Home » Blog » Yuk, Buat Kol Fermentasi Jerman Dengan 6 Cara Membuat Sauerkraut

Yuk, Buat Kol Fermentasi Jerman Dengan 6 Cara Membuat Sauerkraut

cara membuat sauerkraut

Cara membuat Sauerkraut – Membuat sauerkraut sangat mudah jika Sahabat Sehat ingin mencobanya di rumah. Mau tahu langkah pembuatannya? Mari, simak penjelasan di bawah ini!

Proses pembuatan sauerkraut

Cara membuat sauerkraut sebenarnya sangat mudah. Sahabat Sehat hanya perlu untuk memastikan wadah steril agar tidak ada campuran bakteri jahat yang dapat merusak proses fermentasi serta mengikuti aturannya.Di bawah ini, ada beberapa tahapannya seperti :

  • Melakukan sterilisasi

Hal paling penting yang perlu Sahabat Sehat perhatikan adalah peralatan serta tempat pembuatan sauerkraut. Karena, melalui proses fermentasi, Sahabat Sehat perlu melakukan hal ini untuk menghindari kontaminasi dari bakteri jahat. Peralatan dapat dicuci dengan rebusan air matang, lalu dikeringkan.

  • Iris kubis

Perlu diingatkan untuk tidak mencuci kubis karena akan mempengaruhi bakteri baik di dalamnya.Karena bakteri tersebut yang akan membantu proses fermentasi nantinya. Setelah itu, Sahabat Sehat dapat memotong bagian kubis yang terlihat kecoklatan atau sudah rusak lalu potong menjadi 4 bagian.Jangan lupa untuk membuang batang dalam kubis yang tebal.Iris tipis kubis atau bisa sebesar 1cm.

  • Menaburkan garam

Untuk proses ini Sahabat Sehat dapat menggunakan 3 sendok makan garam setelah ditaruh ke wadah.Sebelumnya, jika Sahabat Sehat menggunakan bahan sayuran lain, seperti wortel, kubis merah, atau bahan lain pastikan sudah diiris tipis.Tingkat keasinan, dapat disesuaikan selera.Penggunaan garam pada proses ini dibutuhkan untuk menekan pertumbuhan bakteri selain dari lactobacillus, agar nantinya sauerkraut dapat disimpan lebih lama.

  • Merendam kubis

Pada tahap ini, Sahabat Sehat melakukan proses dengan menumbuk kubis hingga air kubis keluar dan terendam. Nah, jika air dari kubis kurang menggenangi permukaan, Sahabat Sehat bisa menggunakan larutan air garam. Gunakan air matang 200ml dan 1 sendok garam, lalu tuangkan ke dalamnya.Setelah itu, kubis yang sudah direndamkan tadi, bisa dipindahkan ke wadah yang terbuat dari kaca.

  • Menutup rapat penyimpanan kubis

Setelah selesai dengan proses empat, Sahabat Sehat tinggal menutup rapat toples sauerkraut kubis agar tidak ada udara masuk kedalam. Selain itu, karena baunya yang kurang sedap, pastikan untuk dijauhkan dari area yang sering Sahabat Sehat atau anggota keluarga lewati.Beberapa hari sekali Sahabat Sehat dapat mengecek kubisan sudah terendam dengan baik atau belum.

  • Proses fermentasi

Proses terakhir ini membutuhkan waktu 4-7 hari.Sahabat Sehat dapat meletakkan di tempat dingin sekitar suhu 15-21 derajat celcius, jika ingin lebih dingin lagi justru lebih baik untuk membantu sauerkraut lebih enak.

Fermentasi akan mulai terlihat ketika sudah timbul gelembung di permukaan. Setelah itu, sauerkraut sudah siap untuk disantap. Jika ingin menghentikan proses fermentasi, Sahabat Sehat dapat memasukkan sauerkraut ke dalam lemari pendingin.

Olahan resep sauerkraut

Sauerkraut ini bisa diolah dalam berbagai aneka makanan dan cara membuat sauerkraut juga terbilang sederhana. Ada beberapa olahan yang bisa Sahabat Sehat praktekkan jika ingin menikmati sauerkraut dengan cara lain :

  • Lumpia
  • Tumis Kol
  • Rempeyek
  • Sauerkraut Balls (teknik digoreng dengan tepung)
  • Sup Sauerkraut 

Nah, itu tadi adalah cara membuat sauerkraut serta varian olahan yang bisa Sahabat Sehat coba di rumah. Cara lain yang bisa Sahabat Sehat lakukan, jika tidak memiliki waktu, adalah dengan mengkonsumsi superfood biotona. Terutama, jika mengalami kesulitan untuk mencukupi kebutuhan sayur & buah. Selain itu, mengkonsumsi superfood jauh lebih praktis dan terdapat vitamin & mineral di dalamnya.

Referensi: Just try and taste, Idntimes

Gambar oleh anialaurman dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.