Home » Blog » 4 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu agar Tidak Tertipu

4 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu agar Tidak Tertipu

madu asli dan palsu

Berbagai kasus peredaran madu palsu telah banyak ditemukan belakangan ini. Maka dari itu, sebagai masyarakat cerdas, Sahabat Sehat perlu selalu waspada dan meninjau lebih dalam sebelum membeli madu asli. Sahabat Sehat perlu tahu cara membedakan madu asli dan palsu agar tak tertipu.

Langkah-Langkah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Secara penampilan, kedua jenis madu ini sekilas memang tampak sama dan sulit untuk mengetahui dimana letak perbedaannya. Contoh komposisi madu palsu yang pernah terciduk dalam suatu penangkapan oknum oleh pihak kepolisian bahkan sama sekali tidak ada kadar madunya.

Komposisi ‘madu’ tersebut terdiri dari campuran glukosa, fruktosa, dan molase. Padahal, molase biasanya sering digunakan sebagai campuran pada pakan ternak. Jika dikonsumsi oleh manusia, efeknya akan sangat berbahaya. Warna molase adalah coklat keruh, hampir sama dengan madu.

Salah satu komposisi madu diatas adalah satu dari banyak kasus lain yang tidak semuanya dapat dijabarkan disini. Poinnya adalah Sahabat Sehat perlu mengetahui bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu agar tidak rugi di uang maupun di kesehatan tubuh.

Berikut beberapa cara membedakan madu asli dengan madu palsu yang dilansir dari Kompas.com:

  • Lakukan Tes Ibu Jari

Untuk membedakan mana madu yang asli dan mana yang palsu, Sahabat Sehat bisa menggunakan cara ini agar selama membeli madu tidak sempat tertipu. Caranya, Sahabat Sehat cukup letakkan setetes madu pada ibu jari dan lihat hasilnya.

Jika madu di jari Sahabat Sehat menyebar atau bahkan ‘mengalir’ ke bagian jari yang lain, maka dapat dikatakan bahwa madu tersebut tidaklah murni. Hal ini karena madu tersebut cenderung lebih encer dan berair dari kadar madu asli yang 100 persen murni.

Salah satu ciri madu yang asli adalah teksturnya kental, lengket, dan tidak encer. Jika menempel di ibu jari atau permukaan manapun, ia akan tetap menempel dan tidak akan menetes.

  • Lakukan Tes dengan Air

Cara membedakan madu yang asli dan yang palsu selanjutnya adalah dengan menggunakan tes air. Ambil satu sendok madu dan tuangkan ke dalam gelas atau wadah yang sudah berisi air. Setelah itu, aduk sebentar dan lihat hasilnya.

Apakah madu tersebut larut bersama air atau tetap terpisah dengan lapisan air? Jika madu itu larut dalam air, maka madu tersebut palsu atau tidak sepenuhnya murni. Namun, jika madunya tetap mengendap di bagian bawah gelas, tandanya madu yang Sahabat Sehat beli adalah asli dan murni.

  • Lakukan Tes dengan Kain Putih

Membedakan madu asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan bantuan selembar kain putih. Caranya, Sahabat Sehat bisa meneteskan sedikit madu pada kain tersebut.

Jika madu tersebut tembus dan meninggalkan noda pada kain putih, tandanya madu yang Sahabat Sehat beli itu palsu. Ciri-ciri madu yang asli itu tidak dapat tembus di kain maupun kertas, serta tidak meninggalkan noda.

  • Lakukan Tes Bakar

Sifat madu murni adalah mudah terbakar. Sahabat Sehat dapat memanfaatkan sifat ini untuk melakukan tes dengan cara dibakar. Berikan sedikit madu pada area korek api, lalu nyalakan. Jika bagian korek yang terkena madu ikut terbakar, maka madu tersebut asli.

Lantas, dimana Sahabat Sehat bisa cari tempat jual madu asli dan terpercaya? Beli saja madu uray 640 ml di Sesa. Madu uray Sesa diproduksi asli dari lebah liar alami dan bukan dari lebah ternak.

Bagusnya lagi, Madu Uray ini sangat manis dan bisa Sahabat Sehat aplikasikan sebagai pemanis pengganti gula yang enak dan menyehatkan. Untuk memperoleh madu asli di Sesa, silakan kunjungi Sesa.id untuk info selengkapnya.

 

Referensi: kompas

Photo by Valeria Boltneva from Pexels