Home » Blog » Manfaat Masker Buah Naga dan Cara Pemakaiannya pada Kulit

Manfaat Masker Buah Naga dan Cara Pemakaiannya pada Kulit

manfaat masker buah naga

Orang yang peduli kecantikan mulai mempertanyakan apa manfaat masker buah naga. Penyebabnya adalah mulai banyak orang yang menggunakan buah ini sebagai bahan masker. Orang yang skeptis pasti akan mempertanyakan manfaatnya untuk kulit.

Dalam dunia kesehatan sendiri, manfaat buah naga sudah sangat sering menjadi objek penelitian. Buah ini diketahui dapat menghalau pertumbuhan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Selain itu, buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Khasiat Kecantikan dari Masker Berbahan Buah Naga

Pastinya orang-orang tidak asal saja memilih buah naga sebagai bahan masker. Terdapat beberapa manfaat masker buah naga terhadap kesehatan kulit menurut penggunanya. Di bawah ini adalah beberapa contoh manfaat atau khasiatnya:

  • Menghambat Pertumbuhan Jerawat

Tidak sedikit orang, baik wanita maupun pria, yang mengalami masalah jerawat. Jerawat yang tumbuh subur di kulit pastinya tidak terlihat menarik. Vitamin C di dalam buah naga ternyata bisa membantu mencegah jerawat di permukaan kulit karena mengurangi inflamasi sel kulit.

  • Mendinginkan Kulit yang Terbakar Matahari

Kulit yang terbakar tentu terasa perih. Selain itu, seringnya iritasi berakhir dengan pengelupasan kulit bagian terluar. Masker buah naga ternyata memiliki khasiat untuk mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari. Buah ini memiliki kandungan vitamin B3 yang bisa menangkal dampak buruk UV.

  • Melembabkan Kulit

Apabila Anda memiliki kulit yang cenderung kering, masker dari buah ini bisa digunakan untuk melembabkannya. Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi, mencapai 80%. Selain itu, ada kandungan mineral dan vitamin yang menjaga agar kulit tetap mempertahankan kelembabannya.

  • Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Manfaat masker buah naga yang tidak banyak orang ketahui adalah kemampuannya untuk mencegah tanda penuaan pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang mampu meremajakan sel-sel kulit. Akibatnya, kulit tidak cepat mengalami keriput.

  • Merawat Kulit yang Terlihat Kusam

Kulit bisa terlihat kusam ketika banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk di sana. Buah naga yang rajin dioleskan ke muka mampu menangani permasalahan ini. Vitamin C yang dikandungnya juga mampu membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar.

Bagaimana Cara Memakai Masker dari Buah Naga?

Untuk mendapatkan manfaat masker buah naga, tentunya Sahabat Sehat perlu menyiapkan masker yang bernutrisi. Sarannya adalah menghaluskan potongan buah naga hingga berbentuk pasta yang kental. Kemudian, masker tersebut perlu didiamkan 10 menit sebelum digunakan.

Berikut merupakan cara untuk menggunakan masker ini:

  1. Oleskan masker ke seluruh bagian wajah.
  2. Pijat wajah dengan arah ke atas atau melingkar untuk melancarkan peredaran darah di wajah saat masker sudah terpasang.
  3. Diamkan masker selama 20 menit hingga masker terasa kering atau mengental di wajah.
  4. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat secara perlahan.
  5. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih.

Masker ini cocok untuk segala jenis kulit, baik kering, berminyak, maupun campuran keduanya. Apabila kulit kering, maka susu dapat ditambahkan ke dalam masker. Orang dengan kulit berminyak dapat menambahkan bubuk kunyit atau perasan lemon di dalam adonan maskernya.

Disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan masker ini. Alasannya adalah karena masker ini memiliki biji-biji kecil yang berfungsi sebagai exfoliator. Apabila terlalu sering melakukan exfoliation, maka kulit bisa mudah mengalami iritasi karena epidermisnya terkikis.

 

Saat menggunakan masker, pilihlah buah naga yang masih dalam keadaan segar. Buah naga yang sudah tidak segar cenderung kehilangan nutrisinya. Selain itu, kulit juga bisa menjadi gatal karenanya. Sesa menawarkan produk buah naga merah segar yang bisa diakses di link ini.

Referensi: NDTV

Gambar oleh Simon dari Pixabay