Home » Blog » Berikut 7 Cara Memasak Ikan Salmon agar Tidak Kehilangan Gizi

Berikut 7 Cara Memasak Ikan Salmon agar Tidak Kehilangan Gizi

cara masak ikan salmon

Ikan salmon adalah ikan yang mengandung gizi yang tinggi. Ikan salmon mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Memasak ikan salmon bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Ketahui cara masak ikan salmon agar tidak kehilangan gizinya dari ulasan berikut ini.

Ikan yang mempunyai ciri warna orange kemerahan ini mempunyai tekstur yang cenderung lunak dan mudah hancur daripada jenis ikan yang lain. Kesalahan paling umum dalam hal memasak ikan salmon adalah memasak terlalu lama.

Metode memasak yang kurang tepat dapat membuat kandungan gizi pada ikan salmon berkurang atau bahkan akan menambahkan jumlah lemak didalamnya. Lalu, bagaimana cara memasak ikan salmon yang tepat supaya kandungan gizinya tetap optimal? Berikut penjelasannya.

Ikan salmon

Cara Masak Ikan Salmon yang Benar

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut data, setiap satu porsi ikan salmon dengan berat berkisar 85-100 gram mengandung 1,2 sampai 1,9 gram asam lemak omega 3.

American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan yang mengandung lemak baik salah satunya asam lemak omega 3, minimal  dua porsi dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

BELI IKAN SALMON SEGAR DI SESA.ID SEKARANG!

Ikan salmon juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, yang dibutuhkan untuk produksi energi, mengontrol inflamasi, dan menjaga kesehatan jantung dan kesehatan ota.

Mineral yang terkandung dalam ikan salmon antara lain kalium dan selenium. Kalium bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya retensi cairan. Selenium berperan untuk kesehatan tulang, meningkatkan fungsi tiroid, dan melindungi dari kanker.

Ikan salmon juga mengandung astaxanthin, suatu antioksidan menjaga kesehatan jantung, otak, sistem saraf dan kesehatan kulit. Astaxanthin memberikan warna merah khas pada ikan salmon.

Sahabat sehat, kandungan gizi ikan salmon yang begitu tinggi tersebut tentu membuat Sahabat Sehat akan lebih cermat dalam proses pengolahannya menjadi masakan. Berikut adalah cara memasak ikan salmon yang BISA Sahabat Sehat pilih

1. Dibakar

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa membakar diketahui menyebabkan pembentukan senyawa berbahaya yang disebut amina heterosiklik (HA) dan hidrokarbon aromatic polisiklik (PAH). Kedua senyawa tersebut terbentuk ketika jaringan otot dari daging dan ikan dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi terutama diatas api.

Namun risiko yang terkait dengan senyawa ini hanya dikaitkan dengan asupan tinggi daging merah atau daging olahan. Olahan ikan belum dikaitkan dengan risiko yang sama. Proses memanggang dapat dilakukan tidak dengan api terbuka, dalam hal ini dapat menggunakan media seperti grill pan.

Metode memasak ini juga minim menambahkan minyak dan tidak memerlukan waktu yang lama,  sehingga dapat menjadi salah satu alternatif metode memasak ikan salmon untuk menjaga nilai gizinya. Agar rasanya lebih juicy dan lezat, berikan sedikit perasan jeruk nipis diatas daging ikan salmon saat memanggangnya.

cara masak ikan salmon premium fillet

Salmon Premium Fillet

2. Dikukus

Metode memasak dengan cara dikukus adalah suatu metode yang dilakukan dengan panci dan dirancang khusus menggunakan air panas yang diuapkan untuk mematangkan ikan salmon. Mengukus tidak menambahkan minyak atau lemak pada ikan salmon, sehingga menggunakan metode ini tidak akan menambah kalori atau mengubah lemak pada ikan salmon.

Metode mengukus adalah metode yang menggunakan suhu lebih rendah dibandingkan dengan metode lain sehingga nilai gizi ikan salmon tetap terjaga dan meminimalkan pembentukan senyawa kimia berbahaya seperti amina heterosiklik (HA) dan hidrokarbon aromatic polisiklik (PAH).

Salmon norwegian premium fillet

Norwegian Premium Fillet

3. Direbus

Metode memasak ikan salmon yang lain yaitu dengan merebusnya. Ikan salmon dapat dijadikan sup. Sahabat Sehat tinggal menambahkan sayuran dan bumbu-bumbu. Hasil akhirnya, Sahabat Sehat akan mendapatkan daging ikan salmon yang bertekstur lembut sekaligus lezat untuk disantap.

Kepala Salmon

Kepala Ikan Salmon Trout

4.    Dipanggang

Ikan salmon cocok dimasak dengan cara dipanggang. Metode memasak yang satu ini juga menyehatkan karena minim sekali ditambahkan minyak. Memanggang memang memakan waktu sedikit lebih lama daripada metode memasak lainnya. Jadi, perkirakan ikan Sahabat Sehat akan menghabiskan sekitar 20 hingga 30 menit di dalam oven, tergantung pada suhu yang Sahabat Sehat atur.

salmon Protein hewani

Cara Masak Ikan Salmon dengan Dipanggang

5.    Sous Vide

Detail Metode: Masak dalam kantong sous vide tertutup pada suhu 500C selama 30 menit

Waktu Memasak: 30 menit ditambah setidaknya 30 menit waktu marinasi

Tentang metode ini: Penggemar teknik ini, yaitu pada dasarnya memasak protein yang disegel vakum dengan lembut dan dimasukkan ke bak air. Sahabat Sehat memilih tingkat kematangan ikan yang tepat. Pemilihan suhu 500C, dapat menghasilkan ikan salmon yang “sangat lembab, lembut, dan bersisik.”

Setelah membuat panci air ke suhu yang diinginkan dan menempelkan Joule sous vide, ikan salmon yang sudah dibumbui dan dilapisi minyak dimasukkan dan ke dalam wadah plastic yang di vakum ke dalam air dan mengatur timer.

Masak ikan salmon

6. Dibumbui dan Ditumis di Wajan

Detail Metodemarinasi ikan salmon selama 15 menit dengan air garam. Goreng dalam wajan antilengket dengan api sedang-tinggi selama total 12 hingga 16 menit, balik sekali. Tentang metode ini: Pengasinan basah selalu berhasil pada ayam dan salmon menghabiskan separuh hidupnya di air asin, jadi metode ini masuk akal mudah.

Setelah direndam cepat selama 15 menit, Sahabat Sehat dapat menepuk-nepuk fillet dan meletakkannya di wajan kering yang dingin, menyalakan api sampai sedang-tinggi, dan memasaknya selama enam menit per sisi.

Salmon sumber vitamin D

Salmon Bone And Belly

7. Ikan Salmon Mentah

Ikan Salmon mentah segar sarat dengan asam lemak omega-3 dan memiliki rasa yang luar biasa. Salmon mentah sering disajikan sebagai sushi atau sashimi. Nigiri, atau sushi yang dibentuk dengan tangan, adalah pilihan yang lebih enak dengan nasi merah.

Beli Ikan Salmon di SESA

Ikan salmon adalah makanan sehat yang merupakan tambahan yang bagus untuk diet apa pun. Namun, metode memasak, lama waktu memasak, dan minyak goreng yang Sahabat Sehat gunakan semuanya dapat memengaruhi profil gizi ikan salmon Sahabat Sehat.

American Heart Association merekomendasikan agar Sahabat Sehat membuang kulit sebelum memasak untuk mengurangi risiko menelan kontaminan seperti PCB atau dioksin. Dalam kebanyakan kasus, manfaat kulit salmon tidak lebih besar daripada risikonya.

Dioksin dan PCB ditemukan pada tingkat rendah di banyak makanan. Paparan jangka panjang zat ini telah terbukti menyebabkan berbagai efek buruk pada sistem saraf, kekebalan dan endokrin, dan mengganggu fungsi reproduksi. PCB dan dioksin juga dapat menyebabkan kanker.

Secara keseluruhan, metode memasak yang paling sehat membatasi hilangnya lemak omega-3 yang sehat, mempertahankan nutrisi paling banyak dan meminimalkan pembentukan senyawa berbahaya. Secara umum, ini berarti bahwa memanggang, mengukus, dan merebus ikan adalah pilihan terbaik Sahabat Sehat.

https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-way-to-cook-fish#TOC_TITLE_HDR_5

https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-salmon#6.-Contains-astaxanthin

https://www.thekitchn.com/best-salmon-cooking-method-skills-showdown-23004976

Sumber Gambar: 

Freepik.com

sesaa.id

https://cdn.apartmenttherapy.info/image/upload/f_auto,q_auto:eco,c_fit,w_1318,h_879/k%2FPhoto%2FSeries%2F2020-03-Skills-Showdown-Salmon%2FSkills-Salmon_2