Home » Blog » 5 Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Mudah Empuk dan Enak

5 Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Mudah Empuk dan Enak

cara memasak rendang daging sapi

cara memasak rendang daging sapi – Sahabat sehat, pasti tahu daging rendang. Kuliner khas Minangkabau ini memang sangat terkenal. Bahkan tidak hanya di Indonesia, saja, bahkan hingga ke mancanegara.

Aromanya yang menggugah selera, dagingnya yang empuk, serta rasa nya yang melimpah, membuat siapa saja menyukai kuliner yang satu ini. Lalu bagaimana cara memasak rendang daging sapi agar enak, empuk, dan pastinya bumbunya menyerap sempurna.

Tips memasak daging rendang agar empuk dan enak

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara memasak rendang daging sapi, agar rendang yang Sahabat sehat buat empuk, dan pastinya enak.

Banner Daging

Pilih dan gunakan bagian daging sapi yang tepat

Adapun cara memasak rendang daging sapi enak yang harus Sahabat sehat perhatikan pertama kali adalah memilih daging sapi yang tepat. Adapun jenis bagian sapi yang paling umum digunakan untuk membuat rendang adalah daging dari bagian paha.

Terutama paha luar. Karena teksturnya yang padat. Hindari menggunakan bagian yang lunak, mengingat teknik memasaknya yang terbilang lama.

Salah satu jenis daging yang pas, untuk membuat rendang adalah daging Sapi Grass Fed. Tidak lain merupakan sapi yang dipelihara secara khusus.

Teknik merawatnya sedikit berbeda, dengan cara dilepas dan diberi pakan rumput yang masih segar. Selain itu, sapi ini  bebas dari tambahan hormon, bebas suntik antibiotik, dan juga tidak diberi vitamin buatan.

Mengolah daging dan juga bumbu secara tepat

Untuk memperoleh cita rasa yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan bahan bumbu rendang yang masih segar. Sahabat sehat dapat menghaluskannya dengan cara digiling, atau juga diulek. Menggunakan blender, sebenarnya bisa saja, hanya saja rasanya jadi kurang maksimal.

Sebagai cara memasak rendang daging sapi enak praktis semua bumbu dihaluskan, baru ruang santan, dan rebus bersama bumbu halus. Setelah mengental, dan mengeluarkan minyak, baru daging sapi dimasukkan, dan masak hingga daging matang.

Perhatikan jumlah santan yang digunakan

Tips atau cara memasak rendang daging sapi mudah yang harus diperhatikan berikutnya adalah, santan. Santan sendiri adalah salah satu bahan utama yang cukup memberikan pengaruh rasa gurih pada masakan rendang.

Untuk penggunaan secara tepat, sebaiknya gunakan perbandingan 1 : 3, yaitu 1 kg daging, dengan santan kental yang berasal dari 3 butir kelapa. Tapi jika Sahabat sehat ingin membuat rendang pedas, maka untuk 1 k daging sebaiknya gunakan 250 g cabai, dengan santan kental yang berasal dari 4 btr kelapa.     

Banner Daging

Masak rendang menggunakan api kecil

Adapun tips cara memasak rendang daging sapi lainnya yang perlu diperhatikan adalah masak menggunakan api kecil, akan lebih baik, jika memasaknya selama beberapa jam. Hal ini dilakukan agar bumbu meresap sempurna, dan daging jadi benar-benar empuk.

Sahabat sehat yang suka dengan rendang kering, sebaiknya masak selama 5 hingga 6 jam. Sedangkan bagi Sahabat sehat yang ingin memasak rendang basah, sebaiknya masak sekitar 4 jam saja.

Aduk rendang secukupnya

Adapun cara memasak rendang daging sapi berikutnya adalah daging rendang jangan diaduk terlalu sering, agar tidak mudah hancur, ketika memasaknya. Sahabat sehat dapat mengaduknya sesekali, agar tidak gosong, lakukan secara hati-hati, agar bentuk potongan daging tetap terjaga dengan baik.

Keunggulan menggunakan daging sapi Grass Fed

Pastinya ada beberapa keuntungan yang akan didapat ketika menggunakan daging jenis  Grass fed, antara lain :

  1. Mempunyai kandungan vitamin D yang cukup tinggi.  Lantaran dipelihara dengan tidak dikandangkan, ini yang membuat sapi menerima lebih banyak cahaya matahari, secara langsung.
  2. Kandungan CLA (conjugated linoleic acid) yang lebih banyak. Ini salah satu kandungan nutrisi anti kanker yang cukup terkenal baik untuk kesehatan Sahabat sehat.
  3. Memiliki lebih banyak lemak sehat dan juga omega 3. Dimana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung.
  4. Mengandung Nontoxic alternative, atau sebagai alternatif konsumsi daging sapi, yang  bebas dari aneka bahan kimia berbahaya, antara lain antibiotik dan hormone, pastinya aman dan bergizi.
  5. Lebih ramah lingkungan. Lantaran sapi secara alami mengurangi hama alam, sedangkan kotorannya terbukti membantu mengembalikan kesuburan tanah

Banner Daging

Referensi : Royco
Gambar oleh Denny Lubis dari Pixabay