Home » Blog » Berikut 3 Manfaat Telur Kampung Dicampur Madu!

Berikut 3 Manfaat Telur Kampung Dicampur Madu!

manfaat telur kampung dicampur madu

Mencampur telur ayam kampung dengan madu jadi salah satu ramuan herbal yang diandalkan masyarakat untuk meningkatkan kesuburan. Walau ada banyak orang yang mengklaim manfaat telur kampung dicampur madu, Sahabat Sehat yang tertarik mencobanya perlu memperhatikan cara pengolahan dan konsumi, hingga asupan lain yang diperlukan untuk mengoptimalkan fungsinya.

Seefektif apa telur kampung dan madu terhadap kesuburan?

Baik telur ayam kampung dan madu sudah sama-sama terbukti berkhasiat untuk kesehatan, tak terkecuali organ reproduksi pria maupun wanita. Akan tetapi, ada sejumlah faktor lain yang diperlukan agar manfaat yang Sahabat Sehat rasakan tidak setengah-setengah.

Menurut dokter ahli kandungan dan kehamilan dr Beeleonie BMedSc SpOG (K), manfaat telur kampung dicampur madu harus didampingi asupan menyehatkan lainnya seperti sayur dan buah. Studi pun menyebutkan ada tiga jenis nutrisi lain yang dibutuhkan agar tingkat kesuburan bertambah. Antara lain antioksidan, asam lemak omega-3, dan asam folat.

Seperti yang diketahui, antioksidan merupakan kandungan nutrisi penting akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan demikian, peluang pria membuahi pasangan juga lebih besar. Lantas asam lemak omega-3 punya peran penting dalam melindungi sel telur supaya cepat matang dan lebih siap dibuahi sperma.

Sementara asam folat memiliki dampak positif terhadap organ reproduksi pria maupun wanita, terutama fungsi ovarium untuk meningkatkan probabilitas kehamilan. Sehingga saat dipadukan dengan manfaat telur kampung dicampur madu akan menghasilkan khasiat terbaik bagi pasangan suami-istri yang sedang menjalankan program kehamilan.

Apa saja manfaat lain dari campuran telur kampung dan madu?

Selain berdampak positif terhadap kesuburan pria dan wanita, campuran telur ayam kampung dan madu memberikan manfaat lain seperti:

Meningkatkan stamina tubuh

Menurunnya stamina tubuh pasti akan menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengembalikannya, Sahabat Sehat bisa mengonsumsi telur ayam kampung yang dikombinasikan dengan madu. Mengonsumsi ramuan ini secara berkala dipercaya membuat tubuh kembali bugar dan sehat sepanjang hari. Kalau Sahabat Sehat kurang menyukai madu atau butuh pemanis lain, tambahkan gula merah supaya stamina tubuh tetap terjaga dalam waktu lama.

Menunjang kesehatan kulit 

Manfaat telur kampung dicampur madu berikutnya adalah menunjang kesehatan kulit. Mempunyai kulit sehat pastinya bakal membuat Sahabat Sehat lebih percaya diri dalam beraktivitas. Kandungan dalam kedua bahan alami ini akan membuat kulit lebih kenyal, lembut, sekaligus cerah secara alami. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, coba konsumsi telur ayam kampung mentah dengan madu sebanyak dua kali seminggu.

Menjaga keseimbangan hormon

Meningkatkan kesuburan tak akan membuahkan hasil kalau hormon tubuh tak seimbang. Agar prosesnya lancar, Sahabat Sehat bisa mengandalkan manfaat telur kampung dicampur madu. Kandungan nutrisi seperti protein, vitamin, kalsium, hingga antioksidan yang terdapat pada telur ayam kampung dan madu membantu tubuh untuk menyeimbangkan hormon, termasuk yang berdampak pada potensi kehamilan. Hormon yang stabil pun akan mencegah serangan sejumlah penyakit serius.

Masih ada beberapa benefit yang akan Sahabat Sehat dapatkan dari telur ayam kampung yang dicampurkan dengan madu. Antara lain mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memelihara sel-sel tubuh, menjaga kepadatan tulang, hingga menekan risiko penyakit beri-beri.

Sebelumnya, Sahabat Sehat perlu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi direkomendasikan sebelum mengonsumsi telur ayam kampung dan madu. Jadi Sahabat Sehat bisa merasakan manfaat telur kampung dicampur madu tanpa efek samping.

Referensi: Detik, Manfaat

Photo by RODNAE Productions from Pexels