Home » Blog » Ini 5 Manfaat Buah Naga untuk Wajah, Dari Mencerahkan Hingga Jerawat

Ini 5 Manfaat Buah Naga untuk Wajah, Dari Mencerahkan Hingga Jerawat

manfaat buah naga untuk wajah

Manfaat buah naga bagi kesehatan manusia sepertinya sudah menjadi rahasia umum. Tapi, apakah Sahabat Sehat tahu bahwa ada banyak sekali manfaat buah naga untuk wajah? Jika belum tahu, mari simak penjelasannya di artikel ini.

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah cantik, mulus, dan glowing? Semua orang, terlebih para wanita, pasti sangat menginginkannya. Sayangnya, masyarakat sudah ditanamkan prinsip ‘cantik itu mahal’ sejak awal.

Padahal, Sahabat Sehat bisa menjaga kecantikan kulit wajah hanya dengan menggunakan buah naga, entah untuk dikonsumsi maupun dijadikan masker. Untungnya lagi, harga buah naga di pasaran sangat terjangkau. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk wajah:

Mencerahkan Wajah

Manfaat buah naga yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan vitamin B3 yang mampu membuat wajah tampak bersih dan glowing. Sahabat Sehat bisa mengolah buah naga sebagai masker atau lulur.

Sebaiknya, pakai masker buah naga secara rutin dalam 3 hari sekali dengan durasi pemakaian sekitar 15 menit. Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa mencerahkan wajah dari dalam dengan mengonsumsi jus buah naga setiap hari.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu masalah wajah yang paling ditakuti kaum hawa. Pasalnya, tanda-tanda penuaan dini, seperti muncul kerutan, garis halus, kulit kering, dan lain sebagainya sangat erat kaitannya dengan penurunan standar kecantikan.

Tak perlu khawatir, Sahabat Sehat bisa menggunakan buah naga yang kaya akan vitamin E untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Selain vitamin E, buah naga juga mengandung antioksidan yang tinggi dan betakaroten.

Kandungan nutrisi ini mampu membantu menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel. Biasanya, radikal bebas dan regenerasi sel yang lambat akan memicu munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Sebaiknya, pakai dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Meredakan Sunburn

Sahabat Sehat pasti sudah tahu jika buah naga mampu melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Tak hanya sebatas itu saja, ternyata buah naga mampu meredakan sunburn jika kulit wajah sudah terlanjur terbakar sinar matahari.

Adanya kandungan vitamin C dan E mampu meredakan inflamasi. Sahabat Sehat bisa mendapat manfaat ini dengan cara mencampurkan ¼ buah naga dengan 1 kapsul vitamin E. Kemudian, olahlah menjadi krim yang kental dan oleskan di atas sunburn selama 30 menit.

Melembabkan Wajah

Manfaat buah naga untuk wajah selanjutnya adalah melembabkan kulit. Memiliki kulit lembab yang sehat dan kenyal pasti menjadi impian semua orang, terlebih kaum hawa. Apalagi, jika Sahabat Sehat lebih sering berada di luar rumah dan melakukan aktivitas di ruang terbuka.

Buah naga mengandung vitamin C, vitamin B3, dan vitamin E, serta antioksidan alami yang dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu, buah naga juga memiliki kadar air hingga 90%.

Sahabat Sehat bisa menjadikannya sebagai masker wajah yang dipakai selama 15 menit. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, Sahabat Sehat juga bisa mengonsumsinya secara teratur.

Mengatasi Jerawat

Terakhir, buah naga memiliki peran vital dalam mencegah dan mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan antioksidan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Sahabat Sehat perlu mengambil ¼ buah naga, lalu haluskan. Kemudian, oleskan buah naga pada area wajah yang berjerawat. Tunggu sampai olesan kering, kemudian bilas dengan air bersih.

 

Agar semua manfaat buah naga untuk wajah bisa didapatkan secara maksimal, Sahabat Sehat harus selektif dalam memilih buah naga. Sebagai referensi, Sahabat Sehat bisa memakai buah naga Sesa karena sudah terbukti bebas bahan kimia dan berkualitas tinggi.

 

Referensi: Hellosehat

Photo by Any Lane from Pexels