Home » Blog » Saran Pemberian MPASI Pertama yang Benar dan Sehat , Apa Saja?

Saran Pemberian MPASI Pertama yang Benar dan Sehat , Apa Saja?

Sahabat sehat mungkin bingung saat memberikan MPASI pertama pada si kecil. Makanan seperti apakah yang harus diberikan? Tak perlu khawatir, pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan membaca ulasan di bawah ini.

Seperti diketahui, makanan pendamping ASI (MPASI) biasanya diberikan setelah enam bulan ASI eksklusif yang diberikan pada si kecil. Saran makanan yang diberikan sebagai MPASI pun tak muluk-muluk.

Secara garis besar. Ada menu empat bintang yang disarankan untuk MPASI enam bulan pertama. Makanan-makanan ini sebaiknya mengandung empat unsur gizi diantaranya, protein hewani, protein nabati, karbohidrat dan sayuran.

DAPATKAN MAKANAN SEHAT UNTUK SI KECIL DI SESA.ID

Saran Jenis MPASI Pertama si Kecil 

Nah, agar sahabat sehat punya gambaran mengenai menu apa yang diberikan untuk MPASI si kecil, berikut ini ada sejumlah saran pemberian MPASI yang sehat untuk si kecil. Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: 

 

1. Jangan Berikan Buah yang Tinggi Serat dan Menimbulkan Gas

Jika sahabat sehat ingin memberikan buah-buahan untuk MPASI, sebaiknya pilihlah buah yang tidak mengandung tinggi serat serta tidak bisa berpotensi menimbulkan gas. Usahakan pula, untuk memilih buah yang tidak terlalu matang, tidak kesat serta tidak pedas. Buah yang direkomendasikan untuk MPASI misalnya, pepaya, jeruk atau pisang.

2. Jangan Berikan Sayuran yang Bisa Menimbulkan Gas

Tak hanya buah yang ternyata bisa menimbulkan gas pada si kecil, beberapa jenis sayuran ternyata juga bisa berpeluang menimbulkan gas. Contoh sayuran yang bisa menimbulkan gas adalah kol, sawi, lobak, kacang panjang, kembang kol ataupun asparagus.

Sebaiknya hindari jenis sayuran di atas sebagai MPASI si kecil. Sahabat sehat bisa mengganti sayuran untuk MPASI dengan wortel, bayam, labu, tomat ataupun labu siam. Jenis sayuran ini sangat direkomendasikan untuk MPASI si kecil.

3. Pilih Protein Hewani yang Rendah Serat

Sama halnya dengan buah-buahan, si kecil sebaiknya juga diberikan protein hewani yang memiliki kandungan serat yang rendah. Hal ini lantaran, pencernaan bayi belum terlalu kuat untuk bisa mengolah makanan yang tinggi serat.

Untuk itu, disarankan menggunakan protein hewani seperti hati ayam, ikan salmon, daging ayam ataupun daging sapi giling sebagai MPASI pertama si kecil. Pastikan untuk mengolahkan sebaik mungkin sebagai menu MPASI yang sehat dan bernutrisi tinggi.

Inspirasi Menu MPASI Pertama si kecil

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai saran MPASI untuk si kecil. Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh sahabat sehat ketika membuat menu MPASI. Jika sahabat sehat masih bingung terkait pembuatan menunya, adapun saran menu MPASI si kecil yang bisa dijadikan inspirasi sahabat sehat.

  1. Nasi Tim dengan Ikan

Sahabat sehat bisa membuat nasi tim dengan campuran protein hewani, misalnya ikan. Menu ini mudah dibuat dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Apalagi jika ditambahkan dengan Organic Chicken Broth yang merupakan kaldu homemade dengan pilihan bahan yang berkualitas. Tentu akan menjadi menu favorit si kecil.

Daging Giling salmon Mpasi Pertama

Daging Giling salmon

  1. Puree Pisang

Inspirasi menu lainnya yakni puree pisang. Pisang merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai MPASI si kecil. Sahabat sehat pun bisa dengan mudah menemukan bahan ini dimana-mana. Caranya membuatnya pun terbilang mudah. Hanya dengan pisang dan coba haluskan pisang tersebut sesuai tekstur yang diinginkan.

Pisang

Pisang

  1. Puree Wortel

Makanan sehat berikutnya untuk MPASI adalah pure wortel. Tekstur wortel yang menyenangkan membuat saya ini menjadi pilihan yang tepat sebagai pengantar makanan padat pada si kecil. Apalagi rasanya yang manis dengan kandungan zat gizi yang baik, seperti antioksidan, vitamin A serta betakaroten.

Wortel Organik

Wortel Organik

  1. Bubur Kentang dan Daging Sapi

Inspirasi menu berikutnya adalah bubur kentang dan daging sapi. Bahan yang sederhana serta cara pembuatan yang mudah cocok untuk sahabat sehat sebagai menu MPASI. Meski begitu, menu ini mengandung nutrisi yang baik untuk si kecil. Sahabat sehat juga bisa menambahkan Organic Chicken Broth yang terbuat dari bahan alami dari sesa.id.

daging Makanan sehat untuk ibu hamil

Daging Sapi

Nah, itulah ulasan mengenai saran pemberian MPASI pertama pada si kecil yang perlu diperhatikan oleh sahabat sehat. Ada pula inspirasi menu untuk MPASI si kecil yang bernutrisi tinggi. Bagi sahabat sehat yang ingin mendapatkan bahan-bahan untuk melengkapi menu mpsi, bisa mengunjungi website sesa.id atau bisa mengunduh Apps di Playstore dan Appstore sesa.id, untuk lebih memudahkan sahabat sehat.

https://www.orami.co.id/magazine/mpasi-pertama

https://www.halodoc.com/artikel/jenis-makanan-yang-cocok-untuk-awal-mpasi

https://www.haibunda.com/parenting/20201017134804-59-168704/bingung-sajikan-mpasi-pertama-simak-saran-ahli-yuk

https://hot.liputan6.com/read/4450085/10-resep-mpasi-6-bulan-pertama-inspirasi-menu-sehat-dan-lezat

Tags: