Home » Blog » 5 Manfaat Buah Naga untuk Lambung yang Jarang Diketahui 

5 Manfaat Buah Naga untuk Lambung yang Jarang Diketahui 

manfaat buah naga untuk lambung

Buah naga merupakan salah satu buah eksotis yang biasa ditemukan di Asia juga Amerika Selatan. Bentuknya yang unik dengan warna yang khas, membuat buah naga banyak digemari banyak orang. Selain rasanya yang enak, buah naga juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk lambung. 

Walaupun kandungan buah naga bisa menimbulkan rasa asam, namun ternyata buah eksotis ini dinilai aman untuk penderita asam lambung lho, Sahabat Sehat! Mari kita simak beragam manfaat buah naga untuk lambung berikut ini.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah naga untuk lambung yang pertama adalah bisa melancarkan pencernaan. Dengan kandungan serat sebanyak 3 gram, buah naga dipercaya dalam melancarkan sistem pencernaan termasuk lambung di dalamnya.

Buah naga juga banyak direkomendasikan oleh dokter, ketika pasien memiliki keluhan pencernaan. Buah eksotis ini juga memiliki kalori yang cukup rendah sehingga dapat segera dicerna dan langsung membersihkan saluran pencernaan. 

Membuat Kenyang

Jangan salah kaprah, walaupun memiliki banyak sekali serat di dalamnya, buah naga sebenarnya mengandung jumlah karbohidrat yang lebih banyak dibanding serat, yaitu sekitar 13 gram.

Dengan kandungan sebanyak ini, tentunya mengkonsumsi buah naga akan cukup membuat perut cukup penuh, karena lambung sudah terisi. Itulah sebabnya, buah naga juga banyak dikonsumsi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

Mendinginkan Lambung

Buah naga diperkaya dengan banyak kandungan air, karenanya sifat buah ini termasuk buah yang dingin. Dengan mengkonsumsi buah naga, lambung yang tadinya penuh akan dinetralkan oleh buah naga yang kemudian mendorong makanan terus dicerna ke usus.

Dengan manfaat buah naga untuk lambung ini, tentunya sangat direkomendasikan mengkonsumsinya rutin, sebagai makanan penutup, terutama setelah habis makan makanan berlemak dan pedas.

Memerangi Kolesterol Jahat

Salah satu kandungan buah naga yang jarang ditemui dalam buah lain adalah belatanin yang dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Belatanin ini dipercaya mampu menangkal kolesterol jahat (LDL) yang tidak teroksidasi dalam tubuh. Tentunya ini sangat melengkapi manfaat buah naga bagi lambung Sahabat Sehat, ya.

Selain belatanin, buah naga juga diperkaya dengan Hydroxycinnamates yang dapat mencegah kanker, termasuk kanker dalam lambung. Tak hanya itu, dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi, buah naga juga dipercaya mampu menangkal radikan bebas dan bisa mempercepat sistem kerja otak.

Menetralkan Asam Lambung

Manfaat buah naga untuk lambung yang terakhir adalah bisa menetralkan asam lambung. Walaupun kandungan yang dimiliki buah naga bisa membuatnya terasa asam, namun buah naga dipercaya aman untuk penderita asam lambung, dengan memperhatikan sejumlah aturan. Yang pertama, buah naga hanya bisa dikonsumsi Ketika perut tidak kosong.

Artinya, Sahabat Sehat diwajibkan makan makanan berat atau yang mengandung banyak karbohidrat sebelum memakan buah tropis ini. Hal ini penting untuk mencegah rasa sakit yang dapat ditimbulkan jikalau asam lambung naik.

Kemudian, porsinya pun harus diperhatikan. Porsi buah naga yang dikonsumsi tidak boleh melebihi satu buah per harinya bagi para penderita asam lambung. 

 

Itulah sejumlah manfaat buah naga bagi lambung yang jarang diketahui. Sekarang, Sahabat Sehat tak perlu khawatir lagi jika ingin mengkonsumsi buah naga walaupun merupakan penderita asam lambung. Karena ternyata kandungannya sangat aman dikonsumsi asal memperhatikan porsi dan waktu memakannya.

Selain itu, buah naga juga diperkaya dengan banyak sekali kandungan yang bisa semakin menyehatkan Sahabat Sehat dan memerangi berbagai penyakit. Nah, untuk mendapatkan buah naga yang segar, Sahabat Sehat bisa langsung membeli produk buah dan sayuran segar di sini. Karena kualitasnya terjamin, SESA bisa memastikan manfaat buah naga untuk lambung Sahabat Sehat bisa semakin optimal.

 

Referensi: Klikdokter

Gambar dari Julia Kuzenkov