Home » Blog » 4 Fakta Menarik Cara Menggunakan Minyak Kelapa Murni

4 Fakta Menarik Cara Menggunakan Minyak Kelapa Murni

cara menggunakan minyak kelapa murni

Minyak VCO atau Virgin Coconut Oil populer di kalangan pelaku diet keto. Belakangan di masa pandemi ini, manfaat minyak kelapa murni kembali menjadi sorotan karena diyakini dapat menambah imunitas. Minyak VCO terbuat dari ekstraksi buah kelapa. Kelapa diperas atau diekstraksi hingga tetesan minyak terakhir dihasilkan.

Berbeda dengan minyak lainnya yaitu minyak kelapa sawit atau minyak sayur, cara ekstraksi minyak VCO dengan teknik yang tidak melibatkan adanya suhu panas atau cold-pressed. Metode inilah yang membuat minyak VCO lebih sehat dibanding minyak lainnya. Minyak VCO memiliki kombinasi unik asam lemak yang memiliki efek positif pada kesehatan.

Cara Penggunaan Minyak Kelapa Murni dalam Makanan dan Minuman

Manfaat kelapa murni (link ke manfaat) banyak sekali, entah itu sebagai tambahan dalam makanan atau digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan supaya tetap sehat? Berapa banyak minyak kelapa yang boleh dimakan? Simak ulasannya di sini.

1. Untuk Memasak

Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah jenis minyak goreng yang ideal. Karena 90 persen minyak kelapa adalah minyak jenuh, walaupun dipanaskan, minyak jenis ini akan tetap memiliki bentuk atau struktur yang stabil. Berbeda dengan minyak tak jenuh, minyak kelapa tidak menghasilkan radikal bebas yang berbahaya saat terkena suhu tinggi saat memasak.

Jika Anda ingin menggunakan minyak kelapa, berikut beberapa cara memasaknya:

  • Tumisan. Gunakan 1-2 sendok makan minyak untuk menggoreng sayuran, menggoreng ringan telur atau menggoreng daging dan ikan di dalam minyak.
  • Panggang. Lapisi ayam atau daging sapi sebelum dipanggang dengan minyak dan bumbu lainnya.

2. Mencampur Langsung dalam Makanan

Minyak kelapa juga bisa menggantikan mentega atau butter. Jika saat memasak dalam resep kamu ada bahan mentega, Sahabat Sehat dapat memilih minyak kelapa murni sebagai alternatifnya. Namun, jika ingin menambahkan minyak kelapa murni langsung ke dalam makanan, pastikan makanan tersebut telah didinginkan hingga mencapai suhu ruangan agar tidak akan merusak tekstur dan rasa makanan.

3. Campuran dalam Minuman

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai campuran smoothies, teh atau kopi. Anda bisa menambahkan sekitar 2 sendok teh minyak kelapa ke dalam smoothies atau mengocok proteinnya sedikit demi sedikit. Campuran ini dapat menambahkan tekstur yang lebih padat pada smoothies.

Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa mencampurkan minyak ini ke dalam kopi atau teh panas Anda. Masukkan hanya sedikit 1-2 sendok teh. Caranya sangat sederhana, tuangkan air mendidih ke dalam kantong teh dan diamkan selama 2 menit. Kemudian keluarkan kantong teh, tambahkan gula pasir, lalu tambahkan minyak, dan aduk hingga tercampur.

4. Diminum Langsung

Tak hanya jadi tambahan dalam makanan dan minuman, minyak kelapa murni juga bisa langsung diminum, lho. Pasalnya minyak ini secara alami beraroma dan ada rasanya, lidah Sahabat Sehat cenderung bisa menerima rasa dari minyak kelapa murni. Ambil 1-2 sendok makan minyak ini lalu langsung telan untuk meningkatkan energi dan menunda rasa lapar kamu sampai jam makan berikutnya.

 

Nah, itulah tips menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya jangan sampai berlebihan mengonsumsi minyak ini. Biar bagaimanapun minyak kelapa murni adalah sumber lemak yang juga dibatasi jumlahnya di dalam tubuh. Sahabat Sehat dapat  mengonsumsi sumber lemak sehat lainnya meskipun sudah makan 2 sendok minyak kelapa murni. Tertarik untuk mencobanya? Temukan beragam minyak kelapa murni atau virgin coconut oil terbaik hanya di sesa.id! #SehatSekarang? Siapa takut!

Photo by cottonbro from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.