut pada aluminium foil dan letakkan di atas loyang. Jangan lupa untuk memberikan butter dan bumbu di atas daging sebelum membungkusnya di aluminium foil.

Proses memanggang ini dapat memakan waktu antara sepuluh sampai lima belas menit. Cara memasak tersebut akan membuat ikan tidak mengeluarkan bau amis ketika selesai dimasak.

BACA JUGA: 

Cast iron adalah salah satu cara memasak ikan yang menggoreng memakai cast iron. Lakukan treatment basking seperti steak sehingga tidak ada aroma kurang sedap yang keluar.

Goreng salmon menggunakan mentega yang telah meleleh di atas cast iron tadi. Letakkan sisi ikan yang memiliki kulit sehingga dagingnya tidak akan hancur pada proses memasaknya.

Lakukan basting atau menyiram sisi atasnya menggunakan butter yang digunakan menggoreng tadi. Metode ini tentu cukup mudah dan tidak harus juga menggunakan cast iron.

  • Grill 

Metode memasak yang ketiga adalah menggunakan grill. Terserah untuk jenisnya bisa memakai charcoal grill atau grill pan sesuai dengan apa yang Sahabat Sehat miliki.

Treatment yang perlu dilakukan ketika menggunakan grill sebenarnya hampir sama dengan steak. Jadi Sahabat Sehat hanya perlu memanggangnya dan tidak lupa mengolesi dengan bumbu.

Jangan lupa untuk memanggang di kedua sisi sehingga rasanya bisa keluar sempurna. Ketika menggunakan metode ini nantinya rasa yang keluar tergantung pada bumbu yang Sahabat Sehat pakai tadi.

Sampai sekarang metode pemanasan ini menjadi trik paling mudah agar ikan bau amisnya berkurang. Bahkan para pemula dalam dunia kuliner tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk melakukannya.

Cara Memasak Ikan Salmon Agar Tidak Amis dengan Rempah

Pada segmen kedua ini kami akan membahas metode yang menggunakan rempah guna menghilangkan amis. Penggunaan rempah cukup familiar dengan kuliner asia sehingga lebih fleksibel digunakan.

Secara umum ada tiga bahan paling mudah ditemukan untuk menghilangkan aroma kurang sedap ikan. Ada lemon, jahe, dan kaldu yang bisa dijadikan opsi untuk mengatasi seperti berikut ini.

bone & belly salmon makanan yang mengandung vitamin D

Salmon Belly and Bone

  • Lemon

Sebenarnya tidak harus lemon sebagai bahan yang digunakan, bisa jeruk bahkan daunnya juga. Jadi ini cukup fleksibel tergantung bahan yang dimiliki.

Penggunaan cairan asam dari jeruk atau lemon terbukti ampuh menghilangkan amis. Terutama ketika salmon yang Sahabat Sehat beli kondisinya sudah dibekukan dan bukan tangkapan segar.

Kemudian daun jeruk juga dapat dijadikan sebagai salah satu rempah penghilang amis. Cukup cacah daun jeruk dan masukkan dalam resep masakan sehingga aroma amisnya menghilang.

  • Ginseng

Kuliner asia tenggara memang kurang terlalu umum menggunakan ginseng sebagai rempah. Namun cara memasak ikan salmon agar tidak amis ini cukup populer di jepang dan korea.

Jadi kita akan menggunakan ginseng yang telah ditumbuk untuk marinasi ikan. Ketika proses marinasi sudah berjalan selama tiga puluh menit maka aroma tidak sedap dari ikan akan hilang.

Bisa juga ginseng digunakan sebagai rempah pada saat memasak menggunakan ikan. Jadi ginseng juga cukup fleksibel ketika hendak digunakan sebagai solusi penghilang bau mais.

  • Kaldu

Metode ketiga yang cukup efektif digunakan adalah menggunakan kaldu baik ayam, sapi, atau jamur. Jadi cara memasak ikan ini memang cukup bersahabat dengan kuliner asia tenggara.

Kita hanya perlu merendam terlebih dulu ikan salmon ke dalam kaldu selama sepuluh menit maksimal. Jika masakan yang dipilih sudah menggunakan kaldu maka perendaman tersebut bisa dilewati.

Selama masih menggunakan kaldu sebagai salah satu bahan maka aroma kurang sedap akan terdegradasi. Apalagi ketika durasi memasak yang dilakukan memang cukup panjang.

Jadi dengan menggunakan beberapa metode tersebut Sahabat Sehat bisa mendapatkan hasil masakan lebih menggugah selera. Cara memasak ikan salmon agar tidak amis ternyata cukup mudah dilakukan bukan.

  • https://www.popmama.com/life/health/zulfa-asliha/cara-memasak-salmon-menjadi-hidangan-lezat-dan-tidak-amis
  • https://seruni.id/cara-memasak-ikan-salmon-agar-tak-bau-amis/