Home » Blog » 7 Keunggulan Minyak Kelapa untuk Masak

7 Keunggulan Minyak Kelapa untuk Masak

minyak kelapa untuk masak

minyak kelapa untuk masak – Minyak goreng menjadi salah satu kompenen penting untuk memasak. Banyak jenis minyak goreng yang bisa Sahabat sehat gunakan, salah satunya minyak kelapa.

Banyak orang memilih minyak kelapa sebagai pilihan minyak untuk mengolah makanan. Mulai dari menggoreng, menumis, memanggang hingga memasak kue, bisa menggunakan minyak kelapa. 

Selain fungsi minyak kelapa yang serba guna di dapur, minyak kelapa juga punya keunggulan dibanding jenis minyak goreng lain. Ini dia, 7 keunggulan minyak kelapa untuk masak:

1. Tahan Suhu Panas

Minyak kelapa untuk masak punya titik didih lebih tinggi dibanding jenis minyak sehat lain. Minyak kelapa bisa mencapai titik didih 176 derajat celcius. Dengan titik didih tinggi, minyak kelapa mampu menghasilkan masakan lebih maksimal. Terutama untuk Sahabat sehat yang ingin menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng.

2. Melengkapi Nutrisi Makanan

Minyak kelapa kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.  Minyak kelapa kaya akan vitamin E, vitamin K, antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal. Semua nutrisi dalam minyak kelapa dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Menggabungkan bahan makanan sehat dan minyak kelapa untuk masak akan menghasilkan masakan yang lebih kaya nutrisi. 

3. Menambah Cita Rasa dan Aroma Masakan

Minyak kelapa punya cita rasa dan aroma yang khas. Uniknya, aroma dan cita rasa minyak kelapa bisa tetap terjaga ketika minyak kelapa digunakan untuk memasak. Sehingga, rasa hasil masakan lebih beraroma dan lezat. Aroma dan rasa makanan yang lebih bervariasi pasti menambah selera makan ya, Sahabat sehat. 

4. Hasil Gorengan Tidak Terlalu Berminyak

Sahabat sehat suka dengan aneka gorengan, tapi takut dengan ledakan kolesterol dalam tubuh?  Coba pakai minyak kelapa untuk mengurangi risiko kolesterol dalam menggoreng makanan. Minyak kelapa cenderung lebih hemat, karena bahan makanan bisa menyerap lebih sedikit minyak kelapa saat digoreng. Sahabat sehat akan mendapatkan hasil gorengan yang tetap renyah dan gurih dengan minyak kelapa. 

5. Lebih Jernih 

Minyak kelapa untuk masak tidak mudah mengalami oksidasi ketika digunakan untuk memasak. Hal ini, membuat minyak kelapa tetap jernih dan tidak berbau, sehingga lebih aman digunakan lebih dari 1 kali. Sahabat sehat, bisa menggunakan minyak kelapa beberapa kali penggunaan, tanpa khawatir dengan trans-fat.

6. Lebih Hemat

Harga minyak kelapa cukup terjangkau dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Minyak kelapa cenderung lebih sehat saat digunakan untuk memasak. Minyak kelapa cepat mencapai titik didih dan mudah diserap bahan makanan. Hal ini akan mencegah bahan makanan menyerap terlalu banyak minyak, khususnya ketika menggoreng. 

7. Tidak Mengandung Kolesterol

Minyak kelapa lebih banyak mengandung MCFA (medium chain fatty acid) yaitu asam lemak rantai sedang. Sahabat sehat tidak perlu khawatir karena minyak kelapa bebas kolesterol. Pastinya, akan lebih sehat dikonsumsi untuk Sahabat sehat dan keluarga di rumah. Keutamaan minyak kelapa yang bebas kolesterol adalah baik untuk kesehatan jantung dan menjaga sistem metabolisme tubuh. 

Sahabat sehat, ingin coba memasak dengan minyak kelapa di rumah? Sahabat sehat bisa memilih minyak kelapa dengan kualitas yang baik. Terutama dari segi proses pembuatan dan nutrisi yang terkandung di dalam minyak kelapa. 

Hati-hati juga memilih jenis minyak kelapa untuk masak ya, Sahabat sehat. Sebab, minyak kelapa punya beberapa jenis, seperti minyak kelapa industri, minyak kelapa kelentik, virgin coconut oil, dan extra virgin coconut oil. Minyak Kelapa Barco adalah rekomendasi minyak kelapa kualitas baik yang cocok untuk memasak aneka makanan.

Referensi : Kompas Lifestyle

Photo by RODNAE Productions from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatSekarang. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.