Home » Blog » 2 Cara Membuat Lemon Madu dan Waktu yang Tepat untuk Meminumnya

2 Cara Membuat Lemon Madu dan Waktu yang Tepat untuk Meminumnya

cara membuat lemon madu

Cara membuat lemon madu sangatlah mudah dan sederhana. Sahabat Sehat hanya perlu mencampurkan air lemon, madu, dan beberapa bahan lainnya agar minuman terasa lebih segar dan mendapatkan manfaat yang beragam untuk kesehatan. 

Perpaduan antara air lemon dengan madu memang terkenal memiliki berbagai manfaat yang menyehatkan. Hal tersebut karena lemon mengandung nutrisi dan vitamin yang kaya, seperti antioksidan, zinc, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Sementara madu mengandung mineral, seperti tembaga, besi, magnesium, dan lain sebagainya.  

Cara Membuat Lemon Madu 

Minum air lemon campur madu dapat mengurangi dehidrasi pada tubuh yang bisa menyebabkan batu ginjal. Mengonsumsi air lemon madu sesudah bangun tidur setiap hari juga mampu memenuhi asupan vitamin C harian dalam tubuh. 

Untuk membuat minuman lemon madu sangatlah sederhana dan mudah. Berikut beberapa cara membuat lemon madu yang bisa diikuti di rumah. 

  • Air Lemon Madu Jahe 

Sahabat Sehat hanya memerlukan empat bahan utama untuk membuat air lemon madu yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahan-bahan:

  1. Jahe tanpa dikupas (3 ruas jari) 
  2. Air 240ml 
  3. Air perasan lemon (1 sdm)
  4. Madu murni (1 sdm) 

Cara Membuat Air Lemon Madu

  1. Pertama, cuci jahe sampai bersih lalu iris tipis atau parut. Masukkan ke dalam wadah, seperti teko. 
  2. Siapkan air dalam panci lalu rebus hingga mendidih.
  3. Jika sudah, tuang air ke dalam teko yang berisi jahe parut. Diamkan selama 3 menit. 
  4. Tambahkan air perasan lemon dan madu 
  5. Tuang air jahe ke dalam gelas menggunakan saringan agar jahe tak ikut masuk. 
  6. Sajikan dan minum saat masih hangat. 
  • Teh Lemon Madu 

Variasi minuman lainnya adalah teh lemon madu atau lemon tea. Campuran antara teh, lemon, dan madu bermanfaat untuk detox tubuh dan mengusir bakteri sehingga tidak mudah sakit.

Sahabat Sehat cukup mengonsumsi satu gelas dalam sehari agar tak mengganggu pencernaan dan iritasi usus. Siapkan berbagai bahan dan ikuti cara membuat teh lemon madu berikut.  

Bahan-bahan: 

  1. Teh celup (1 kantong) 
  2. Lemon (1 iris) peras dan ambil airnya
  3. Madu secukupnya atau sesuai selera
  4. Air hangat (150ml) 

Cara Membuat Teh Lemon Madu 

  1. Siapkan gelas ukuran sedang. Masukkan teh celup dan tambahkan jeruk nipis yang sudah diiris. 
  2. Tuang air hangat lalu aduk hingga rasa teh dan lemon tercampur. 
  3. Tambahkan madu secukupnya atau sesuai selera
  4. Sajikan dan minum selagi hangat agar mendapatkan manfaat yang maksimal. 

 

Waktu Minum Air Lemon Madu 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi air lemon madu? Sebaiknya, air lemon madu hangat diminum sesudah bangun tidur saat pagi hari. Beberapa manfaatnya bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi penuaan dini, mencegah sembelit, meningkatkan imunitas tubuh, hingga mencegah stroke. 

Selain saat pagi hari, air lemon madu juga bisa diminum sebelum tidur ketika malam hari. Ada berbagai manfaat yang didapatkan, seperti nutrisi, kadar vitamin, dan mineral seimbang karena telah terpakai oleh tubuh saat siang hari. 

Bukan hanya itu, mengkonsumsi lemon sebelum tidur juga dapat membantu terhindar dari insomnia. Pasalnya, lemon dapat memperbaiki sendi dan otot yang membuat tubuh akan terasa lebih rileks sehingga kualitas tidur lebih baik. 

Meski begitu, enamel gigi dapat terkikis karena kandungan asam sitrat pada lemon. Untuk menghindarinya, Sahabat Sehat bisa menggunakan sedotan saat minum air lemon dan kumur-kumur air putih agar asam tak menempel di gigi. 

Itu tadi beberapa cara membuat lemon madu yang bisa menjadi inspirasi Anda di rumah. Sahabat Sehat bisa menggunakan madu berkualitas seperti madu uray di Sesa.id agar merasakan manfaat yang maksimal. 

 

Gambar oleh ExplorerBob dari Pixabay