fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Membuat MPASI 6 Bulan Tanpa Blender

Cara Membuat MPASI 6 Bulan Tanpa Blender

Cara Membuat MPASI 6 Bulan Tanpa Blender

Cara membuat MPASI 6 bulan tanpa blender perlu diketahui orang tua yang memiliki bayi berusia 6 bulan dan dianggap sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan pendamping. Hal ini agar kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi selain dari ASI.

Mengolah makanan pendamping ini juga memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya dari cita rasa yang tidak boleh terlalu tajam, teksturnya juga harus lembut dan menyesuaikan usia sehingga mudah untuk dikonsumsi si kecil.

DAPATKAN KEBUTUHAN MPASI 6 BULAN ORGANIK DAN SEHAT DI SESA.ID

Pengertian dan Cara Membuat MPASI 6 Bulan Tanpa Blender

MPASI adalah asupan makanan selain ASI eksklusif yang mulai diberikan pada bayi berusia 6 sampai 24 bulan. Pemberian makanan pendamping ini memiliki tujuan untuk melatih keterampilan mengunyah pada bayi.

Diberikan saat usia enam bulan adalah agar menghindari beberapa risiko. Salah satunya adalah jika saluran pencernaan belum sempurna, pencernaan akan bekerja keras mengolah makanan padat sehingga menimbulkan gangguan pencernaan.

Sejak usia 6 bulan ke atas, ASI akan diberikan sebanyak 60 hingga 70 persen sedangkan sisanya berupa makanan pendamping ASI. Jika masa pengenalan ini terlewati, dikhawatirkan buah hati akan kesulitan menelan makanan.

Makanan yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Untuk itu, perlu mengetahui caranya agar dapat membuat sesuai selera namun tetap terjaga kebersihan dan nutrisi untuk bayi.

Cara Membuat MPASI 6 Bulan Tanpa Blender dengan Tepat

Hindari memberikan makanan padat atau minuman selain ASI pada bayi berusia kurang dari enam bulan. Ini disebabkan pada usia ini bayi lebih berisiko mengalami alergi terutama makanan seperti kacang, ikan, susu sapi, dan keju.

Ciri-ciri umum yang menunjukkan bahwa bayi siap untuk mengonsumsi MPASI adalah mulai bisa meraih makanan dan memasukkan ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut, dan tangannya.

Duduk sendiri tanpa bantuan dengan posisi kepala telah tersangga baik oleh tubuh. Kemudian bayi tertarik pada makanan yang dikonsumsi. Terakhir dapat menelan makanan, karena jika tidak bayi akan mengeluarkan kembali makanan yang diberikan.

Oleh karena itu, jangan terlalu terburu-buru mengetahui caranya. Perlu Sahabat Sehat pertimbangkan terlebih dahulu perkembangan buah hati agar tidak salah dalam memberi MPASI.

BACA JUGA: Saran Pemberian MPASI Pertama yang Benar dan Sehat, Apa Saja?

Perhatikan Cara Membuat MPASI 6 bulan Tanpa Blender

Tidak jarang banyak orang tua menggunakan blender saat mengolah MPASI. Namun menggunakan blender dalam pembuatan makanan pendamping ASI tidak direkomendasikan. Karena blender dapat memecah kandungan nutrisi dalam MPASI.

Termasuk zat pati alami seharusnya didapatkan si kecil. Penggunaan blender terus-menerus juga akan membuat si kecil lebih sering mengemut makanan dibanding mengonsumsinya. Berikut caranya yang dapat dicoba di rumah.

1. Membuat Bubur Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang baik untuk dijadikan MPASI pada bayi. Hal ini dikarenakan pisang banyak mengandung kalium dan serat. Pisang juga dikenal sebagai salah satu antasida alami sehingga mudah dicerna di lambung.

Meski baik untuk bayi, Sahabat Sehat perlu mengetahui untuk tidak memberikannya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan sembelit pada si kecil. Cara membuat MPASI 6 bulan tanpa blender adalah dengan membuat bubur pisang.

Sahabat Sehat hanya perlu menyiapkan satu buah pisang kecil dan ASI atau susu formula. Kupas dan potong terlebih dahulu pisang dan letakkan dalam mangkuk. Lalu hancurkan pisang tersebut menggunakan garpu hingga halus.

Tambahkan sedikit ASI atau susu formula agar dapat mengencerkan tekstur serta menambah rasa yang telah dikenal si kecil. Kemudian sajikan makanan pendamping ini sebagai sarapan bersama dengan ASI atau susu formula.

Pisang

Pisang

2. MPASI Bubur Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah berlemak baik serta bagus untuk otak dan perkembangan fisik bayi. Alpukat yang matang dengan sempurna merupakan salah satu jenis buah favorit bayi karena teksturnya yang lembut.

Cara membuat MPASI 6 bulan tanpa blender menggunakan buah ini adalah dengan mengolahnya menjadi bubur alpukat. Cukup sediakan 1 buah alpukat organik, ASI, susu formula atau air mineral. Pisahkan daging buah dari kulitnya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Inilah 20 Kreasi Sehat Mpasi 6 Bulan

Kemudian letakkan dalam mangkuk dan hancurkan menggunakan garpu hingga halus. Tambahkan sedikit ASI dan susu formula atau air agar membuat tekstur menjadi encer. Setelah alpukat dihancurkan, tuang ke dalam wadah pembuat es batu.

Lapisi wadah dengan plastik sebelum membekukannya ke dalam freezer. Penyajiannya cukup dengan melelahkan atau cairkan bubur alpukat tadi dengan meletakkannya di atas mangkuk berisi air panas. Kemudian tambahkan ASI atau susu formula.

Alpukat Mentega

Alpukat Mentega

3. Membuat Bubur Ubi Panggang

Ubi merupakan makanan yang kaya akan vitamin khususnya vitamin A, antioksidan, dan serat yang dapat menyehatkan pencernaan si kecil. Cara membuat MPASI 6 bulan tanpa blender yang dapat dilakukan adalah dengan membuat bubur ubi panggang.

Sehat hanya perlu menyiapkan dua ubi berukuran sedang dan ASI atau susu formula. Terlebih dahulu panaskan oven hingga menunjukkan di suhu 200 derajat celcius. Bersihkan ubi kemudian tusuk dengan menggunakan garpu.

Letakkan ubi yang telah ditusuk menggunakan garpu di atas loyang panggangan. Kemudian panggang ke dalam oven selama 45 menit atau sampai ubi berkerut dan empuk. Setelah berkerut dan empuk keluarkan dari oven kemudian pisahkan dari kulitnya.

Letakkan ubi ke dalam mangkuk dan hancurkan menggunakan garpu hingga halus. Lalu tambahkan sedikit ASI atau susu formula untuk mengencerkan tekstur. Setelah itu langsung sajikan kepada si kecil.

Pemberian MPASI bertujuan melatih dan membiasakan bayi mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi seiring pertambahan usianya. Selain bahan mudah didapatkan, juga enak dan bergizi dan mudah untuk dicoba.

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5101467/apa-itu-mpasi-berikut-menu-mpasi-6-bulan-menurut-who
  • https://www.finansialku.com/apa-itu-mpasi/#Jadi_Pilih_Membuat_Sendiri_atau_Membeli
  • https://nakita.grid.id/read/022979462/moms-harus-tahu-ini-3-ide-cara-membuat-mpasi-6-bulan-tanpa-blender-yang-bisa-moms-coba-buat-sendiri?page=all
Tags: