Home » Blog » 6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bagi Pencernaan Maupun Imunitas Tubuh

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bagi Pencernaan Maupun Imunitas Tubuh

manfaat buah naga untuk kesehatan

Manfaat buah naga untuk kesehatan sudah menjadi minat peneliti medis selama beberapa dekade lamanya. Buah ini perlahan tapi pasti mulai menjadi populer di kalangan umum, tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Tentunya beberapa khasiat tersebut sudah didukung oleh penemuan sains yang dapat dipertanggung jawabkan.

Buah naga mengandung berbagai macam nutrisi yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Di bawah ini adalah ragam manfaat yang bisa Anda peroleh jika mengkonsumsinya dengan jumlah yang cukup:

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker dalam Tubuh

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah naga sangat tinggi. Tercatat bahwa buah naga mengandung betasianin, flavonoid, dan asam fenolik yang merupakan tiga tipe antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang bisa mencegah terjadinya inflamasi seluler tubuh.

Akibat kandungan antioksidan di dalamnya, manfaat buah naga untuk kesehatan adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Sel kanker bisa terbentuk ketika terjadi inflamasi sel tubuh. Sel yang rusak bisa berubah menjadi kanker yang merusak sel lain di sekelilingnya.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan probiotik yang ada di dalam buah naga diketahui baik untuk kesehatan usus. Hal ini dikarenakan probiotik mampu menyeimbangkan kadar bakteri baik dan jahat yang ada di dalam usus. Akibatnya, proses pencernaan menjadi lebih sehat.

Selain itu, diketahui bahwa buah naga merupakan obat konstipasi yang cukup efektif. Manfaat ini didapatkan dari kadar air dan seratnya yang sangat tinggi. Selain itu, banyak ahli berpendapat bahwa biji di dalamnya merupakan laxative yang sifatnya ringan.

Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang berikutnya adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Seseorang yang rajin mengkonsumsi buah naga cenderung akan lebih jarang mengalami sakit akibat virus dan bakteri. Hal ini karena tubuh dapat menanggulangi gangguan itu.

Peran buah tropis ini di dalam penguatan sistem imunitas adalah berkat kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Vitamin C membantu melakukan penggantian sel-sel imun yang rusak akibat menangkal zat-zat asing dengan teratur. Karena itu, tubuh menjadi tidak rentan sakit.

Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah adalah sesuatu hal yang cukup penting. Darah bertanggung jawab terhadap distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa pasokan oksigen yang memadai, organ tubuh tidak akan mampu berfungsi secara optimal. Selain itu, darah juga mengangkut zat-zat gizi.

Kandungan zat besi, yang berfungsi sebagai zat pendukung produksi sel darah merah, di dalam buah naga sangat tinggi. Produksi yang cukup ini memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan optimal. Sahabat Sehat akan merasa lebih bugar karena sistem peredaran darah yang lancar.

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Diketahui juga bahwa buah naga merupakan bahan makanan yang baik bagi Sahabat Sehat yang mengalami kondisi insulin defektif, seperti penderita diabetes. Penderita diabetes sulit memproduksi insulin sehingga kadar gula darah mudah berfluktuasi. Akibatnya muncul banyak komplikasi kesehatan.

Penelitian terhadap tikus mengindikasikan bahwa buah naga memiliki kandungan yang dapat segera meregenerasi hormon insulin. Akibatnya, kadar gula darah dapat lebih dikontrol. Individu dengan diabetes pun kemungkinan akan memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang.

Membantu Diet

Konten serat di dalam buah naga sangat besar. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, hal ini menyebabkan buah naga membuat proses buang air besar menjadi tidak terhambat. Tetapi, selain itu, serat pun mendukung proses diet dalam rangka penurunan berat badan.

Serat membuat individu cenderung merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Akibatnya, Sahabat Sehat tidak akan mudah tergoda untuk menyantap camilan atau makan lebih dari porsinya. Berat badan pun lebih terjaga.

 

Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga organik yang masih segar. Pasalnya, buah naga organik memiliki kandungan gizi tinggi sehingga manfaat buah naga untuk kesehatan yang diperoleh lebih optimal. Sahabat Sehat bisa mendapatkan produknya di Sesa melalui tautan ini.

Photo by Lovefood Art from Pexels