Home » Blog » Menggunakan Bahan Sederhana, Ini 5 Langkah Membuat Puding Buah Naga yang Bergizi

Menggunakan Bahan Sederhana, Ini 5 Langkah Membuat Puding Buah Naga yang Bergizi

cara membuat puding buah naga

Buah naga memiliki daging yang terasa sedikit manis dan mengandung kalori rendah. Tak heran, beberapa individu menyukainya dan mengolahnya menjadi berbagai macam sajian, seperti smoothies, jus, pelengkap yogurt, bahkan puding buah naga. Lantas, bagaimana cara membuat puding buah naga?

Sahabat Sehat bisa mengikuti cara membuat puding buah naga berikut sebagai sajian keluarga di rumah ketika sedang berakhir pekan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

1 buah naga merah
1 bungkus agar-agar rasa plain
Jelly secukupnya (opsional)
120 gram gula pasir atau bisa disesuaikan selera
½ sendok teh vanili bubuk
Garam secukupnya (opsional)
250 ml susu UHT
100 ml air matang

Cara membuat puding buah naga:

  • Cuci bersih buah naga, lalu blender hingga semi halus. Beri sedikit air agar buah naga tak terlalu kental, sisihkan
  • Siapkan panci berisi air, lalu masukkan agar-agar, gula pasir, bubuk vanili, garam, dan susu UHT.
  • Aduk bahan agar tercampur rata. Rebus dengan api sedang hingga hampir mendidih
  • Tuang adonan buah naga yang sudah diblender ke dalam panci, aduk lagi hingga merata secara keseluruhan
  • Jika sudah, tuang adonan yang telah tercampur ke dalam berbagai cetakan yang Sahabat Sehat miliki

Cara membuat puding buah berdaging merah ini memang sangatlah sederhana dan mudah untuk ditiru di rumah. Sahabat Sehat dapat meniru dan menyajikannya dengan berbagai bentuk-bentuk cetakan agar lebih menarik perhatian.

Jika ingin lebih segar dan nikmat, letakkan puding yang sudah mengeras ke dalam lemari es selama satu jam. Sahabat Sehat juga bisa menambahkan berbagai jenis topping kesukaan, seperti buah naga yang dipotong-potong atau buah lainnya.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga

Selain rasanya yang lezat, buah naga juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui cara membuat puding buah naga, ketahui beberapa kandungan dan manfaat buah naga:

Kaya akan Cairan

Kandungan cairan dalam buah naga sangatlah tinggi meskipun tumbuh di daerah tropis. Kesegaran yang diberikan buah naga mampu menghilangkan dehidrasi.
Anda bisa mengolah buah naga menjadi berbagai jenis minuman segar, seperti jus, es buah, atau camilan puding buah naga.

Sumber Zat Besi

Buah naga mampu memicu pembentukan hemoglobin di dalam darah. Hal ini karena kandungan zat besi yang ada.

Hemoglobin sendiri berfungsi untuk membawa oksigen yang berasal dari paru-paru ke seluruh sel-sel dalam tubuh. Kadar hemoglobin yang cukup akan membuat Sahabat Sehat terhindar dari anemia.

Selain itu, buah naga juga mampu meningkatkan kecerdasan si buah hati dan menunjang tumbuh kembangnya. Jadi, puding buah naga sangat cocok untuk mengenalkan anak agar menyukai buah-buahan yang kaya nutrisi.

Kaya Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi daripada wortel. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kebugaran, hingga kesehatan kulit. Selain itu, buah naga juga membantu penyerapan zat besi pada saluran cerna.

Tinggi Serat

Wanita dan pria membutuhkan asupan serat yang berbeda setiap harinya. Seorang wanita membutuhkan asupan 25 gram serat, sementara pria membutuhkan 38 gram serat per harinya. Dalam satu buah naga utuh, terkandung sekitar 7 gram serat yang bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

Prebiotik

Terdapat dua bakteri baik dalam usus yang bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit. Kandungan prebiotik dalam buah naga mampu menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat pada usus.

 

Setelah mengetahui cara membuat puding buah naga, kini saatnya bagi Sahabat Sehat untuk memilih buah naga terbaik. Sahabat Sehat bisa mendapatkan buah naga berkualitas di Sesa.id untuk membuat puding dan kreasi lainnya.

Referensi: IDNTimes
Photo by Na Urchin from Pexels