fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Membuat Jus Alpukat Untuk Kesehatan

Cara Membuat Jus Alpukat Untuk Kesehatan

cara membuat jus alpukat

Cara membuat jus alpukat pastinya sudah diketahui oleh banyak orang termasuk sahabat sehat. Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat jus alpukat yang enak dan baik bagi kesehatan. Tidak banyak yang tahu juga bahwa jus alpukat bisa membawa dampak baik dan buruk bagi kesehatan tergantung dari cara pengolahannya.

Manfaat Jus Alpukat Yang Sehat

Kebanyakan orang Indonesia membuat jus alpukat dengan cara mencampurkannya dengan susu kental manis atau krimer. Padahal cara ini sebenarnya tidak dianjurkan dan tidak tergolong cara yang sehat. 

Alpukat mengandung banyak vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh, beberapa vitamin serta asam folat dalam alpukat sangat baik bagi kesehatan. Kandungan gizi yang baik dari alpukat yang semestinya memberikan manfaat bagi tubuh justru menjadi membawa efek buruk jika dicampur dengan bahan yang tidak baik.

Cara membuat jus alpukat yang baik bagi kesehatan adalah dengan tidak menambahkan pemanis buatan atau pemanis tambahan baik itu dalam bentuk gula maupun krimer kental manis. Dengan begitu sahabat sehat akan mendapatkan manfaat baik dari buah alpukat.

Resep Jus Alpukat Yang Sehat dan Enak

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa cara membuat jus alpukat yang sehat adalah dengan tidak menambahkan pemanis lainnya. Hanya saja rasa dari buah alpukat yang cenderung getir dan pahit biasanya membuat orang enggan untuk tidak menambahkan pemanis saat mengolah jus alpukat.

Lantas bagaimana solusi untuk mengatasi rasa pahit pada alpukat yang akan diolah sebagai jus? Berikut ini kami berikan resep serta cara membuat jus alpukat yang enak tanpa harus menambahkan pemanis buatan yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Resep jus alpukat apel

Menggabungkan antara alpukat dan buah apel merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan jus alpukat yang enak namun tetap sehat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain.

  • 2 buah alpukat ambil dagingnya saja
  • 2 buah apel ukuran sedang (potong-potong)
  • Es batu
  • Madu murni 2 sendok teh atau sesuai selera
  • Air mineral satu gelas atau bisa diganti dengan susu almond tanpa pemanis

Cara untuk membuat jus alpukat apel sangat mudah. Sahabat sehat hanya perlu mencampurkan semua bahan menjadi satu dalam blender. Jus alpukat apel yang nikmat dan sehat telah siap untuk dinikmati. Villa suka sahabat saya bisa menambahkan potongan jahe yang telah dikupas sebesar setengah ruas jari saja. 

Resep jus aplukat coklat

Siapa bilang kalau jus alpukat coklat tidak bisa terasa nikmat jika tidak ditambahkan dengan susu coklat. Sahabat sehat yang gemar makan coklat juga bisa menikmati jus alpukat coklat dengan versi yang lebih sehat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  • 1 buah daging alpukat
  • 2 sendok teh bubuk coklat
  • 1 buah pisang ukuran sedang
  • Satu cangkir strawberry
  • Oat 1 sendok makan
  • Satu gelas air mineral
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus alpukat coklat ini juga cukup mudah yaitu dengan mencampur semua bahan ke dalam blender lalu menikmatinya dalam keadaan dingin. Bila sahabat saya tidak menyukai coklat maka coklat bubuk coklat bisa diganti dengan susu vanila tanpa gula sebagai pengganti air. 

Jadi solusi untuk menikmati nikmatnya jus alpukat tanpa membahayakan kesehatan adalah dengan  cara membuat jus alpukat sehat tanpa pemanis buatan. Jangan ragu juga untuk mencampur alpukat dengan buah-buahan lain seperti pir yang sama-sama baik manfaatnya serta memiliki rasa manis alami.

Referensi : HelloSehat

Photo by Ponyo Sakana from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.