fbpx
Skip to content
Home » Blog » 20 Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

20 Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

manfaat ikan salmon untuk bayi

Ada banyak sekali manfaat ikan salmon untuk bayi yang perlu diketahui. Khususnya bagi para Sahabat Sehat yang baru saja dikaruniai buah hati dan tengah mempersiapkan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).

Salmon tidak hanya dikenal sebagai hidangan sehat dan lezat bagi orang dewasa saja. Anak-anak bahkan bayi yang mengonsumsi ikan salmon juga akan memperoleh bermacam-macam manfaat kesehatan.

DAPATKAN IKAN SALMON DAN IKAN SEGAR LAINNYA DI SESA.ID

20 Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Ikan salmon adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi beragam menu lezat. Bahan ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi, bagi Sahabat Sehat yang memiliki bayi, jangan ragu memberikan salmon kepada si kecil karena mengandung segudang manfaat seperti penjelasan berikut.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat ikan salmon untuk bayi yang sangat penting adalah meningkatkan kecerdasan otak. Ini berkat kandungan omega-3, mineral, serta vitamin B yang cukup tinggi dan dibutuhkan untuk kesehatan otak khususnya pada masa pertumbuhan.

  1. Mengoptimalkan Daya Penglihatan Bayi

Manfaat lainnya yaitu salmon dapat mengoptimalkan daya penglihatan serta saraf lainnya pada bayi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan DHA serta AHA yang ada dalam ikan salmon.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Kandungan asam lemak esensial pada ikan ini membantu menjaga kesehatan kulit bayi. Dengan mengonsumsi salmon ketika MPASI, kulit bayi dapat menahan air dengan baik sehingga tetap halus dan lebih lembab.

salmon toko makanan organik

Ikan Salmon Premium

  1. Dapat Mencegah Penyakit

Ikan ini memiliki kandungan asam amino yang berperan menjaga kesehatan bayi. Dengan begitu, buah hati Sahabat Sehat memiliki tubuh kuat dan mampu melawan berbagai penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Memberi ikan salmon kepada si kecil dapat membuat kesehatan serta pertumbuhan tulang mereka terjaga dengan baik. Pertumbuhan tulang yang baik akan membuat tubuh si kecil semakin kuat.

BACA JUGA: 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ikan salmon untuk bayi yang tidak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan jantung si kecil. Kesehatan jantung yang terjaga akan menghindarkan buah hati Sahabat Sehat dari penyakit kardiovaskular, radang sendi, hingga diabetes.

  1. Sumber Vitamin D

Ikan salmon ternyata juga menjadi sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu vitamin D juga membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

  1. Mencegah ADHD

ADHD adalah suatu gangguan mental yang menyebabkan anak sulit memusatkan perhatian, berperilaku hiperaktif, dan impulsif. Konsumsi salmon yang kaya akan omega-3 dapat mencegah terjadinya ADHD pada anak.

  1. Sumber Protein yang Baik

Manfaat ikan salmon untuk bayi berikutnya adalah sebagai sumber protein yang baik. Dalam 100 gram ikan salmon, terdapat 20 gram protein yang diperlukan bayi untuk masa pertumbuhannya.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Bahan yang tergolong superfood ini juga dapat membuat suasana hati bayi meningkat. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin D di dalamnya. Ketika suasana hati meningkat, si kecil akan terus bahagia.

  1. Menghangatkan Tubuh Bayi

Manfaat ikan salmon untuk bayi juga bisa menghangatkan tubuh si kecil. Ini karena salmon memiliki kandungan minyak serta lemak cukup tinggi sehingga dapat menjaga suhu tubuh si kecil tetap hangat.

  1. Mengurangi Peradangan

Mengonsumsi daging ikan salmon dapat memberikan efek anti inflamasi atau anti peradangan. Ini sangat baik menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Memenuhi Kebutuhan Lemak Bayi

Kebutuhan lemak harian bayi terbilang tinggi, yakni 40-50%. Salmon yang mengandung kalori cukup banyak adalah alternatif sangat baik untuk memenuhi kebutuhan lemak buah hati Sahabat Sehat.

  1. Sumber Potasium

Ikan salmon juga dikontribusikan oleh kandungan mineral potasium (kalium). Mineral ini baik untuk membuang air dan lebihan sodium sehingga dapat meredakan kembung.

  1. Melawan Infeksi

Ikan salmon kaya akan kandungan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam melawan infeksi. Di samping itu, vitamin B kompleks juga berkontribusi pada pencegahan peradangan, memelihara fungsi jantung, dan fungsi otak.

  1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan dalam ikan salmon adalah jenis astaxhantin. Manfaat ikan salmon untuk bayi dari antioksidan tersebut adalah menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

  1. Meningkatkan Konsentrasi pada Anak

Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon membantu meningkatkan daya konsentrasi si kecil. Terlebih jika diberikan 2-3 kali secara rutin setiap minggunya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang dimiliki ikan salmon. Antara lain kalori, kalium, natrium, kalium, karbohidrat, selenium, magnesium, zat besi, dan lainnya. Pemenuhan berbagai nutrisi baik bagi tumbuh kembang bayi.

  1. Sumber Vitamin yang Baik

Manfaat ikan salmon untuk bayi selanjutnya yaitu mencukupi kebutuhan vitamin. Diketahui kandungan vitamin dalam ikan salmon antara lain vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12.

  1. Menu MPASI yang Sehat dan Mudah

Sahabat Sehat tidak perlu kebingungan mencari menu MPASI yang sehat. Ikan salmon dapat diolah menjadi beragam sajian lezat untuk si kecil secara praktis. Seperti bubur ikan salmon, mashed potato saus salmon, dan sebagainya.

 

Sahabat Sehat perlu bersiap mengolah bahan ini dan memberikannya kepada si kecil mengingat banyaknya manfaat ikan salmon untuk bayi.

  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-ikan-salmon
  • https://www.medcom.id/rona/kesehatan/GNG4zAzb-kaitan-ikan-salmon-dengan-suasana-hati
  • https://hellosehat.com/parenting/bayi/gizi-bayi/mpasi-salmon/
  • https://www.halodoc.com/artikel/4-manfaat-ikan-salmon-untuk-bayi
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.