Home » Blog » Cara Membuat Wortel Susu Homemade Enak untuk Mata dan Tulang

Cara Membuat Wortel Susu Homemade Enak untuk Mata dan Tulang

cara membuat wortel susu untuk mata

Apakah Sahabat Sehat suka wortel? Sayuran yang satu ini kaya akan manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan mata. Nah, kalau Sahabat Sehat kurang suka wortel, Sahabat Sehat bisa coba cara membuat wortel susu untuk mata, lho!

Manfaat Wortel Susu

Wortel susu atau carrot milk ini adalah salah satu olahan wortel yang tak hanya bagus untuk mata, tapi juga untuk tulang, lho! Sebab, adanya campuran susu di dalamnya membuat wortel susu bisa bantu perkuat tulang. Selain itu, minuman ini juga kaya akan serat dan rendah karbohidrat, sehingga cocok untuk Sahabat Sehat yang sedang diet dengan cara sehat.

Di samping itu, minuman wortel susu juga merupakan olahan tradisional yang menggabungkan manfaat wortel serta susu. Dalam resep di bawah ini, Sahabat Sehat juga bisa tambahkan kacang almond untuk memperkaya rasa serta menambahkan citarasa renyah pada minuman.

Pastinya, wortel susu bisa Sahabat Sehat nikmati bersama dengan keluarga juga. Jadi, bagi Sahabat Sehat yang memiliki buah hati di rumah, Sahabat Sehat juga bisa mulai jaga kesehatan mata serta tulang si kecil sejak dini. Apalagi di zaman serba gadget seperti sekarang ini, di mana si kecil jadi sering menatap layar smartphone atau laptop sampai berjam-jam.

Resep Wortel Susu

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah wortel yang sudah dikupas
  • 2 cangkir susu
  • 1 batang kayu manis
  • Cengkeh, secukupnya
  • 2 sendok teh madu
  • 4-5 butir almond, dicacah
  • Saffron, secukupnya (opsional)
  • Irisan almond, secukupnya (untuk garnish; opsional)

Cara membuat wortel susu:

  1. Kupas wortel, potong-potong, dan masak di dalam pressure cooker sampai matang dan teksturnya menjadi agak lembek.
  2. Keluarkan wortel dari pressure cooker dan pindahkan ke dalam juicer. Sahabat Sehat bisa gunakan slow juicer yang akan menjamin bahwa nutrisi dan serat di dalam wortel selalu terjaga serta tidak berkurang.
  3. Tambahkan cacahan kacang almond dan sedikit air ke dalam juicer. Nyalakan juicer dan tunggu beberapa saat sampai wortel menjadi puree.
  4. Panaskan susu di dalam panci, kemudian tambahkan cengkeh dan kayu manis batang. Rebus susu sampai mendidih, lalu kecilkan api dan diamkan selama kira-kira 5 menit.
  5. Tambahkan puree wortel ke dalam susu, campur dan aduk secara perlahan selama kira-kira 3-4 menit. Kalau Sahabat Sehat punya stok saffron di rumah, Sahabat Sehat bisa menambahkannya pula.
  6. Matikan kompor dan biarkan wortel susu mendingin di dalam panci dalam suhu ruangan.
  7. Pindahkan wortel susu yang sudah dingin tersebut ke dalam juicer. Tambahkan madu dan nyalakan juicer sampai teksturnya menjadi lembut.
  8. Tuangkan wortel susu ke dalam gelas. Sahabat Sehat bisa memasukkannya ke dalam kulkas dulu agar wortel susu dingin, kemudian tambahkan irisan almond dan sedikit saffron sebagai garnish sebelum menikmatinya.

Dengan kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi, wortel juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh Sahabat Sehat dan keluarga. Dengan tambahan susu, minuman wortel susu ini jadi lebih berkhasiat karena adanya tambahan nilai nutrisi di dalamnya.

Itu dia resep sederhana cara membuat wortel susu untuk mata yang bisa Sahabat Sehat buat sendiri di rumah. Minuman ini sangat pas dinikmati saat sarapan untuk memberikan energi bagi tubuh serta mengobat rasa lapar dengan serat yang berlimpah dan tentunya lebih sehat.

Selamat mencoba resep wortel susu ini di rumah, ya!

sumber:

NDTV

Photo by Charlotte May from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.